5 Cara Promosi Makanan di WA (WhatsApp) Paling Efektif

Cara Promosi Makanan di WA
Ingin menggunakan whatsapp marketing untuk bisnis makanan Anda? Pelajari cara promosi makanan di WA untuk membantu menaikkan penjualan Anda!

Thecronutproject.com – Menaikkan penjualan menggunakan aplikasi whatsapp terbilang cukup efektif. Strategi cara promosi makanan di WA kupas tuntas di artikel ini.

Industri makanan atau F&B (Food and Beverages) terus berkembang di Indonesia, mulai dari jenis industri rumahan hingga resto. Berbagai strategi marketing berbasis teknologi pun akhirnya turut mendukung perkembangan bisnis di bidang tersebut. Jika Anda pengguna whatsapp, Anda dapat menggunakan cara promosi makanan di wa sebagai alternatif strategi marketing. 

Cara tersebut dikenal dengan whatsapp marketing. Apa itu whatsapp marketing, The Cronut Project menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

WhatsApp Marketing

Awalnya, whatsapp atau yang lebih populer disingkat menjadi wa di Indonesia, memang terbatas sebagai aplikasi berkirim pesan dalam jaringan (daring/online). Seiring dengan kebutuhan pasar, whatsapp pun menambah fiturnya dengan menghadirkan broadcast message, whatsapp blast, whatsapp for business, hingga status story.

Seluruh fitur tersebut ternyata sangat memungkinkan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan promosi brand (merek) dan produk bagi pelaku bisnis, sehingga tercetus lah istilah whatsapp marketing

Berbagai Alasan Untuk Menggunakan WhatsApp Dalam Promosi Makanan

Cara Promosi Jual Pulsa di Whatsapp

Fakta bahwa whatsapp digunakan berbagai kalangan, membuatnya menjadi salah satu media promosi yang dinilai cukup mudah digunakan untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan. Sehingga dapat memicu keterkaitan yang lebih erat antara pelanggan dengan Anda.

Melansir dari Mokapos yang membawakan hasil riset dari Leads360, ada potensi sebesar 110% untuk meningkatkan angka konversi penjualan produk lewat promosi produk atau jasa melalui whatsapp

Terlepas dari hal tersebut, cara promosi makanan di WA terbilang lebih murah dari segi biaya. Anda hanya harus memastikan untuk terhubung pada jaringan internet dan melatih kemampuan menulis dan komunikasi serta kreatifitas yang persuasif. 

Bagi pelaku bisnis di bidang makanan dan minuman, ada berbagai jenis cara yang dapat Anda tempuh untuk mengoptimalkan promosi di wa. Sebelumnya, pelajari dulu perbandingan fitur whatsapp personal dan whatsapp for business agar Anda dapat memutuskan mana yang lebih optimal untuk Anda gunakan. 

Baca juga: Cara Promosi Makanan di Sosmed

Pilih WhatsApp Personal Atau WhatsApp For Business?

Whatsapp personal atau whatsapp biasa memang dapat Anda manfaatkan dalam berbisnis. Tetapi, menggunakan whatsapp for business adalah cara promosi makanan di wa yang perlu Anda pertimbangkan karena berbagai fiturnya yang lebih ideal untuk berbisnis. 

Fitur-fitur whatsapp for business sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengurus pelanggan Anda, dan melakukan promosi serta membuka potensi kenaikan penjualan atau konversi. 

Dengan menggunakan whatsapp for business, setiap pelaku bisnis dapat memasukan identitas atau profil dengan menambahkan merek atau brand, alamat dan kontak, juga deskripsi dari produk atau jasa yang ditawarkan. 

Sebagai penjual makanan, Anda dapat menggunakan fitur Your Catalog (Katalog Anda) untuk memasukan berbagai jenis menu yang Anda miliki, memberi label pada kontak pelanggan Anda, menggunakan fitur Quick Reply (jawaban cepat), Automatic Reply (jawaban otomatis), Greeting Messages (pesan sapaan), Away Messages  (pesan jauh : pesan otomatis ketika Anda tidak dapat dihubungi). 

Cara Promosi Makanan di WA Agar Penjualan Optimal

Cara Promosi di WA

Manfaatkan beberapa fitur whatsapp yang cocok dengan model bisnis makanan dan target pasar Anda, dan asah kemampuan untuk menunjang penggunaan whatsapp marketing untuk mendapatkan potensi penjualan yang lebih menjanjikan untuk produk makanan Anda. 

Berikut ini beberapa cara promosi makanan di whatsapp menggunakan berbagai fitur tersebut yang patut Anda maksimalkan. 

1. Susun Data Kontak Calon Pelanggan dan Pelanggan Anda

Menyusun data kontak calon pelanggan dan pelanggan adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menempuh berbagai cara promosi makanan di wa selanjutnya. Mulai terlebih dahulu dengan komunitas terdekat Anda dari grup keluarga atau kerabat dan tetangga.

Anda bisa mengiklankan produk makanan sesekali di grup-grup tersebut, setelah itu jika ada kontak yang tertarik dan melakukan pembelian, labeli kontak dengan label customer/pelanggan.

Hal ini akan memudahkan Anda melacak kembali kontak mana yang pernah atau berpotensi menjadi pelanggan Anda dan melakukan promosi ke depannya. 

Baca juga: Contoh Kata–kata Promosi di Instagram yang Menarik

2. Manfaatkan Fitur Update Status

Fitur ini ada di whatsapp personal maupun whatsapp for business. Daripada menggunakannya untuk curhat atau flexing semu, update status Anda dengan menggantinya dengan nama produk atau toko makanan Anda.

Anda juga bisa menggunakan status untuk mempromosikan produk dengan kalimat seperti : “ Menerima order kue kering, Japri untuk info rinci”. 

3. Optimalkan Status Story WhatsApp

Status story dioperasikan mirip dengan instagram story. Cara promosi makanan di WA dengan fitur ini dapat dioptimalkan dengan memasang foto produk makanan Anda atau pun memasang copywriting untuk promosi. 

Jika Anda ingin memasang foto produk, buatlah foto yang semenarik mungkin dengan usaha yang sedikit lebih besar. Untuk copywriting-nya (tulisan promosi), Anda dapat membuat deskripsi produk yang ada dalam foto sebagai status story lanjutan. 

Referensi artikel mengenai kata-kata promosi:

Buat variasi postingan untuk status story, mulai dari deskripsi produk, testimoni pelanggan, hingga berbagai bentuk promo (seperti beli 1 gratis 1 khusus hari ini untuk x pelanggan) dalam satu hari.

4. Terbitkan Katalog Produk Dari WhatsApp For Business

Ketika Anda sudah memiliki stok foto produk makanan yang akan dijual, gunakan fitur Katalog Anda (Your Catalog) dari Whatsapp For Business untuk menampilkan berbagai jenis menu makanan. 

Cantumkan informasi rinci tentang makanan yang Anda jual, mulai dari nama, variasi, harga, jenis bahan atau campuran, berat, cara penyimpanan hingga tanggal kedaluwarsa untuk masing-masing produk. 

Katalog memudahkan calon konsumen atau pelanggan Anda mencari dan mendapat informasi produk makanan yang Anda jual. Mereka juga dapat mengakses keranjang untuk order langsung dari katalog whatsapp

5. Sebarkan Informasi Terbaru Lewat Broadcast Message (Pesan Siar) dan WhatsApp Blast

Broadcast message hanya dapat Anda lakukan untuk pelanggan atau orang-orang yang sudah menyimpan kontak WA for Business Anda dan masuk dalam daftar kontak Anda pula. Fitur pesan siar hanya dapat digunakan untuk mengirimkan pesan sekaligus ke maksimal 250an kontak saja.

Sementara whatsapp blast dapat Anda gunakan untuk menyebarkan informasi diskon, produk terbaru dan promosi lainnya tanpa dibatasi jumlah kontak. Selain itu, dengan whatsapp blast, Anda dapat menyebarkan informasi ke pelanggan yang belum menyimpan kontak WA for Business Anda pada daftar kontak mereka. 

Agar cara promosi makanan di wa berjalan lebih efektif, lakukan secara konsisten dan kreatif. Latih diri Anda untuk melihat peluang dan tren serta ide kreatif untuk kata-kata promosi makanan (copywriting) serta terapkan pendekatan yang berbeda untuk menemukan formula yang paling cocok dengan target pasar Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like