Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Mudah dan Tepat

Menghitung Keuntungan Usaha

Thecronutproject.com – Dalam berbisnis, keuntungan adalah hal utama yang ingin didapatkan. Sebagai seorang pengusaha, salah satu ilmu bisnis yang perlu dipahami yaitu cara menghitung keuntungan usaha.

Ini penting untuk dipelajari karena berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Kesalahan menghitung laba penjualan bisa membuat semua strategi bisnis gagal.

Keuntungan atau profit adalah uang hasil penjualan yang bercampur dengan modal. Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang orang bingung berapa angka profit yang sebenarnya. Dengan mempelajari ilmu menghitung laba rugi pula Anda akan terhindar dari kebangkrutan.

Pada bagian ini Anda harus akrab dengan harga jual, modal awal, penjualan bersih, HPP dan sebagainya. Simak cara menghitung keuntungan usaha berikut.

Cara Menghitung Laba Usaha Akuntansi

Akuntansi adalah bidang yang menangani laporan keuangan bisnis. Apabila Anda ingin bisa menghitung laba usaha sesuai laporan yang biasa ditulis oleh akuntan, maka kenali beberapa istilah berikut:

  • Laba Bersih

Biasa disebut dengan istilah net income atau penghasilan bersih. Laba bersih berarti jumlah uang yang tersisa setelah dikurangi semua biaya. Mulai dari Harga Pokok Penjualan (HPP) dan biaya operasional. 

Cara menghitung laba bersih adalah Beban Kotor – Beban Usaha. Jika usaha dikenakan pajak, maka rumusnya menjadi Penghasilan Sebelum Pajak – Biaya Pajak.

  • Laba Kotor

Laba kotor adalah jumlah uang yang tersisa setelah dikurangi HPP dan belum termasuk biaya operasional.

1. Cara menghitung laba kotor Penjualan Bersih – HPP.

Beberapa komponen pada laba kotor antara lain:

  • Pendapatan adalah setiap uang yang membuat nilai modal suatu bisnis bertambah. Baik itu pendapatan di luar usaha (bunga) ataupun pendapatan usaha.
  • Beban adalah semua biaya yang dikeluarkan demi mendapatkan keuntungan
  • Beban Penjualan adalah beban usaha yang bermanfaat terhadap aktivitas penjualan
  • Biaya Umum dan Administrasi adalah uang yang dikeluarkan untuk mengurus hal-hal selain beban penjualan. Seperti izin usaha dan surat menyurat.

2. Contoh kasus:

PT. Newtrotin membuat data laporan keungan dalam setahun dengan rincian seperti di bawah ini:

Penjualan Bersih : Rp. 80.000.000

Harga Pokok Penjualan (HPP) : Rp. 35.000.000

Biaya Administrasi: Rp. 10.000.000

Biaya Pemarasan atau Penjualan: Rp. 8.000.000

Pajak: Rp. 3.000.000

Melihat data tersebut, maka laba kotor diketahui:

Penjualan bersih – HPP = Rp. 80.000.000 – Rp. 35.000.000 = Rp. 45.000.000

Sehingga, laba kotor PT. Newtrotin dalam setahun terakhir adalah Rp. 45.000.000. Untuk mengetahui berapa laba bersih, maka Laba Kotor dikurangi Beban Usaha dan Beban Pajak. Diperoleh rincian sebagai berikut:

= Rp. 45.000.000 – Rp. 18.000.000 – Rp. Rp. 3.000.000

= Rp. 24.000.000

Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Lebih Mudah

Cara menghitung keuntungan warung

Jika cara menghitung keuntungan usaha akuntansi diatas terasa sulit dan rumit, maka tidak perlu cemas. Karena masih ada cara yang lebih sederhana lagi dan mudah untuk menghitungnya.

Terlebih, jika usaha Anda adalah usaha kecil maka menghitungnya akan sangat simpel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Jumlahkan seluruh uang yang dimiliki oleh kas usaha Anda. Dalam hal ini, boleh berupa uang secara nyata ataupun tagihan dan nota
  2. Langkah selanjutnya, tambahkan dengan stok barang yang masih ada saat itu
  3. Kemudian cari selisihnya dengan modal awal yang telah Anda keluarkan. Jika masih ada lebihnya, maka itulah keuntungan Anda.

Sebagai contoh:

Pada bulan November 2020, usaha Anda memegang uang sebesar Rp. 4.000.000 dan masih memiliki beberapa nota di tiga klien. Klien pertama Rp. 500.000, klien kedua Rp. 750.000 dan klien ketiga Rp. 1.250.000.

Saat ini stok barang yang belum laku ada 50 buah dengan harga jual Rp. 50.000 per produk. Estimasi uang yang dimiliki oleh bisnis Anda adalah Rp. 4 juta + Rp. 500 ribu + Rp. 750 ribu + Rp. 1,25 juta + Rp. 2,5 juta = Rp. 9 juta.

Pada bulan ini modal awal untuk biaya produksi Rp. 5.000.000.

Nah, cara menghitung keuntungan usaha pada bulan November adalah Rp. 9 juta – Rp. 5 juta =  Rp. 4 juta.

Cara tersebut sangat sederhana dan mudah dipahami, bukan? Lalu bagaimana jika ternyata keuntungan perusahaan sangat kecil atau minus? Anda harus melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan laba perusahaan Anda.

Baca juga: Cara menghitung keuntungan warung

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Jika ternyata usaha Anda mendapatkan keuntungan yang sangat sedikit atau mungkin malah minus, Anda tidak perlu khawatir.

Ada cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Caranya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan nilai jual sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih
  2. Anda bisa mengurangi atau menekan biaya di bidang operasional atau produksi
  3. Sebaiknya Anda menggunakan kemasan yang ekonomis
  4. Lakukanlah perluasan bidang usaha Anda
  5. Lakukanlah peningkatan pelayanan atau produk yang Anda jual
  6. Sebaiknya Anda menghindari persaingan atau kompetisi harga
  7. Lakukanlah pencarian target konsumen baru dengan harga yang berbeda
  8. Lakukanlah penjualan produk dengan jumlah yang lebih besar agar profit meningkat

Cara menghitung keuntungan usaha akan memberi Anda gambaran tentang berapa laba yang sebenarnya Anda dapatkan. Dengan cara yang mudah dan simpel di atas, tentu Anda tak akan kebingungan lagi. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Promosi Makanan di Sosmed
Read More

Cara Promosi Makanan di Sosmed

Promosi makanan di media sosial merupakan cara paling ampuh meningkatkan penjualan. Ketahui cara promosi makanan di sosmed seperti facebook, instagram, dll
Cara jualan gorengan
Read More

Cara Jualan Gorengan Biar Laris

Ada beberapa cara jualan gorengan biar laris dan sukses membawa keuntungan besar. Berikut teknik cara jualan gorengan agar laris dan cepat laku diburu pembeli.
Cara jual voucher kuota
Read More

Cara Jual Voucher Kuota

Baru memulai usaha konter pulsa dan kuota internet tapi masih sepi pelanggan? Simak bagaimana cara jualan voucher kuota internet supaya cepat laku dan untung.