5 Cara Melunasi Hutang 10 Juta Paling Bijak

Cara Melunasi Hutang 10 Juta
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melunasi hutang 10 juta. Berikut cara membayar hutang 10 juta paling bijak.

Thecronutproject.com – Punya hutang sampai 10 juta? Jangan panik, cara melunasi hutang 10 juta ini bisa meringankan dalam proses pelunasan hutang.

Hutang sangat tidak menyenangkan jika selalu ditagih pada saat belum memiliki dana cukup untuk melunasinya. Apalagi hutang 10 juta bukanlah uang yang sedikit untuk kalangan menengah ke bawah.

Tips Dasar, Begini Cara Melunasi Hutang 10 Juta

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melunasi hutang 10 juta, namun beberapa di antaranya bukanlah cara yang bijak. Inilah 5 cara melunasi hutang 10 juta, yaitu:

1. Hidup Hemat

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Langkah paling utama untuk dapat memenuhi target dalam membayar hutang 10 juta dengan hidup hemat. Pada saat hidup hemat ini tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan bahkan menangguhkan kebutuhan lainnya. Hal paling penting tetap dapat makan sambil menabung untuk melunasi hutang.

Memenuhi kebutuhan pokok lebih kepada makanan daripada pakaian dan lainnya. Usahakan tidak ada saluran dana ke arah lain yang dapat membengkakkan biaya hidup.

Buatlah rincian dengan detail agar dapat hidup dengan kesederhanaan tanpa mengurangi target yang harus ditabung untuk membayar hutang.

Baca juga: Cara Bebas Dari Hutang Tanpa Membuat Hutang Baru

2. Menggadaikan Barang

Gadai barang

Apabila waktu yang diberikan dalam menabung uang dengan hidup hemat untuk mengumpulkan uang 10 juta dalam waktu singkat tidak cukup. Lakukan langkah kedua dengan menggadaikan barang yang ada.

Uang yang didapatkan dari menggadaikan barang dapat dijadikan sebagai modal usaha kecil untuk menambah tabungan dalam membayar hutang 10 juta.

Perkirakan dulu keuntungan yang didapatkan dan membaginya sama rata, sehingga dapat membantu dalam mengumpulkan biaya. Jangan gunakan uang hasil gadai barang untuk usaha yang akan memakan banyak uang. Pastikan tidak banyak uang yang digunakan untuk modal usaha tersebut.

3. Menjual Barang Tidak Terpakai

Barang tak terpakai

Jika waktu untuk melunasi hutang sebesar 10 juta semakin mendekat dan kedua langkah yang telah dilakukan belum dapat memenuhi. Menjual barang yang tidak terpakai salah satu cara ampuh untuk menambah pemasukan dalam mengumpulkan uang.

Pada cara melunasi hutang 10 juta ini sangat dianjurkan, karena jalan pintas yang paling mudah untuk dilalui.

Pastikan barang yang tidak terpakai pada saat dijual itu masih memiliki nilai guna, sehingga harga barang tersebut mencapai angka fantastis. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempercantik barang tersebut, agar memiliki nilai jual yang tinggi.

Janganlah jual barang bekas pada tukang rongsok, karena akan menurunkan harga pasaran.

4. Kerja Sampingan

Apabila ketiga langkah yang disampaikan masih belum cukup untuk memenuhi target yang ditetapkan dalam melunasi hutang, lanjut langkah keempat. Pilihlah pekerjaan yang dapat menghasilkan uang tanpa mengeluarkan uang.

Hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan jasa atau keahlian yang dimiliki. Gunakan kemampuan yang untuk menghasilkan uang dalam menutupi hutang 10 juta.

Baca juga: Ide Bisnis Untung 200 Ribu Per Hari Yang Patut Dicoba

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam mengolah kemampuan yang ada. Mulailah dari hal-hal yang kecil seperti berjualan atau menjadi buruh lepas. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk membayar hutang 10 juta. Ingatlah tujuan utama dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

5. Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Pastikan tidak menggunakan kartu kredit sepanjang waktu belum melunasi hutang 10 juta. Hal ini dapat berakibat buruk bahkan memperparah pengeluaran. Apabila diperlukan tutuplah kartu kredit terlebih dahulu, supaya niat menabung untuk membayar hutang 10 juta dapat terlaksana dengan mudah.

Tetaplah hidup dengan hemat dan membeli barang-barang pokok saja untuk meminimalisir pengeluaran. Berusaha untuk membatasi diri agar tidak membeli barang yang terlalu penting dalam jangka panjang.

Itulah pembahasan cara melunasi hutang 10 juta yang dapat dilakukan. Usaha dan kerja keras serta kesabaran sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengumpulkan uang 10 juta dalam waktu yang tidak lama.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Menabung Untuk Pelajar
Read More

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.