12 Tempat Wisata Semarang yang Lagi Hits 2022

Wisata Semarang yang Lagi Hits
Punya rencana ingin berlibur ke kota Semarang? Berikut rekomendasi tempat wisata Semarang yang lagi hits di tahun 2022.

Thecronutproject.com – Jika kamu sedang ada rencana ingin liburan. Destinasi tempat wisata Semarang yang lagi hits ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Ya, bisa dikatakan jika Semarang menjadi salah satu spot wisata terbaik di Jawa Tengah.

Ada cukup banyak rekomendasi wisata di kota Semarang, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner dan lainnya.

Tidak hanya itu, saat ini, ada beragam destinasi wisata Semarang yang lagi hits dan banyak diperbincangkan oleh para traveler.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam destinasi wisata menarik di Semarang yang sedang hangat diperbincangkan. Kamu bisa memasukkan daftar destinasi berikut dalam untuk mengisi waktu liburan kamu.

Penasaran apa saja destinasi wisata tersebut? Simak ulasannya!

Destinasi Wisata Semarang yang Lagi Hits

Berbincang tentang Semarang, kamu akan menemukan begitu banyak kawasan menarik untuk ide liburan.

Beberapa spot wisata yang lagi hits di kota Semarang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kurang lengkap rasanya jika kamu pergi ke Semarang tanpa mampir ke Kota Lama. Pasalnya, destinasi wisata ini sudah menjadi ikon wisata Semarang dan sangat terkenal. Terlebih, untuk kamu yang suka hunting foto.

Dulunya, lokasi Kota Lama Semarang ini merupakan pusat perdagangan. Namun, saat ini, fungsinya sudah berubah menjadi destinasi wisata yang sangat menarik terutama dengan jajarangan berbagai bangunan tua yang menjulang tinggi dan masih terjaga keasliannya hingga sekarang.

  • Lokasi                    : Kota Lama, Bandar Harjo, Semarang Utara, Kota Semarang
  • Harga tiket            : Gratis – Rp 15.000
  • Jam buka               : 24 jam

2. Kampung Batik

Kampung Batik

Destinasi wisata Semarang yang lagi hits lain yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan adalah Kampung Batik. Seperti namanya, lokasi ini merupakan area kerajinan batik yang sangat terkenal di Semarang. Di tempat ini, kamu akan menemukan banyak pengrajin batik khas Semarang yang sangat unik.

Tentu saja, kamu bisa langsung membeli kain batik yang sudah jadi dari pengrajin. Selain tersedia dengan beragam motif, harga yang ditawarkan pun cenderung lebih terjangkau. Bahkan, beberapa pengrajin menawarkan pengalaman seru bagi wisatawan untuk belajar membatik secara langsung.

  • Lokasi                    : Jalan Batik No 698A, Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang 
  • Harga tiket            : Gratis
  • Jam buka               : 07.00 – 20.00 WIB

3. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park juga menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi hits di Semarang. Destinasi wisata yang tergolong baru ini memang sedang hits di kalangan wisatawan.

Apa yang menarik dari tempat ini adalah kamu akan menemukan bangunan dengan model stupa berukuran besar yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, di lokasi ini kamu akan menemukan banyak spot hijau yang sangat indah dan menawarkan kesegaran alam yang begitu asri.

Untuk kamu yang berwisata bersama keluarga, ada pula beberapa spot bermain yang bisa dijadikan area liburan yang menyenangkan.

  •  Lokasi                   : Jalan Sukarno – Hatta No 49, Ngemplak, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 15.000 – Rp 20.000
  • Jam buka               : 09.00 – 17.00 WIB

Baca juga: 13 Objek Wisata Pemalang Paling Populer Dikunjungi

4. Saloka Fun Park

Saloka Fun Park

Jika kamu mencari wisata Semarang yang lagi hits dan cocok untuk berwisata bersama keluarga, Saloka Fun Park adalah destinasi wisata yang pas untuk dikunjungi. Pasalnya, objek wisata baru ini mengusung tema taman bermain dan tersedia banyak wahana permainan di lokasi ini.

Salah satu wahana favorit yang ada di destinasi wisata Saloka Fun Park adalah cakrawala. Wahana bermain tersebut merupakan bianglala berukuran sangat besar dan konon menjadi salah satu bianglala terbesar di Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, ada beberapa spot menarik lainnya di taman ini. Dari ketinggian taman, kamu bisa menikmati keindahan Kota Semarang dan menikmati udara yang segar.

  • Lokasi                    : Jalan Fatmawati No 154, Tuntang, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 120.000 – Rp 150.000
  • Jam buka               : 10.00 – 20.00 WIB

5. Gardu Pandang Lereng Kelir

Pilihan lain untuk destinasi wisata Semarang yang lagi hits saat ini adalah Gardu Pandang Lereng Kelir. Seperti namanya, di lokasi ini ada fasilitas gardu pandang dan bisa dijadikan spot untuk melihat keindahan kota Semarang dari ketinggian. Selain itu, gardu pandang tersebut juga bisa menjadi spot foto dengan latar yang mengesankan.

Lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir ini terletak tepat di kaki pegunungan Keliar, salah satu pegunungan yang cukup terkenal di Semarang. Bukit tersebut memiliki ketinggian sekitar 715-meter.

Selain bisa melihat keindahan kota Semarang dari ketinggian, kamu bisa menikmati udara sejuk yang menenangkan di tempat itu. Kamu bisa menikmati pemandangan dan udara yang segar sembari mencicipi berbagai sajian lezat khas Semarang yang banyak tersedia di sekitar lokasi.

  • Lokasi                    : Dusun Gertas, Jambu, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 5.000 – Rp 7.000
  • Jam buka               : 24 jam

6. Brown Canyon

Kamu tentu sudah pernah mendengar Green Canyon sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di dunia, bukan?

Nah, Semarang memiliki destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan, yakni dikenal dengan nama Brown Canyon. Bisa jadi, penamaan wisata Semarang yang lagi hits ini memang terinspirasi dari Green Canyon.

Di sini kamu juga bisa menyaksikan indahnya tebing yang menjulang tinggi dan berwarna coklat seperti di Green Canyon versi coklat. Pemandangan yang indah ini bisa dikatakan cukup langka dan jarang ada di tempat lainnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya, kawasan Brown Canyon merupakan galian tanah uruk, padas dan pasir. Lokasi tersebut kemudian dikelola dan menjadi destinasi wisata.

  • Lokasi                    : Rowosari, Tembalang, Semarang  
  • Harga tiket            : Gratis 
  • Jam buka               : 24 jam

7. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong adalah salah satu ikon wisata di Semarang yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai. Sebenarnya, lokasi ini merupakan sebuah kompleks klenteng bersejarah yang memiliki bentuk arsitektur paduan dari China dan Jawa.

Tidak hanya itu, apa yang membuat kelenteng ini sangat terkenal adalah cerita tentang Laksamana Cheng Ho yang konon katanya pernah mampir di Semarang.

Selain menjelajahi setiap sisi bangunan kelenteng yang besar, kamu juga akan menemukan cukup banyak bangunan dengan arsitektur China yang tak kalah unik.

  • Lokasi                    : Jalan Simongan Nomor 129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 5.000 – Rp 27.000
  • Jam buka               : 08.00 – 20.00 WIB

8. Benteng Pendem Ambarawa

Pilihan wisata Semarang yang lagi hitslain yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Benteng Pendem. Ini adalah wisata sejarah yang cukup menarik di Semarang serta menjadi destinasi favorit untuk wisata bersama keluarga.

Nama Benteng Pendem sendiri berasal dari fakta jika benteng tersebut berada di bawah tanah. Konon, benteng tersebut memang sengaja dibuat di bawah tanah sebagai salah satu bentuk pertahanan dalam peperangan yang terjadi.

Meskipun dibangun sejak tahun 1834 silam, namun bangunan benteng masih terjaga hingga saat ini. Sangat mengesankan, bukan?

  • Lokasi                    : Bugisari, Lodoyong, Ambarawa Semarang  
  • Harga tiket            : Gratis
  • Jam buka               : 08.00 – 17.00 WIB

9. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Untuk kamu yang ingin merasakan hawa sejuk saat berlibur di Semarang, salah satu destinasi wisata Semarang yang lagi hitsyang bisa kamu kunjungi adalah air terjun Kali Pancur. Ya, destinasi wisata ini selain menawarkan keindahan yang mengesankan, juga menawarkan hawa sejuk yang sangat menenangkan.

Perlu diketahui, air terjun Kali Pancur terletak di ketinggian 100 meter sehingga memiliki debit air yang cukup besar dan juga deras. Tidak hanya itu, di sekitar area air terjun terdapat bukit dan pepohonan yang menjulang tinggi yang sangat indah.

Hanya saja, akses menuju ke lokasi air terjun terbilang masih cukup susah sehingga kamu benar-benar harus memperhatikan alas kaki yang digunakan demi kenyamanan dan keselamatan.

  • Lokasi                    : Gejayan, Getasan, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 5.000
  • Jam buka               : 08.00 – 17.00 WIB

Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata Hits Magelang yang Keren

10. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo juga termasuk dalam jajaran wisata Semarang yang lagi hits yang bisa masuk dalam list destinasi untuk liburan di akhir pekan. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 silam. Seperti namanya, candi Gedong Songo yang artinya Candi sembilan bangunan, di mana pada area candi tersebut terdapat 9 buah candi yang berbeda.

Tentu, bangunan candi menjadi hal yang paling menarik atau highlight point dari destinasi wisata ini. Namun, selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang indah serta udara yang sejuk di sekitar candi. Pasalnya, Candi Gedong Songo terletak di area perbukitan.

  • Lokasi                    : Dusun Darum, Bandungan, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 6.000 – Rp 50.000
  • Jam buka               : 06.00 – 18.00 WIB

11. Maron Mangrove Edu Park

Maron Mangrove Edu Park termasuk salah satu wisata baru di kawasan Semarang dan menjadi hits di kalangan anak muda. Lokasinya yang tidak jauh dari Bandar Udara Ahmad Yani membuat para pengunjung yang datang ke sini secara langsung bisa melihat lalu lalang pesawat yang lewat dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu, edu park ini memiliki kawasan hutan bakau yang sangat luas. Kamu tentu bisa berkeliling di kawasan hutan bakau tersebut untuk berfoto atau menikmati suasana. Juga, ada menara setinggi 10 meter yang disediakan oleh pengelola untuk melihat keindahan Kota Semarang dari ketinggian.

  • Lokasi                    : Tugurejo, Tugu, Kota Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 5.000
  • Jam buka               : 08.00 – 17.00 WIB

12. Hutan Pinus Kanyon

Satu lagi destinasi wisata Semarang yang lagi hits yang bisa dijadikan pilihan destinasi liburan bersama keluarga di akhir pekan adalah Hutan Pinus Kanyon. Destinasi wisata ini masuk ke kawasan lereng Gunung Batur sehingga memiliki hawa yang begitu sejuk.

Di tempat ini, kamu akan menemukan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Tidak hanya itu, ada beberapa wahana permainan yang tersedia yang menarik untuk dicoba.

  • Lokasi                    : Jalan Banyu Urip Nomor 7, Kupang Krajan, Sawahan, Semarang  
  • Harga tiket            : Rp 6.000
  • Jam buka               : 08.00 – 17.30 WIB

Nah, beberapa poin di atas merupakan ragam wisata Semarang yang lagi hitsyang menjadi rekomendasi destinasi liburan di akhir pekan bersama keluarga. Pilih destinasi mana yang ingin kamu kunjungi dan selamat berlibur!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like