Cara Usaha Wifi di Kampung

Usaha wifi di kampung
Membuka usaha wifi di kampung atau desa merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Berikut ini cara usaha wifi di kampung agar untung banyak.

Thecronutproject.com – Membuka usaha wifi di kampung atau desa merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Apalagi saat ini orang-orang banyak yang membutuhkan koneksi internet.

Memulai bisnis di kampung tentunya sangat mudah karena belum banyak terdapat pesaing. Bisnis ini bisa dimulai dari usaha kecil-kecilan, salah satunya usaha wifi. Cara usaha wifi di kampung hanya memerlukan modal yang sedikit dan dapat memperoleh keuntungan cukup banyak.

Cara Usaha Wifi di Kampung Agar Menguntungkan

Pengguna internet semakin banyak, bahkan sampai di pelosok-pelosok desa. Hal itu membuat usaha wifi di kampung menjadi sangat laris. Usaha ini jarang memiliki pesaing di desa. Oleh karena itu, sangat tepat untuk memulai bisnis ini di kampung.

Keuntungan yang diperoleh bisnis wifi ini dengan mematok tarif penggunaan setiap jamnya.

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk usaha wifi di kampung:

1. Memilih Lokasi Strategis

Lokasi sangat penting untuk memulai suatu usaha. Untuk memulai usaha wifi di kampung, lebih baik memilih tempat yang ramai penduduk. Selain itu, lokasi juga harus mudah dijangkau, seperti terletak di pinggir jalan.

Hal tersebut karena lokasi pinggir jalan mudah diakses oleh para pengendara motor yang lewat. Bisa juga memilih area yang jauh dari pesaing lainnya agar usaha wifi bisa laris.

2. Membeli Peralatan Wifi

Alat wifi

Modal awal untuk usaha wifi tentunya perlu membeli peralatan terlebih dahulu. Tanpa adanya peralatan ini, bisnis tentunya tidak akan berjalan. Modal yang diperlukan biasanya kisaran Rp 500.000 – Rp 2.000.000.

Kisaran harga tersebut tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan. Pilihlah yang kecepatannya 10Mbps keatas, agar para pembeli nyaman dan terus berlangganan.

Pemasangan wifi pun dilakukan oleh tim pemasangnya. Jadi tidak perlu bingung untuk memasang wifi sendiri di tempat yang telah ditentukan.

Belilah peralatan wifi yang cocok, bisa menggunakan fiber optic atau wireless. Jika menggunakan tanpa kabel, saya sarankan pakai modem telkomsel orbit Max.

3. Memilih Provider dengan Sinyal Lancar

provider

Sinyal adalah hal utama untuk mengakses internet. Perlu meninjau di wilayah perkampungan tersebut sinyal dari provider apa yang cocok dan cepat untuk mengakses internet.

Apabila sinyal dari wifi cepat untuk akses internet, maka banyak pengunjung yang datang. Setelah mengetahui provider yang tepat, sebaiknya langsung putuskan untuk membeli wifi dengan provider tersebut.

4. Membangun Tempat Akses Wifi yang Nyaman

Membangun tempat yang nyaman untuk orang mengakses wifi adalah salah satu cara usaha wifi di kampung yang paling penting. Dengan menyediakan tempat yang nyaman, maka pengunjung akan betah berada di tempat tersebut.

Tempat akses wifi bisa dilengkapi kipas angin agar udara terasa sejuk. Selain itu bisa juga menyediakan stop kontak untuk charge handphone.

5. Harga Penggunaan Terjangkau

Mendirikan usaha di desa tentunya target pasarnya adalah orang menengah ke bawah. Oleh karena itu, hal terpenting yakni membuat harga menjadi terjangkau agar para pelanggan berminat untuk datang.

Biasanya tarif yang ditetapkan adalah setiap jam penggunaan wifi. Pada umumnya pemilik mematok tarif Rp 3.000 setiap jamnya.

6. Menyediakan Makanan di Tempat

Makanan bisa menjadi alternatif tersendiri untuk menjadikan usaha wifi semakin laris. Orang cenderung tidak akan bosan jika mengakses internet sembari ada makanan.

Oleh sebab itu, sediakan makanan ringan yang bisa dinikmati saat bermain handphone. Dengan demikian, keuntungan pun akan berlipat dari keuntungan wifi ditambah dengan keuntungan makanan.

Baca juga: Cara jualan sembako agar cepat laku

7. Menyediakan Area Parkir yang Luas

Area parkir juga salah satu hal penting yang harus terpenuhi. Hal tersebut karena banyak orang datang ke tempat dan membawa kendaraan bermotor. Apabila tidak ada tempat parkir yang luas, maka pengunjung enggan untuk mendatangi tempat tersebut.

Beberapa cara usaha wifi di kampung yang tertera di atas sangat bisa dijadikan rekomendasi untuk memulai usaha. Mendirikan usaha di kampung tentunya memiliki keuntungan yang cukup banyak.

Oleh karena itu, pilih ah usaha yang mudah dijalankan dan dikembangkan. Selain itu, pilih juga yang mempunyai keuntungan banyak.

0 Shares:
13 comments
    1. Silahkan di coba mas Suripto. Buatkan ruangan/lahan, beli peralatan wifi, dan jangan lupa usaha sampingan seperti jual kopi atau jajanan biar betah para pengunjungnya.

    1. Pakai modem telkomsel orbit max saja mas. Di daerah saya test speed nyampe 50mbps. Biaya kuota 100gb 130k.

        1. Kalau pakai modem orbit max, maksimal 64 user/pengguna. Jika penggunaan untuk download atau streaming, maka akan cepat abis kuotanya. pakai modem orbit max ini disarankan bagi yang buka usaha angkringan. Jika full usaha wifi saja, sebaiknya pakai wifi fiber seperti Indihome, biznet dll.

    1. Jangan pakai RT/RW Net pak. Sebaiknya menggunakan jaringan Telkom dan lainnya yang izinnya udah jelas dan gak rumit. Buka usaha wifi seperti ini lapor ke RT setempat saja sudah cukup kok.

      Mengutip dari kompas.com, “Memang RT/RW Net ini izinnya harus ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, cukup panjang alurnya. Sementara di daerah banyak titik blank spot yang tidak mampu dijangkau akses internet oleh Telkom. Sementara masyarakat butuh internet. Ini keterbatasan pemerintah. Kami berharap pemda dapat membuat aturan yang lebih memudahkan sehingga rakyat dapat menikmati internet dengan mudah,” sebutnya

      Selengkapnya bisa baca disini ya: https://regional.kompas.com/read/2017/04/03/11511211/gunakan.rt.rw.net.4.warga.bengkulu.terancam.penjara.6.tahun.

  1. Maaf kak misalkan yang pakai 5 orang itu sama semua kata sandinya, pake modem telkomsel max terimakasih 🙏

    1. Di aplikasi Orbit Max ada pengaturan Wifi namanya Wifi Akses Tamu, kakak bisa membuat akun wifi dengan user dan password yang berbeda dan bisa di waktu juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Peluang Bisnis Kuliner Rumahan
Read More

Peluang Bisnis Kuliner Rumahan

Bagi ibu rumah tangga yang berkeinginan membantu perekonomian keluarga, bisnis kuliner rumahan adalah solusinya. Meninjau peluang bisnis kuliner rumahan.
Usaha makanan ringan serba 2000
Read More

Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Rekomendasi usaha makanan ringan serba 2000 ini wajib kalian contoh. Dengan modal yang cukup terjangkau, tapi usaha makanan ringan ini sangat menguntungkan.
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.
Usaha jajanan rumahan modal kecil
Read More

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Hasilkan untung banyak dengan usaha jajanan rumahan modal kecil ini. Trik bersaing agar bisnis jajanan laku keras dan contoh usaha jajanan yang banyak peminatnya.