11 Rekomendasi Tempat Wisata Hits Magelang yang Keren

Wisata Hits Magelang
Berkunjung ke kota Magelang tapi masih bingung mau coba wisata apa? Berikut daftar destinasi wisata hits Magelang yang indah dan mempesona.

Thecronutproject.com – Apa saja tempat wisata di kota Magelang yang sedang ramai? Daftar wisata hits Magelang dibawah ini bikin adem dan segar pikiran.

Magelang sendiri merupakan salah satu kota atau kabupaten di Jawa Tengah. Berbagai wisata hits Magelang mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata buatan, semuanya wajib dikunjungi saat kamu berlibur.

Kota ini memang sangat populer dengan wisata Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Akan tetapi, ternyata kota sejuta bunga ini juga menyimpan banyak sekali spot-spot wisata alam yang keren dan masih asri.

Daerah yang identik dengan pegunungan, perbukitan dan udaranya yang sejuk memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi masyarakat Jawa Tengah, khususnya Magelang terkenal dengan keramahannya. Dijamin kamu akan betah berlama-lama menikmati setiap destinasi wisata di Magelang.

Lantas mana saja sih wisata hits Magelang yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur ke sana?

Destinasi Wisata Hits Magelang yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Nah, berikut ini beberapa destinasi yang tak boleh kamu lewatkan ketika travelling di Magelang.

1. Candi Borobudur

Wisata Magelang Candi Borobudur

Wisata hits Magelang pertama yang wajib dikunjungi adalah Candi Borobudur. Tidak hanya hits di kalangan pelancong lokal saja, salah satu keajaiban dunia ini tentu saja sudah populer di telinga wisatawan seluruh dunia.

Berlokasi di Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Di sana kamu bisa menikmati cahaya orange matahari terbenam dan melihat sekitar kawasan candi dari ketinggian.

Selain dijadikan sebagai wahana rekreasi keluarga, pasangan atau sahabat, Candi Borobudur juga bisa menjadi tempat belajar sejarah. Jika ingin berkunjung siapkan uang membeli tiket dengan harga Rp 50.000 untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp 25.000 untuk usia 3 hingga 10 tahun.

Datanglah pada jam operasional, yakni pukul 08.00 sampai 16.00.

2. Punthuk Mangir Gunung Payung

Punthuk Mangir Gunung Payung

Punthuk Mangir Gunung Payung merupakan salah satu wisata di Magelang yang lagi hits di tahun 2022 ini.

Wisata alam yang beralamat di Dusun Bulusari, Desa Bawang, Tempuran, Magelang ini menawarkan panorama alam dari atas gardu pandang yang sangat mempesona. Seperti wisata alam pada umumnya, di sana kamu akan menemukan berbagai spot foto yang Instagramable.

Tidak hanya itu, banyak juga spot spot yang menarik seperti rumah hobbit, telepon umum ala jalanan London hingga wahana adventure flying fox yang akan menantang keberanian kamu. Memang, wahana flying fox di sini tidak terlalu tinggi karena mempertimbangkan keselamatan, namun tetap saja jika ke punthuk Mangir rasanya belum puas jika belum naik flying foxnya!

Untuk bisa menikmati semua fasilitas dan spot yang ada, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk parkir roda 2, sementara untuk mobil hanya Rp 5000. Sangat murah bukan?

Wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga sore hari, buruan kunjungi dan coba sensasi udara dinginnya Magelang dari atas punthuk Mangir.

Baca juga: 4 Destinasi Desa Wisata Banyuwangi yang Patut Dikunjungi

3. Awang–Awang Sky View

Awang–Awang Sky View

Daerah dengan pegunungan dan perbukitan memang paling indah dinikmati dari ketinggian. Ya, Awang-awang Sky View adalah salah satu tempat wisata hits Magelang yang memiliki latar hamparan hutan pinus dan pegunungan.

Wisatawan dapat melihat gunung Telomoyo, Sumbing, Andong, Merbabu dan juga Sindoro. Selain itu, terdapat juga berbagai spot foto yang patut kamu coba, salah satunya adalah gardu pkamung dek kaca yang sangat indah untuk menikmati alam Magelang dari ketinggian.

Terletak di daerah Hutan, Keditan, Ngablak, kabupaten Magelang, Awang–Awang Sky View memiliki harga tiket masuk yang sangat bersahabat yakni Rp 15 ribu saja per orang. Wisatawan bisa datang kapan saja karena wisata alam ini dibuka selama 24 jam.

4. Top Selfie Pinusan Kragilan

Selalu menghadirkan wisata alam dengan harga yang terjangkau dan pemandangan yang memukau, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 10 ribu saja untuk bisa masuk ke kawasan wisata Top Selfie Pinusan Kragilan.

Destinasi wisata hits Magelang yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang ingin merefresh otak dan libur dari huru-hara pekerjaan yang padat. Berlokasi di Desa Pogalan, Pakir, Kabupaten Magelang, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan untuk berburu foto.

Memiliki latar hamparan pohon pinus yang tinggi dan simetris, membuat hasil foto kamu seperti di luar negeri. Dijamin spot-spot foto yang tersedia instagramable dan aesthetic. Sementara untuk jam operasionalnya, Top Selfie Hutan Pinus ini  buka mulai pukul 7 pagi sampai jam 6 sore.

5. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu, wisata hits magelang

Ingin merasakan sensasi berlibur seperti di Belanda? Taman Ramadhanu merupakan sebuah destinasi wisata Magelang 2022 dengan hamparan bunga bermekaran dan kincir angin seperti di Belanda.

Pengunjung bisa sekadar menikmati keindahannya atau berburu spot foto untuk mengisi feed sosial media.

Taman hits yang satu ini berada di Dusun Danurojo, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari berbagai arah, tidak heran jika selalu diserbu wisatawan. Buka selama 24 jam, pengunjung hanya perlu membayar Rp 8 ribu saja per orang.

6. Punthuk Setumbu

Setelah berkunjung ke Belanda-nya Indonesia, bagaimana jika selanjutnya ke Myanmar? Yap, Punthuk Setumbu menjadi destinasi wisata hits Magelang yang berada di ketinggian 400 mdpl. Kamu akan menikmati pemandangan alam yang mempesona, sejuk, asri dan juga teduh.

Selain melihat deretan perbukitan yang hijau dan menyegarkan mata bak pemandangan di Myanmar, kamu juga bisa akan melihat Candi Borobudur dari ketinggian.  Wisata alam yang indah ini ada di Dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, lokasinya juga tidak jauh dari kawasan candi.

Buka setiap hari dari jam 04.00 – 17.00, siapkan saja uang tiket Rp 15.000 per orang untuk bisa menikmati keindahannya. Tersedia juga banyak spot foto yang keren-keren.

Bagi kamu yang ingin berkeliling dengan mobil dan berfoto liburan ala-ala sultan, kamu cukup membayar tambahan Rp 10.000 saja. Sangat murah, bukan?

7.  Silancur Highland

Wisata Silancur Highland Magelang

Pemandangan alam dengan pegunungan di lereng gunung memang selalu berhasil menghipnotis mata dan suasananya menangkan jiwa.

Silancur Highland juga menyuguhkan pemandangan sunrise yang menawan. Jadi tidak heran jika sebelum fajar saja wisata hits Magelang yang satu ini sudah selalu ramai pengunjung.

Berlokasi di Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Silancur Highland adalah sebuah bukit dengan taman bunga dan juga café. Kapan lagi bisa menikmati kopi dengan udara yang sejuk, pemandangan indah, apalagi jika datang bersama orang yang tepat.

Untuk bisa menikmati pesona matahari terbit dari lereng Sumbing, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, cukup Rp 10.000 saja. Sementara untuk kamu yang ingin mencoba menikmati indahnya gemerlap lampu Magelang di malam hari, Silancur Highland juga bisa menjadi tempat camping yang cozy.

Baca juga: Peluang Usaha Perjalanan Wisata: Definisi dan Jenisnya

8. Nepal Van Java

Ada apalagi di Magelang? Yak, pemandangan dan suasana khas Nepal bisa kamu nikmati di sini. Berada di Dusun Butuh, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Nepal Van Java berapa di ketinggian 1.600 mdpl dan merupakan dusun tertinggi di Magelang.

Disebut sebagai Nepal-nya Jawa, karena wisata hits Magelang ini merupakan pedesaan di lereng gunung Sumbing dengan rumah bertumpuk-tumpuk layaknya perumahaan pedesaan Nepal. Pengunjung akan menikmati keindahan pesona Gunung Sumbing, udaranya yang sejuk, bersih dan tentu saja masih asri.

Untuk berkunjung ke Nepal Van Jawa, pastikan kamu memperhatikan jam kunjungan, mengingat ini adalah wilayah tempat tinggal penduduk. Datanglah pada jam 07:00 – 17:00 melalui gerbang pendakian Gunung Sumbing. Jadi, para wisatawan bisa mendaki Gunung sekaligus wisata ke Nepal, jangan lupa membayar uang masuk sebesar Rp 15.000.

9. Kedung Kayang

Kedung Kayang

Suka berpetualang? Ingin wisata sembari olahraga membakar lemak sisa lebaran? Kedung Kayang bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata hits Magelang yang wajib kamu datangi. Untuk sampai ke lokasi air terjun memang membutuhkan perjuangan dan waktu yang cukup lama, yakni wisatawan harus berjalan kaki selama 20 menit.

Meskipun melelahkan, namun semuanya akan terbayar lunas saat kamu sampai ke lokasi. Suguhan pemandangan air terjun yang indah, pemandangan alam yang eksotis dan asri.

Suasana serupa tentu saja tidak akan kamu dapatkan di perkotaan yang justru identik dengan keramaian dan suara riuh, jadi nikmati betul suasananya saat kamu berkunjung ke Kledung Kayang ya.

Wisata tersebut berlokasi di Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang dan menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan pesona Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Siapkan uang untuk tiket masuk Rp 6.000 saja agar bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang cukup lengkap dan bersih di Kledung Kayang.

10. Svarga Bumi

Rekomendasi wisata hits Magelang yang paling pas dikunjungi di pagi dan sore hari adalah Svarga Bumi.

Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan pesona yang indah seperti surga di bumi. Saat siang hari Svarga Bumi juga masih ramai pengunjung, namun waktu tersebut tidak direkomendasikan bagi kamu yang tidak suka suasana panas dari terik matahari.

Berada di lokasi yang tidak jauh dari Borobudur, Svarga Bumi ada di Jalan Borobudur–Ngadiharjo, Sawah, Magelang. Buka setiap hari kecuali Kamis mulai pukul 08.00 – 18.00. untuk weekend atau hari Sabtu dan Minggu, Svarga Bumi buka pukul 06.30 dan tutup di jam yang sama.

Untuk menikmati 22 spot foto dengan background aesthetic berupa hamparan sawah, pengunjung dewasa perlu membayar Rp 25.000 dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Cukup terjangkau mengingat spot foto dan fasilitas yang ditawarkan.

Adapun spot foto kamulan wisata ini adalah kayu berukir dengan background candi Borobudur dan Bukit Menoreh di belakangnya yang terlihat dengan jelas. Ada juga kursi gantung, area bean bag, ayunan, kolam estetik dan lain sebagainya.

11. Gereja Ayam

Ingin menikmati pemandangan alam Magelang dari ketinggian sekaligus menyaksikan sunrise? Silahkan datang ke Gereja Ayam Bukit Rhema, tepatnya di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Kamu bisa datang setiap hari mulai pukul 05.00 – 17.00 dengan membayar kontribusi sebesar Rp 20 ribu per orang. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, namun Gereja Ayam Bukit Rhema ini juga dijadikan sebagai wisata umum.

Dari sana, kamu dapat menikmati pemandangan alam sembari ngopi cantik bahkan makan dengan menu yang resto sajikan. Jangan lewatkan kesempatan hunting foto kece dari puncak kepala Gereja Ayam, dijamin keren.

Jadi itulah 11 wisata hits Magelang yang wajib kamu coba dan kunjungi. Semuanya identik dengan pemandangan alam yang memukau dan pastinya harga tiket yang terjangkau.

Ajak orang tersayang untuk mencetak memori yang akan selalu dikenang. Siapkan juga kamera dan pose kamulan untuk berburu foto ala selebgram! 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like