Shopee PayLater Jika Tidak Digunakan, Apakah Kena Tagihan?

Shopee PayLater Jika Tidak Digunakan
Shopee PayLater jika tidak digunakan apakah akan dikenakan denda atau tagihan? Cari tau jawabannya secara detail disini!

Thecronutproject.com – Hingga kini, Shopee PayLater masih digemari masyarakat sebagai alternatif pinjaman cepat yang aman dan terpercaya. Cara mengaktifkannya pun mudah. Hanya saja, tidak sedikit pengguna yang justru mengabaikan limit Shopee PayLater yang telah disetujui pihak Shopee dengan alasan yang beragam. Lantas, apa yang terjadi pada Shopee PayLater jika tidak digunakan?

Nah, untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan berikut lengkap dengan informasi apa akibatnya jika Shopee PayLater tidak digunakan.

Tetapi sebelumnya, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara kerja Shopee PayLater. Jangan sampai sudah diaktifkan tetapi tidak mengetahui sistem kerjanya. Kemudian tanpa disadari, akun Shopee kamu dikenakan bunga yang cukup besar. Jika tidak ingin hal buruk itu terjadi, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jangan Aktifkan Shopee PayLater Jika Belum Tahu Hal Ini

Shopee PayLater

Sebelum membahas mengenai akibat Shopee PayLater jika tidak digunakan, kita pahami dulu cara kerjanya.

Manfaat Shopee PayLater sudah banyak dirasakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mendesak di akhir bulan. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kamu tergoda mengaktifkannya tanpa mengetahui fungsi dan sistem kerjanya.

Shopee PayLater merupakan fitur Shopee yang memungkinkan pengguna Shopee berbelanja sekarang, kemudian membayarnya nanti dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Limit yang diberikan antar akun berbeda-beda. Mulai dari 500 ribu sampai puluhan juta rupiah. Namun, limit tersebut hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dengan berbelanja di Shopee.

Selain limit yang berbeda-beda, tiap transaksi yang ditalangi oleh Shopee PayLater juga dikenakan biaya admin atau biaya penanganan sebesar 1% dari total per transaksi. Nilai bunga tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan kartu kredit.

Selain bunga penanganan, kamu juga perlu mengetahui bunga denda yang dikenakan apabila telat bayar. Jika melebihi jatuh tempo, Shopee PayLater akan mengenakan bunga denda 5% per bulan dari tagihan. 

Nah, jatuh temponya sendiri dibagi menjadi 3 pilihan, yaitu tanggal 5, tanggal 11, dan tanggal 25. Jika melewati tanggal tersebut, akun kamu akan dikenai bunga denda. Untuk tenor cicilannya pun beragam, mulai dari 1 bulan hingga paling lama 12 bulan. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa:

  • Limit Shopee PayLater tiap akun berbeda-beda
  • Per transaksi yang dibayar menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan bunga 1%
  • Telat membayar tagihan akan dikenakan bunga denda 5% per bulan
  • Waktu membayar tagihan bisa dipilih

Apa Akibat Shopee PayLater Jika Tidak Digunakan?

Jika terlanjur mengaktifkan Shopee PayLater namun tidak digunakan, kamu tidak akan dikenakan biaya tagihan sama sekali selama tidak berbelanja menggunakan pembayaran Shopee PayLater.

Dengan kata lain, kamu tidak akan ditagih atau dikenakan bunga jika tidak memiliki cicilan pembayaran di Shopee.

Baca juga: Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater? Begini Cara Hitungnya

Apakah Bisa Non-Aktifkan Shopee PayLater Jika Tidak Digunakan?

Tidak sedikit yang ingin menonaktifkan Shopee PayLater karena khawatir akun mereka disalahgunakan, mengingat kini marak pembobolan akun digital.

Menonaktifkan akun Shopee PayLater sebenarnya bisa dilakukan selama kamu tidak memiliki cicilan yang sedang berjalan. Tidak perlu khawatir dengan sisa limit saldo Shopee PayLater yang belum digunakan.

Sisa saldo tersebut tidak akan ditagih selama kamu tidak menggunakannya. Jika tagihan sebagian limit sudah dibayar, jumlah saldo Shopee PayLater akan bertambah.

Dan bila kamu sudah tidak memiliki cicilan, fitur Shopee PayLater bisa dinonaktifkan dengan cara menghapus akun. Cara lain untuk menonaktifkan ShopeePayLater tanpa hapus akun dapat dilakukan dengan cara membiarkannya atau tidak menggunakannya selama 3 bulan berturut-turut. Secara otomatis, pihak Shopee akan menonaktifkan fitur PayLater di akun Shopee kamu.

Demikian informasi mengenai Shopee PayLater jika tidak digunakan. Tidak dikenai tagihan atau bunga sama sekali selama kamu tidak memiliki cicilan, jadi tidak perlu khawatir. Terlebih lagi, fitur tersebut bisa dinonaktifkan dengan mudah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like