Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Thecronutproject.com – Pemasaran online dianggap sebagai cara memasarkan produk yang paling mutakhir saat ini. Media promosi untuk pemasaran online yang beragam membuat para pemasar memiliki banyak pilihan.

Berbekal kemudahan dan jangkauannya yang tanpa batas, media digital menjadi sangat populer. Apa saja pilihannya? Simak artikel berikut ini.

Pemasaran Online, Cara Digital Memasarkan Produk

Pemasaran online sering juga disebut digital marketing karena memang memanfaatkan internet. Strategi pemasaran khususnya promosi dilakukan melalui saluran-saluran di internet.

Strategi ini diklaim efektif untuk membangun brand awareness karena rata-rata orang Indonesia bisa menghabiskan 8 jam untuk berselancar di internet. Jadi tidak salah jika media online dinilai yang paling efektif.

Media promosi untuk pemasaran online bisa memberikan impact yang besar.

Promosi adalah soal bagaimana memberikan informasi yang persuasif untuk mempengaruhi konsumen membeli atau menggunakan sesuatu. Sedangkan konsumen saat ini paling cepat dipengaruhi oleh apapun yang ada di internet.

Pemanfaatan media online ada yang biayanya mahal tapi ada juga yang ekonomis. Dengan konsisten mengunggah konten berbobot dan sesuai dengan target market, maka sebuah website atau media sosial bisa punya banyak pengunjung dan follower tanpa perlu membayar mahal, atau malah bisa jadi gratis.

Pelaku usaha baru hendaknya benar-benar memaksimalkan penggunaan internet atau pemasaran online ini. Pasalnya, semua konten promosi bisa dengan cepat diketahui masyarakat dan ini bagus untuk perkembangan bisnis.

5 Media Promosi untuk Pemasaran Online yang Efektif

Media promosi

Jangan ragu untuk melakukan kegiatan promosi secara online di internet. Berikut ini beberapa media promosi yang bisa digunakan untuk pemasaran online:

1. Media Sosial

Kekuatan media sosial tidak perlu diragukan lagi. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah corong promosi yang paling efektif saat ini. Orang mempercayai apa yang mereka lihat di media sosial.

Konsumen bisa di jangkau dengan postingan organik atau juga lewat iklan berbayar. Bisa juga dengan strategi endorse selebgram atau public figure di internet.

2. Website

Sebuah usaha akan terlihat semakin kredibel jika punya website perusahaan apalagi dengan domain berbayar. Saat ini sudah banyak tersedia web hosting yang murah bahkan hanya Rp. 10.000/bulan.

Konten promosi yang diunggah di website apalagi menggunakan CTA sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk.

3. Blog

Jangan remehkan kekuatan blog. Blog berbasis SEO bisa digunakan untuk mendongkrak ranking website di mesin pencarian.

Lakukan riset kata kunci sebelum memproduksi artikel atau konten promosi yang akan diunggah ke blog.

Ingat, pengguna internet selalu memasukkan kata kunci ketika berselancar di internet dan bukan langsung menuju ke website tertentu.

4. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara untuk menjaga loyalitas konsumen.

Contoh email marketing
Contoh email marketing

Pada email marketing, biasanya pelaku usaha akan rutin mengirimkan newsletter, promo-promo, survey, atau konten-konten lain yang terkait dengan pemasaran produk.

Hal ini sangat efektif untuk terus memberikan awareness kepada pelanggan tentang sebuah merek atau produk.

5. Iklan Online

Berawal dari banner ads yang populer di tahun 1997, kini iklan online bertransformasi menjadi media promosi yang efektif.

Contoh iklan
Contoh iklan jenis text di penelusuran.

Iklan online atau Ads bertujuan untuk membangun brand awareness, meningkatkan traffic, mempengaruhi audience untuk menghubungi perusahaan, dan juga mengarahkan audience berbelanja secara online atau ke toko fisik jika ada.

Belajar lebih lanjut mengenai strategi promosi produk bisa menuju ke artikel cara promosi produk secara online dan offline.

Media promosi untuk pemasaran online harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap mengedepankan riset dan analisa agar konten promosi tepat sasaran.

Promosi produk dan merek yang dijalankan secara digital atau online berpotensi meraup awareness yang lebih besar daripada konvensional.

Tinggalkan komentar