Cara Bebas Dari Hutang Tanpa Membuat Hutang Baru

Cara Bebas Dari Hutang
Bagi siapapun yang sedang terlilit hutang, patut untuk mencoba cara agar terbebas dari hutang seperti berikut ini

Thecronutproject.com – Bagaimana cara bebas dari hutang tanpa membuat hutang baru? Jangan khawatir, beberapa tips dibawah ini bisa kalian coba agar bebas dari hutang.

Pada umumnya setiap orang akan merasa panik ketika tenggat waktu pembayaran hutang sudah semakin dekat, tetapi masih juga belum memiliki uang yang cukup untuk membayarnya.

Kepanikan seperti itu tentu saja tidak akan dialami oleh orang – orang yang tidak pernah berhutang. Oleh karena itu, jika ingin merasakan hidup lebih tenang tanpa ada rasa was-was penting untuk mengetahui cara bebas dari hutang.

Hutang memang telah membuat banyak orang merasa tidak hidup dengan merdeka. Di sisi lain, berhutang juga tidak bisa dikatakan sebagai pilihan yang buruk karena dapat menolong orang yang mengalami kesulitan finansial.

5 Cara Bebas Dari Hutang

Bagi siapapun yang sedang terlilit hutang, patut untuk mencoba cara agar terbebas dari hutang seperti berikut ini:

1. Prioritaskan Membayar Hutang dengan Bunga Paling Tinggi

Membayar hutang

Bagi seseorang yang finansialnya sedang memburuk, berhutang dari satu tempat saja tidaklah cukup. Tak jarang, orang dengan masalah finansial yang rumit harus berhutang berkali – kali atau ke banyak tempat untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar.

Jika sudah terlanjur berhutang banyak, prioritaskan untuk membayar hutang dengan bunga paling tinggi. Hal ini bertujuan supaya total uang yang harus dibayarkan untuk melunasi hutang tidak sampai membengkak. Melunasi hutang yang memiliki bunga lebih tinggi terlebih dahulu, setelah itu fokus membayar hutang lainnya.

Cara ini mungkin akan menjadi cara bebas dari hutang yang membutuhkan perjuangan ekstra. Sebab, untuk melakukannya diperlukan juga penghematan dari pengeluaran rutin.

Tak hanya itu, fokus membayar hutang dengan bunga paling tinggi bukan berarti mengabaikan hutang lainnya. Usahakan untuk selalu menyisihkan pemasukan demi bisa mencicil hutang – hutang kecil.

2. Perhitungkan Kembali Pemasukan dan Pengeluaran

Untuk bisa bebas dari hutang, tentunya harus ada pengaturan atau perhitungan ulang mengenai pemasukan dan pengeluaran.

Pastikan pengeluaran dapat diminimalisir dengan memangkas pengeluaran yang tidak mendesak. Dengan begitu, pengeluaran yang dipangkas dapat dialihkan untuk membayar hutang.

Ketika pemangkasan pengeluaran masih belum cukup untuk melunasi hutang, maka harus ada penambahan dari uang yang masuk setiap bulannya. Oleh karena itu, total tagihan, pemasukan, dan pengeluaran harus terus dievaluasi supaya hutang bisa terus dibayarkan dan segera lunas.

3. Mulailah Hidup Lebih Hemat

Setelah membuat perhitungan ulang pengeluaran dan pemasukan, kini saatnya untuk memulai hidup lebih hemat. Mulai dari sekarang, usahakan untuk tidak mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting.

Bagi ibu-ibu, baca artikel tips menabung ibu rumah tangga yang efektif

Cobalah untuk mengurangi kebutuhan yang tidak perlu seperti makan di restoran, belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan mendesak dan liburan.

4. Cari Pekerjaan Tambahan

Demi mendapatkan pemasukan tambahan supaya hutang segera lunas, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mencari pekerjaan tambahan. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di akhir pekan atau di waktu – waktu tertentu.

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan dapat dikerjakan di hari libur sehingga tidak mengganggu pekerjaan saat ini.

Jika masih kebingungan untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, cobalah menjadi seorang online freelancer. Bekerja secara online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Tak hanya itu, lowongan untuk online freelancer dapat ditemukan dengan mudah melalui media sosial atau situs web pencari kerja.

Mungkin usaha makanan ringan serba 2000 bisa di coba

5. Jangan Tunda Waktu Pembayaran Hutang

Jika ingin bebas dari hutang, pastikan waktu pembayaran selalu ditepati dan tidak pernah ditunda. Disiplin waktu dalam membayar hutang sebetulnya bukanlah hal yang sulit jika setiap rencana dalam memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran telah dilaksanakan.

Ingatlah selalu bahwa menunda hutang akan menambah bunga yang artinya menambah utang baru.

Itulah 5 cara bebas dari hutang yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa menimbulkan utang baru. Meskipun setiap langkahnya membutuhkan proses cukup lama, tetapi dalam kurun waktu tertentu hutang pasti akan lunas jika kelima cara di atas telah dilakukan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Menabung Untuk Pelajar
Read More

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.