Perincian Modal Usaha Roti Bakar dan Keuntungannya

Usaha roti bakar
Mau buka usaha makanan tapi masih bingung? Yuk simak rincian modal usaha roti bakar serta estimasi keuntungan usaha roti bakar. Peluang usaha ini patut ditiru.

Thecronutproject.com – Masih bingung ingin membuka usaha apa? Bagi yang masih pemula, memulai bisnis makanan adalah pilihan terbaik. Pasalnya makanan adalah kebutuhan pokok manusia jadi bisa dipastikan bakal laku. Cobalah membuka usaha roti bakar. Modal usaha roti bakar juga cenderung tidak terlalu besar.

Selain itu membuat roti bakar juga cukup sederhana. Dengan begitu ketika menjalankan bisnis ini sepertinya juga tidak akan terlalu sulit. Berikut beberapa peluang serta modal usaha roti bakar yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

Peluang Usaha Roti Bakar

Daripada bingung sendiri memutuskan membuka usaha apa, lebih baik coba saja menjual roti bakar. Siapa yang tidak suka roti? Apalagi roti bakar ini sekarang sudah banyak sekali variannya.

Dengan begitu rasa-rasanya semua kalangan pasti menyukai makanan ini. Ditambah lagi roti kaya akan serat dan karbohidrat.

Bagi yang sedang menghindari nasi tidak menutup kemungkinan mereka akan lebih memilih memakan roti. Roti bakar menjadi salah satu variasi olahan roti favorit karena dapat memberikan rasa yang beragam.

Maka dapat dipastikan usaha ini akan laris manis. Selain itu membuatnya juga tidak terlalu susah. Bahannya pun tidak sulit didapatkan.

Perincian Modal Usaha Roti Bakar Serta Estimasi Keuntungan

Usaha Roti bakar

Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan tentang peluang usaha roti bakar. Selain sederhana ketika membuatnya dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, modal usaha roti bakar juga tidak besar.

Mungkin di awal membuka memang sedikit lebih banyak. Tapi jangan lupa keuntungan yang bisa didapatkan juga besar. Berikut perincian modal dan keuntungan usaha roti bakar :

1. Modal awal yang dibutuhkan

Untuk modal awal memang jumlahnya cukup besar. Ini wajar karena setiap mengawali usaha memang seperti itu, tidak hanya usaha roti bakar. Jadi modal awal untuk usaha roti bakar adalah untuk membeli beberapa keperluan seperti :

  • Sewa kios + Peralatan = Rp2 juta
  • Pemanggang = Rp1,2 juta
  • Deklit = Rp100 ribu
  • Toples wadah selai 5 buah = Rp50 ribu
  • Garpu + pisau = Rp15 ribu
  • Solet besar 4 buah = Rp10 ribu
  • Pemarut Keju 2 buah = Rp12 ribu
  • Tempat garpu dan pisau = Rp20 ribu
  • Solet kecil 4 buah = Rp5 ribu
  • Stiker harga dan brand = Rp30 ribu

Jumlah keseluruhan modal awal usaha roti bakar adalah Rp3.445.000,-

2. Kebutuhan bulanan sebagai biaya variabel

Selanjutnya ada juga beberapa kebutuhan variabel. Nah biasanya kebutuhan ini dikeluarkan per bulan. Berikut beberapa kebutuhan bulanan usaha roti bakar:

  • Selai strawberry = Rp75 ribu
  • Margarin 20 kg= Rp120 ribu
  • Selai nanas 10 kg =Rp60 ribu
  • Meses 12 kg = Rp160 ribu
  • Selai kacang 5 kg= Rp60 ribu
  • SKM 10 kaleng = Rp120 ribu
  • Keju 10 biji = Rp140 ribu
  • Pisang nangka = Rp40 ribu
  • Plastik 1 pack = Rp10 ribu
  • Kertas roti 1 pack = Rp15 ribu

Jumlah semua biaya variabel yang harus dikeluarkan per bulannya adalah Rp800.000,-

3. Estimasi penjualan per bulan

Selanjutnya bisa dihitung berapa estimasi roti bakar yang akan dijual. Anggap saja kira-kira dalam sehari bisa menjual 40 pcs.

Perkiraan ini sepertinya pas, mengingat roti bakar termasuk salah satu makanan favorit.

Jika memang diperkirakan sehari bisa 40 pcs artinya sebulan penjualan bisa mencapai 40×30=1.200 pcs.

4. Perkiraan pendapatan kotor yang didapatkan

Setelah itu bisa dilanjutkan untuk perkiraan pendapatan kotor. Anggap saja harga per pcs ditentukan Rp9 ribu. Maka pendapatan kotor bisa dihitung yaitu Rp9.000×1.200 pcs = Rp10.800.000,-.

Untuk modal awal yang tidak seberapa pendapatan kotor sejumlah itu termasuk sangat menguntungkan.

5. Keuntungan bisnis roti bakar

Lalu berapa keuntungan bisnis roti bakar? Cara menghitungnya cukup mudah yaitu dengan rumus pendapatan kotor-pengeluaran per bulan.

Maka dari rumus tersebut diperoleh hasil Rp10.800.000,- Rp.800.000,- = Rp.10.000.000,-.

Itu tadi penjelasan tentang peluang serta modal usaha roti bakar. Untuk modal awal sendiri diperlukan sekitar 3 jutaan saja.

Referensi artikel yang cocok untuk kamu yang mau buka usaha di bidang makanan:

Namun persiapkan juga untuk biaya bulanannya sekitar Rp800 ribuan. Keuntungan usaha ini bisa mencapai 10 jutaan per bulan jadi cukup direkomendasikan untuk dicoba.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Bisnis cemilan sehat
Read More

Bisnis Camilan Sehat

Membuka bisnis cemilan sehat merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Agar untung banyak, pelajari cara usaha cemilan sehat di rumah yang unik dan menghasilkan.
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.
Cara memulai bisniskuliner
Read More

Cara Memulai Bisnis Kuliner

Pengusaha perlu memahami cara memulai bisnis kuliner yang tepat agar usaha yang dirintis berjalan mulus. Yuk, simak strategi membangun usaha kuliner berikut.
Usaha di Bidang Jasa
Read More

Ide Usaha di Bidang Jasa

Buat yang baru lulus sekolah atau masih mahasiswa dan bingung cari kerja. Jenis usaha di bidang jasa berikut ini sangat cocok dan menguntungkan.
Usaha wifi di kampung
Read More

Cara Usaha Wifi di Kampung

Membuka usaha wifi di kampung atau desa merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Berikut ini cara usaha wifi di kampung agar untung banyak.