3 Media Untuk Mempromosikan Iklan yang Efisien & Efektif

Media Untuk Mempromosikan Iklan
Apa saja media yang digunakan untuk mempromosikan iklan? Berikut ini TheCronutProject rangkum jenis media promosi iklan yang efektif dan efisien.

Thecronutproject.com – Media yang digunakan untuk mempromosikan iklan ada beragam. Jangan kebingungan! Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga yang dikenal efisien.

Mengkomunikasikan berbagai materi promosi atau beriklan tidak bisa dipisahkan dari kegiatan marketing dan promosi bisnis. Peran media promosi iklan atau media iklan sangat penting dalam menyebarluaskan pesan promosi. 

Untuk mencapai tujuan beriklan bisnis dengan tepat, jenis media promosi iklan yang ingin digunakan juga patut dipertimbangkan dengan matang. Sebelum memilih, kenali dulu tipe-tipe iklan berdasarkan medianya, yuk!

3 Jenis Media Promosi Iklan

Keuntungan iklan online

Anda perlu tahu 3 jenis utama media promosi iklan, yaitu : media cetak, media elektronik dan media luar ruang. Apa saja perbedaannya? Gulirkan layar gawai Anda ke bawah untuk membaca lebih lanjut informasinya.

1. Media Cetak

Mengutip dari laman Populix, media cetak adalah wadah tertulis yang dibuat dengan cara dicetak.

Iklan media cetak tentunya menyampaikan pesan promosi lewat media massa yang dicetak, seperti majalah, koran, dan tabloid. 

Melansir dari laman WikiPedia, penemu pertama media cetak adalah Johannes Gutenberg pada tahun 1455 di Negara Eropa.

Perkembangan awal media cetak terlihat dari penggunaan daun atau tanah liat sebagai medium, bentuk media sampai percetakan. Gutenberg mulai mencetak Bible melalui teknologi cetak yang telahditemukannya.

2. Media Elektronik

Media iklan elektronik adalah sarana beriklan dengan sarana elektronik, dengan proses kerja elektronik dan elektromagnetik.

Sarana elektronik yang sudah umum dikenal adalah televisi, radio, media online seperti media sosial, situs web, blog ataupun Youtube. 

3. Media Luar Ruangan

Media beriklan yang satu ini tentunya berada di luar ruangan, sementara untuk sarananya dapat berupa cetak maupun elektronik. Sebut saja contoh seperti billboard, neonbox, videotron, bahkan banner atau poster yang dipasang di transportasi. 

Nah, dari ketiga jenis media iklan di atas, ada beberapa contoh yang sudah diakui efisien dari segi biaya. Di samping itu, media promosi iklan berikut ini juga optimal dalam jangkauan audiens, serta membawa dampak yang lebih terukur. Apa saja? 

Baca juga: Media Promosi Online Terbaik dan Paling Efektif

Media yang Digunakan untuk Mempromosikan Iklan yang Efisien

Cara Menentukan Media Promosi

Ada tiga jenis media yang paling efektif untuk mempromosikan iklan.

1. Google Ads

Siapa yang tak kenal dengan Google sebagai browser. Selain browser, Google mengeluarkan berbagai produk teknologi, termasuk Google Ads. Google Ads masih diakui sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan iklan berbayar dengan sistem yang lengkap dari awal hingga akhir. 

Sistem ini membantu pebisnis dapat menentukan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan bisnis mereka untuk menjangkau audiens yang luas. 

2. Banner

Banner iklan saat ini bisa Anda produksi baik dalam bentuk digital seperti web banner yang terpasang di halaman pertama sebuah situs web, maupun dalam bentuk cetak.

Ukuran dan bentuknya yang bisa disesuaikan membuatnya menjadi media iklan yang tetap menjadi pilihan. Pebisnis bekerjasama dengan vendor iklan bisa menentukan ukuran dan bentuk yang sesuai informasi yang ingin dimasukan maupun target pasar dan tempat pemasangan.

3. Press release

Serupa dengan banner, press release adalah media promosi iklan yang kini dapat diolah baik secara cetak, maupun elektronik. Press release dikeluarkan di media massa seperti portal berita sebagai informasi resmi sebuah perusahaan tentang peluncuran produk baru, liputan acara dan hal lainnya.

Bobotnya biasanya singkat, tetapi informasi yang disampaikan berupa soft selling sehingga menjadi media yang efisien tidak hanya untuk branding tetapi juga untuk penjualan. 

Tidak cuma itu, ternyata selain efisien sebagai media promosi iklan, press release juga berguna untuk memenuhi syarat jika pebisnis ingin melakukan verifikasi akun Shopee Mall. Itulah alasan mengapa press release belum ditinggalkan walaupun zaman terus berkembang. 

Nah, jika Anda sebagai pebisnis ingin memilih media yang digunakan untuk mempromosikan iklan bisnis Anda dengan efisien, sekaligus added value untuk verifikasi akun Shopee Mall atau Instagram, press release adalah solusinya. 

Dengan proses yang cepat, dan harga yang menarik juga kompetitif, The Cronut Project siap membantu menggarap press release bisnis Anda. Ingin tahu lebih lengkap tentang layanannya? Segera cek di sini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like