13 Wisata Outdoor Bogor dengan Pemandangan Eksotis

Wisata outdoor bogor
Ada beberapa rekomendasi wisata outdoor Bogor dengan nuansa alam yang sejuk. Tak hanya Kebun Raya Bogor, ada 13 list wisata outdoor disini!

Thecronutproject.com – Diantara beberapa kota besar di Indonesia, Bogor menjadi salah satu kota yang memiliki beragam destinasi wisata yang sangat menarik. Tidak mengherankan jika akhirnya Kota Hujan ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit. Ya, dengan bentang alam yang sangat indah, wisata outdoor Bogor sering menjadi pilihan utama para wisatawan.

Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata outdoor dengan nuansa alam yang asri dan menarik di Bogor sebagai tujuan wisata. Tentu, kamu yang berlibur nantinya tidak hanya mendapatkan kesenangan, tetapi juga ketenangan.

Wisata Outdoor Bogor Dengan Panorama Memukau

Apa saja destinasi wisata outdoor menarik di Bogor tersebut? Simak ulasannya!

1. Telaga Saat

Telaga Saat

Salah satu destinasi wisata outdoor terbaru yang ada di kawasan Bogor adalah Telaga Saat. Lokasi telaga ini berada di kawasan Puncak dan menyempil di antara perkebunan teh yang terhampar luas nan menghijau.

Bisa dibayangkan bukan, betapa eksotis pemandangan yang terpampang di telaga ini?

Selain menikmati pemandangan yang sangat indah, di sini kamu juga bisa melihat air telaga yang sangat bersih dan jernih. Hanya saja, dikarenakan masih merupakan objek wisata yang baru, tempat ini masih belum banyak dikunjungi.

Untuk kamu yang suka berfoto, ada gazebo dengan latar belakang perbukitan dan telaga yang bisa dijadikan spot foto menarik. Tentu, kamu akan memiliki kesan liburan yang tak terlupakan di tempat ini.

  • Lokasi        : Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.
  • Harga tiket : Tiket masuk Rp 31.000, Parkir Rp 5.000
  • Jam buka   : 07.00 – 18.00 WIB

2. Panorama Papangbon

Panorama Papangbon

Destinasi wisata outdoor Bogor menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Panorama Papangbon. Bisa dikatakan jika destinasi wisata ini merupakan spot yang sangat tepat untuk menikmati pemandangan berupa bentang alam dan hutan di kawasan Bogor.

Panorama Papangbon sendiri merupakan puncak hutan pinus. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali spot foto yang begitu mengesankan di tempat ini. Beberapa spot foto bahkan disediakan secara langsung oleh pengelola setempat untuk memberikan hasil jepretan yang maksimal.

Hanya saja, karena berada di kawasan puncak, jalan menuju ke Panorama Papangbon cukup terjal. Oleh karenanya, pastikan jika kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi sehat!

  • Lokasi        : Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat
  • Harga tiket : Tiket masuk gratis, Parkir Rp 5.000
  • Jam buka   : 06.00 – 17.00 WIB

3. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung juga masuk dalam daftar destinasi wisata outdoor Bogor yang harus kamu kunjungi. Bahkan, destinasi wisata ini memiliki julukan Little Green Canyon karena kemiripan destinasi wisata ini dengan Green Canyon.

Di Curug Cikuluwung, kamu akan disambut oleh sungai dengan air yang sangat jernih dan diapit dinding batu raksasa. Nah, selain melihat pemandangan yang indah, kamu bisa bermain air sepuasnya dan merasakan sensasi kesegarannya!

  • Lokasi        : Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor
  • Harga tiket : Tiket masuk gratis, Parkir Rp 5.000
  • Jam buka   : 06.00 – 17.00 WIB

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Untuk para pecinta alam, Taman Wisata Alam Gunung Pancar bisa menjadi salah satu ide wisata outdoor Bogor yang wajib dikunjungi.

Ya, kawasan taman wisata ini memiliki hamparan hutan pinus yang sangat luas dengan pohon pinus yang berukuran besar. Tentu saja, kamu akan merasakan udara yang sangat sejuk ketika berada di tempat ini.

Di area taman wisata juga ada beberapa wahana permainan yang menarik. Juga, ada spot pemandian air panas yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata ini.

  • Lokasi        : Kp. Ciburial Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Harga tiket : Rp 5.000 (Senin – Jumat), Rp 7.500 (Sabtu – Minggu)
  • Jam buka   : 08.00 – 17.00 WIB

Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata Hits Magelang yang Keren

5. Wisata Gunung Batu Jonggol

Jika kamu ingin berwisata sambil hiking, salah satu destinasi wisata di bogor yang menarik untuk dikunjungi adalah Wisata Gunung Batu Jonggol. Dengan ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, gunung ini tidak begitu tinggi untuk didaki.

Hanya saja, terdapat trek yang cukup menantang adrenaline untuk dilalui. Selain itu, ketika sampai di puncak, kamu akan disambut dengan hamparan hutan menghijau yang akan memanjakan mata dan menghilangkan rasa lelah setelah mendaki.

  • Lokasi        : Sukaharja, Sukamakmur, Bogor
  • Harga tiket : Rp 15.000
  • Jam buka   : 24 jam

6. Danau Quarry

Danau Quarry

Ingin berlibur di wisata outdoor Bogor yang indah dan murah meriah? Danau Quarry bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan, cukup banyak wisatawan yang menyebut destinasi wisata ini sebagai salah satu destinasi wisata yang Instagramable karena keindahannya.

Pasalnya, kamu yang berada di danau ini bisa melihat keindahan permukaan danau yang berwarna kebiruan. Tidak hanya itu, di sekitar danau juga terdapat bukit-bukit yang indah dan menjulang untuk dijadikan latar foto.

  • Lokasi        : Tegalega, Cigudeg, Bogor
  • Harga tiket : Rp 2.000
  • Jam buka   : 24 jam

7. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Destinasi wisata outdoor Bogor yang pas untuk kamu yang ingin melepas penat dan lelahnya bekerja serta mencari ketenangan selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Gunung Peyek.

Bogor memang dikenal memiliki cukup banyak pemandian air panas dan spot ini termasuk salah satu yang sangat populer.

Perlu diketahui bahwa Pemandian Air Panas Gunung Peyek merupakan spot pemandian air panas alami. Ada kolam alami yang bisa digunakan untuk berendam sepuasnya. Selain itu, di sekeliling lokasi ini terdapat pepohonan hijau nan menjulang yang menjadi daya tarik tersendiri.

  • Lokasi        : Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bojong Indah, Parung, Bogor
  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 24 jam

8. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan Kebun Raya Bogor? Bisa dikatakan bahwa destinasi wisata outdoor Bogorini sudah menjadi ikon kota Bogor bahkan Indonesia di kancah wisata internasional.

Memiliki luas hingga 87 hektare, Kebun Raya Bogor adalah rumah bagi berbagai flora yang ada di Indonesia. Menurut informasi, ada lebih dari 15.000 spesies tanaman yang ada di kebun ini.

Tidak hanya itu, Kebun Raya Bogor menawarkan beragam spot wisata menarik yang tentu sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.

  • Lokasi        : Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor
  • Harga tiket : Rp 15.000
  • Jam buka   : 08.00 – 17.00 WIB

9. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta juga bisa dijadikan ide destinasi wisata menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Pura yang satu ini termasuk salah satu pura terbesar yang ada di Indonesia dengan kondisi bangunan yang masih sangat bagus hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta terletak di kawasan dataran tinggi yang lapang dan sangat luas. Di area pura, terdapat banyak space yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Selain itu, ada beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk melihat keindahan Gunung Salak.

  • Lokasi        : Kampung Warungloa RT03/09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, kaki Gunung Salak.
  • Harga tiket : gratis
  • Jam buka   : 07.00 – 17.00 WIB

10. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung

Bogor dikenal sebagai salah satu daerah dengan banyak air terjun atau curug yang indah. Salah satu curug tersebut adalah Curug Leuwi Cibaliung. Memang, mata air terjun di curug ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi, namun sangat jernih.

Selain itu, apa yang menarik dari Curug Leuwi Cibaliung adalah adanya dinding batu yang membentuk seperti lingkaran di sekitar area air terjun. Dengan kedalaman yang aman untuk berenang, para pengunjung bisa puas berendam dan bermain air yang jernih dan terasa dingin di kolam alami tersebut.

  • Lokasi        : Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
  • Harga tiket : Rp 15.000 untuk masuk wilayah Leuwi Hejo dan Rp 5.000 untuk masuk ke Leuwi Cibaliung.
  • Jam buka   : 07.00 – 17.00 WIB

Baca juga: 4 Destinasi Desa Wisata Banyuwangi yang Patut Dikunjungi

11. Curug Cilember

Rekomendasi destinasi wisata outdoor Bogor lain yang tak kalah menarik dan bisa dijadikan ide liburan bersama keluarga adalah Curug Cilember. Ya, destinasi wisata ini cukup populer di Bogor karena keindahannya.

Apa yang menjadikan Curug Cilember banyak dikunjungi wisatawan adalah adanya tujuh tingkatan air terjun yang sangat indah. Tidak hanya itu, air terjun di Curug Cilember ini memiliki debit air yang cukup deras dan besar. Juga, akses jalan menuju ke lokasi air terjun cenderung sudah bagus dan mudah untuk dilewati.

  • Lokasi        : Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
  • Harga tiket : Rp 12.000
  • Jam buka   : 07.00 – 17.00 WIB

12. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang adalah salah satu wisata outdoor Bogor yang belum banyak diketahui. Lokasinya yang cukup jauh dengan pusat kota barangkali menjadi alasan kenapa destinasi wisata ini belum terjamah. Padahal, Goa Agung Garunggang memiliki pemandangan alam yang begitu mempesona.

Kamu yang berkunjung ke lokasi ini tidak hanya bisa menikmati keindahan goa alami dengan dinding batu yang menjulang. Di sekitar goa, juga ada air terjun yang cukup deras serta kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air.

  • Lokasi        : Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul.
  • Harga tiket : gratis
  • Jam buka   : 24 jam

13. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Satu lagi destinasi wisata outdoor Bogor yang mengesankan dan cocok untuk liburan bersama keluarga adalah Paralayang Bukit Gantole Puncak. Seperti namanya, destinasi ini pas untuk kamu yang ingin mengetes keberanian dengan terbang menggunakan Paralayang.

Namun, selain daya tarik dari Paralayang, destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kamu bisa menikmati hamparan hutan Bogor yang sangat asri dan juga udara yang begitu segar dari atas bukit.

  • Lokasi        : Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, West Java, Tugu Sel., Cisarua, Bogor
  • Harga tiket : Rp 13.000 (tarif masuk), Rp 350.000 (per penerbangan)
  • Jam buka   : 08.00 – 17.00 WIB

Itu dia beberapa destinasi wisata outdoor Bogor yang sangat menarik dan bisa dijadikan ide wisata yang menyenangkan bersama dengan keluarga tercinta. Jadi, kamu dan keluarga mau liburan ke mana?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like