5 Contoh Penutup Proposal Usaha, Unsur dan Manfaatnya

Penutup Proposal Usaha
Penutup proposal usaha merupakan bagian penting yang mengakhiri keseluruhan isi proposal kamu. Simak beragam contoh penutup proposal usaha lengkap di sini!

Thecronutproject.com – Dalam mengembangkan usaha, salah satu hal penting yang tak luput dari pelaku wirausaha adalah pembuatan proposal usaha. Struktur penting yang tak boleh ketinggalan adalah penutup proposal usaha.

Dilansir dari situs WIX, proposal usaha adalah dokumen penjualan yang dibuat oleh perusahaan untuk meyakinkan calon klien agar bersedia menjalin kontrak kerja tertentu atau menggunakan layanan mereka.

Penutup proposal usaha merupakan bagian penting yang mengakhiri keseluruhan isi proposal kamu. Simak beragam contoh penutup proposal usaha lengkap di sini!

Dalam hal ini, subjek yang menjadi tujuan proposal usaha dapat berupa investor maupun konsumen.

Manfaat Penting Proposal Usaha Bagi Pelaku Wirausaha

Semua pelaku usaha pasti sudah paham dengan pentingnya proposal usaha bagi kelancaran bisnis perusahaan. 

Dilansir dari website Hosbeg, beberapa manfaat proposal bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendapatkan klien/customer potensial
  2. Menawarkan solusi terhadap masalah yang calon pelanggan hadapi
  3. Untuk membantu pemasaran produk tanpa perlu repot mendatangi klien satu per satu
  4. Membantu calon pembeli mendapatkan produk atau jasa yang tepat

Garis besar dari manfaat-manfaat tersebut adalah guna memperlancar bisnis kamu serta memajukan kesuksesan perusahaanmu.

Unsur Lengkap Proposal Usaha, Wajib Ada!

Menurut Kompas.com, proposal usaha yang baik adalah yang unsur-unsurnya lengkap.

Unsur-unsur tersebut meliputi: 

  • Nama Kegiatan/Produk
  • Pendahuluan Proposal
  • Tujuan
  • Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
  • Rencana Usaha
  • Rancangan Keuangan
  • Penutup Proposal Usaha

Jika kamu ingin membuat hasil proposal usaha yang maksimal, seluruh aspek unsur tersebut wajib ada di dalam proposal usahamu, termasuk kata penutup proposal usaha.

Umumnya, bagian penutup berisi kesimpulan dari keseluruhan isi proposal.

Contoh Penutup Proposal Usaha Lengkap dan Beragam

Berikut daftar beberapa contoh penutup proposal usaha dari berbagai macam sektor dan jenis usaha.

Ada beberapa contoh bisnis produk serta bisnis jasa. Check ‘em out!

1. Penutup Proposal Usaha Makanan

“Dari hasil pembahasan tersebut di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa usaha (Nama Produk) ini dari segi ide, target pasar, hingga rencana keuangan berupa modal dan lain-lain, memiliki prospek yang menjanjikan kedepannya.

Tantangan terbesar dalam pemasaran dan promosi produk (Nama Produk) berupa cukup banyaknya pesaing dengan produk serupa. Maka dari itu, target pasar usaha ini harus tepat sasaran dan meyakinkan.”

Baca juga: 6 Contoh Proposal Usaha Makanan dan Manfaatnya

2. Proposal Usaha Minuman

“Prospek penjualan (Nama Produk) masuk ke dalam kategori baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kemudahan suplai bahan baku serta penyajian. Kami yakin (Nama Produk) memiliki prospek pasar yang luas dengan mempertimbangkan harga produk dan minimnya pesaing dengan produk minuman serupa.

Harga yang kami tawarkan berbanding lurus dengan kualitas produk serta citarasa yang terjamin. Meski begitu, kami berprinsip untuk terus berinovasi secara rutin agar produk kami tetap eksis di pasaran.”

3. Contoh Penutup Proposal Usaha Laundry

“Dari penjelasan proposal di atas, kesimpulan yang dapat kami ambil adalah bahwa perilaku konsumtif masyarakat (Nama Daerah) yang cukup tinggi berpotensi untuk majunya usaha laundry. 

Selain itu, letak tempat laundry (Nama Jasa) ini strategis karena tepat berada di area kampus, pemukiman padat penduduk, serta kos-kosan.

Demikian proposal bisnis ini kami buat supaya dapat berguna sebagaimana mestinya untuk mendapatkan bantuan dana operasional bisnis jasa laundry (Nama Jasa).”

Baca juga: Mau tau keuntungan usaha ini? Baca artikel keuntungan usaha laundry

4. Contoh Penutup Proposal Usaha Kopi

“Dari aspek-aspek tersebut diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha toko kopi (Nama Toko) ini masuk kategori baik dan layak. Lokasi yang strategis, rancangan teknik pemasaran, serta peluang usaha yang tercipta dari toko kopi (Nama Toko) mendukung kelancaran bisnis ini.

Demikian proposal usaha “Nama Toko” kami sampaikan, semoga dapat diterima dengan baik. Apabila ada kesalahan di dalam proposal ini kami mohon maaf. Kritik dan saran akan selalu kami sambut dengan lapang dada.”

5. Contoh Penutup Proposal Usaha Kerajinan

“Dari penjelasan isi proposal di atas, kami yakin usaha kerajinan ini dapat berkembang pesat dengan bantuan dana yang tepat. Keyakinan kami akan maju dan berkembangnya usaha ini berdasar pada kualitas SDM yang baik dan terjamin. 

Selain itu, produk yang kami tawarkan juga unik, menarik, dan eksklusif sehingga kami yakin pasar akan menerima produk ini dengan baik.”

Itu dia beberapa contoh penutup proposal usaha yang baik, mulai dari usaha makanan, minuman, toko kopi, laundry, bahkan kerajinan. 

Contoh-contoh di atas dapat kamu jadikan inspirasi untuk penulisan penutup proposal usaha yang kamu miliki.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like