Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater? Begini Cara Hitungnya

Denda Telat Bayar Shopee PayLater
Berapa denda telat bayar Shopee PayLater? Ketahui simulasi denda Shopee PayLater lengkap dengan informasi mengenai denda lain yang akan dikenakan.

Thecronutproject.com – Shopee PayLater atau SPayLater merupakan solusi finansial paling mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang lupa membayar secara tepat waktu hingga dikenakan denda telat bayar Shopee PayLater. 

Meski belum pasti kapan akan membayar tagihan, penting untuk mengetahui jumlah denda yang perlu dipersiapkan. Mengingat besaran denda bisa dihitung dari lama tunggakan pembayaran.

Nah, di sini kamu bisa menghitung simulasi denda Shopee PayLater lengkap dengan informasi mengenai denda lain yang akan dikenakan. Lebih cepat mengetahui akan lebih baik demi menghindarkan kamu dari kebiasaan menunda pembayaran pinjaman yang justru akan merugikan diri sendiri, baik secara finansial maupun kehidupan sosial.

Sebelum Menghitung Denda, Ketahui Dulu Jatuh Tempo Shopee PayLater

Shopee PayLater

Jika kamu masih ragu dengan kebijakan denda Shopee PayLater, sebaiknya pahami dulu jatuh tempo pembayaran yang berlaku di Shopee PayLater.

Pengguna akan dikenai denda apabila melewati tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Jatuh tempo merupakan batas waktu pembayaran yang telah melewat tanggal yang sudah disepakati.

Misalnya, pengguna harus membayar tagihan pada tanggal 25 Mei dengan jatuh tempo pada tanggal 27 Mei. Kamu akan dikenakan denda jika membayar di tanggal 28 Mei.

Berikut tiga pilihan tanggal pembayaran dan jatuh tempo yang ditawarkan Shopee PayLater.

  • Pembayaran tagihan tanggal 25 dengan jatuh tempo tanggal 5
  • Pembayaran tagihan tanggal 1 dengan jatuh tempo tanggal 11
  • Pembayaran tagihan tanggal 15 dengan jatuh tempo tanggal 25

Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater?

Apabila sudah melewati jatuh tempo, maka kamu dikenai denda telat bayar Shopee PayLater berupa bunga sebesar 5% dari total tagihan. Bunga tersebut dihitung secara perbulan. Artinya, telat 1 hari, 3 hari, 1 minggu, 2 minggu tetap dihitung 1 bulan dengan denda 5%. 

Jika lebih dari 1 bulan, maka dikali 2 menjadi 10% dan seterusnya, berlaku jika telat membayar hingga berbulan-bulan.

Kami berikan contoh kasus, misalnya kamu memiliki total tagihan sebesar Rp100.000 pada tanggal 25 Mei. Namun, baru bisa membayar tanggal 28 Juni. Artinya, telat 1 bulan 1 minggu, namun bunga denda yang dikenakan tetap 2 bulan x 5% menjadi 10%. Berapa total denda yang harus dibayar?

  • Denda = ( Total tagihan x total bunga denda ) = Rp 100.000 x 10% = Rp 10.000
  • Total Denda = Total tagihan + Denda = Rp 100.000 + 10.000 = Rp110.000
  • Total Keseluruhan Tagihan Jika Telat Bayar = Total Denda + biaya bunga tagihan per bulan + biaya penanganan

Biaya bunga tagihan per bulan yang dikenakan minimum 2,95%, sedangkan biaya penanganan sebesar 1%.

Baca juga: 5 Cara Agar SPayLater (Shopee Paylater) Disetujui

Risiko Lainnya Jika Telat Membayar Shopee PayLater

Selain biaya tagihan yang membengkak, kamu juga akan mendapatkan risiko telat bayar Shopee PayLater lainnya, antara lain:

  • Beberapa fitur di aplikasi Shopee kamu dibatasi dalam jangka waktu yang ditentukan
  • Pembatasan penggunaan Voucher Shopee
  • Dipersulit untuk mendapatkan pinjaman saat mengajukan pembiayaan dari bank atau perusahaan lain

Jadi, pastikan membayar tepat waktu. Jika terlanjur melewati jatuh tempo, segera siapkan dana dan lunasi sebelum risiko lain yang lebih buruk kamu terima. 

Selain merugikan secara finansial, denda telat bayar Shopee PayLater juga sangat merugikan kamu secara sosial. Apalagi jika tidak membayar dalam jangka waktu yang lama, maka pihak Shopee akan melakukan penagihan secara langsung.

Semoga informasi ini dapat membuat kamu lebih menyadari pentingnya tepat waktu dalam membayar Shopee PayLater agar dapat terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di kemudian hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like