Cara Promosi Makanan di Sosmed

Cara Promosi Makanan di Sosmed
Promosi makanan di media sosial merupakan cara paling ampuh meningkatkan penjualan. Ketahui cara promosi makanan di sosmed seperti facebook, instagram, dll

Thecronutproject.com – Usaha di bidang makanan semakin merajai dunia bisnis. Banyak sekali jenis-jenis makanan baru yang muncul. Promosi makanan pun sering dijumpai dimana-mana, terlebih lagi di media sosial.

Cara promosi makanan di sosmed semakin banyak dicari orang karena hasilnya yang sangat memuaskan. Caranya pun terbilang mudah, cuma perlu pahami teknik dibawah ini saja.

Dengan sosmed, produk makanan akan dilihat oleh banyak orang karena mayoritas orang memiliki sosmed. Supaya bisa menarik banyak konsumen, usahakan promosi dilakukan semenarik mungkin.

Cara Promosi Makanan di Sosmed

Beberapa cara promosi makanan di sosmed ini bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk menarik konsumen, diantaranya:

1. Membuat Poster Menarik

Dalam promosi di sosmed tentunya harus disertai dengan gambar agar orang yang melihat tidak bosan. Pemilik usaha bisa mendesain poster yang unik untuk diposting.

Poster tersebut bisa berisi nama brand makanan dan gambar makanan yang dipromosikan.

Sebaiknya gunakan gambar yang bagus supaya bisa menggugah selera para pelanggan.

2. Endorse Selebgram

Cara endorse di instagram

Jasa endorse merupakan cara promosi makanan di sosmed yang paling dicari. Biasanya endorse dilakukan oleh selebgram dengan followers ratusan ribu hingga jutaan. Selebgram dikirimi langsung makanan yang akan dipromosikan. 

Selanjutnya selebgram foto bersama produk makanan tersebut. Biasanya saat memposting foto, disertai juga review mengenai makanan yang dipromosikan.

Jika menyewa jasa endorse mahal, kamu bisa pelajari sendiri cara endorse di Instagram.

Dengan menggunakan jasa ini tentunya banyak followers selebgram yang tertarik juga untuk membelinya.

3. Menggunakan Jasa Iklan Online

Iklan pada sosmed sering ditemukan saat scroll postingan di media sosial. Jangkauan yang diperoleh dengan promosi ini sangat banyak karena orang akan otomatis melihatnya di beranda sosmed. 

Pemilik usaha hanya perlu membayar jasa ini dan menyetorkan foto dan deskripsi produk. Untuk durasi iklan tergantung keinginan pemilik usaha.

Iklan bisa diposting satu hari sampai satu minggu. Idealnya untuk jasa iklan biasanya 3 sampai 5 hari.

4. Rajin Memposting di Berbagai Sosmed

Media promosi

Cara promosi makanan di media sosial tentunya harus memiliki sosmed yang banyak, jangan hanya satu sosmed saja. Buat sosmed minimal tiga jenis, seperti facebook, twitter, dan instagram.

Dengan demikian, jangkauan akan sangat luas. Setiap hari usahakan posting satu kali pada masing-masing sosmed.

Untuk facebook, bisa promosi dengan memposting pada grup jual beli daerah yang ada di facebook. Pada twitter, promosi bisa dilakukan dengan menggunakan hashtag yang sedang trending.

Sedangkan untuk instagram, promosi bisa dilakukan dengan membuat instastory atau memposting di akun sendiri.

5. Menggunakan Hashtag

Dalam memposting sebuah produk makanan, sertakan hashtag yang menarik. Hashtag tersebut harus nyambung dengan apa yang dipromosikan, seperti menggunakan hashtag makanan hits. 

Dengan hashtag tersebut, orang akan melihat dan membaca postingan tersebut. Cukup gunakan hashtag dua sampai tiga saja, jangan terlalu banyak. Hal itu karena dengan banyak hashtag maka postingan tidak terlihat rapi.

6. Berikan Caption yang Singkat

Caption sangat penting dalam memposting sebuah promosi produk makanan. Buat caption yang singkat dan jelas agar mudah dimengerti.

Hindari pembuatan caption panjang dan bertele-tele karena akan merusak postingan tersebut. Orang akan cenderung suka jika membaca caption yang singkat karena tidak membingungkan.

7. Menggunakan Jasa Youtuber

Konten youtube semakin diminati oleh banyak orang, khususnya tentang makanan. Banyak sekali youtuber yang mereview tentang makanan-makanan unik dan enak. Selain itu, ada juga konten youtube yang menyajikan mukbang atau yang berarti makan secara besar-besaran.

Konten makanan di youtube semakin banyak karena viewers yang dihasilkan pun juga banyak sehingga sangat menguntungkan bagi youtuber.

Untuk promosi produk makanan bisa menghubungi youtuber untuk membuat video review dan makan produk tersebut. 

Referensi artikel:

Cara-cara di atas sangat penting untuk diperhatikan dalam promosi. Usahakan ikuti langkah-langkah yang disarankan pada cara di atas. Selain itu, hindari kecerobohan yang bisa membuat promosi menjadi gagal.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Menolak tawaran pekerjaan
Read More

Cara Menolak Tawaran Kerja

Jangan sembarangan menolak tawaran pekerjaan. Ikuti contoh kalimat cara menolak tawaran kerja yang sopan berikut. Anda akan dinilai profesional dan beretika.
Cara jualan di gofood
Read More

Cara Jualan di Gofood

Ingin mencoba jualan makanan di GoFood tapi belum paham caranya? Berikut prosedur cara jualan di GoFood yang benar. Langkah-langkah menjual makanan di GoFood.