7 Peluang Usaha Unik di Desa yang Menguntungkan

Usaha Unik di Desa
Membuka usaha di desa tentu harus memikirkan target pasarnya. Jangan khawatir, berikut ini contoh usaha unik di desa yang menguntungkan.

Thecronutproject.com – Ada banyak ide usaha unik di desa yang bisa menjadi inspirasi dan menghasilkan profit.

Siapa bilang sukses itu harus merantau di kota? Hidup di desa juga menjanjikan jika kamu mau berusaha.

Buat yang bingung mau bisnis apa, bisa mencoba usaha unik di desa dengan modal minim namun tetap menguntungkan di bawah ini.

Kuncinya adalah serius, konsisten, disiplin, dan tidak mudah menyerah, maka kamu pun akan bisa sukses.

Ide Usaha Unik di Desa

Berbisnis bisa menjadi pilihan bagi yang sudah bosan jadi pegawai atau ingin mencoba peruntungan dengan berwiraswasta. Setelah resign atau pulang dari perantauan, kamu bisa memulai bisnis yang unik dan menjanjikan.

Tentu tergantung kebutuhan dan karakteristik konsumen yang menjadi target pasar di desa kamu.

1. Penginapan Khas Pedesaan

Penginapan

Salah satu inspirasi ide usaha unik di desa yang patut kamu pertimbangkan adalah bisnis penginapan.

Tujuan wisata masyarakat kota biasanya adalah memilih tempat-tempat yang berbau alam dan pedesaan yang masih segar udaranya.

Jika tempat tinggal kamu dekat dengan kawasan wisata, maka bisa mencoba peruntungan bisnis ini. Caranya dengan menyediakan tempat tinggal yang disulap menjadi penginapan.

Kamu bisa mendesain rumah sendiri atau membangun rumah baru dengan konsep penginapan yang unik dan dekat dengan kehidupan desa.

Sediakan properti menunjang seperti sepeda, makanan ala pedesaan, dan lainnya. Promosikan melalui media sosial atau platform khusus untuk sewa penginapan bagi wisatawan.

2. Usaha Pupuk dan Pestisida

Masyarakat di pedesaan mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani. Itu artinya kebutuhan akan pupuk dan pestisida menjadi salah satu kebutuhan pokok mereka untuk tetap bisa bercocok tanam.

Kamu bisa membuka usaha di desa dengan berjualan bisnis pupuk yang sangat membantu kebutuhan para petani.

Target marketnya jelas yakni petani yang tinggal di desa atau sekitarnya. Usahakan untuk menjual produk selengkap mungkin dan buat value berbeda dengan promo-promo seperti diskon, giveaway, dan lainnya untuk menarik pelanggan.

Jika sudah mendapatkan pelanggan tetap, maka peluang repeat order pun tinggi.

3. Budidaya Ikan Lele

Ternak ikan lele di ember

Budidaya ikan lele termasuk bisnis yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu banyak membutuhkan modal.

Kamu bisa membuka lahan untuk tambak ikan lele di sekitar pekarangan rumah. Semakin banyak modal, maka semakin luas lahan yang bisa dibangun. Itu artinya omzet yang didapatkan pun bisa lebih tinggi.

Sebelum memulai bisnis ini pastikan sudah mempelajari cara beternak lele agar bisa panen dengan maksimal.

Panduan: Cara Ternak Ikan Lele di Ember (Perlengkapan dan Metode)

Target pasar yang bisa kamu dapatkan mulai dari tetangga di sekitar rumah, pengunjung pasar, atau bekerja sama dengan pelaku usaha kuliner lele. Bergabunglah dengan komunitas peternak lele untuk mendapat banyak ilmu.

4. Membuka Usaha Kafe di Desa

Tempat nongkrong di desa tentu saja tidak sebanyak di kota. Sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik untuk kamu coba.

Manfaatkan rumah tempat tinggal atau bisa dengan menyewa ruko yang dekat di jalan. Buat cafe dengan ciri khas unik yang dekat dengan karakter anak muda.

Tambahkan fasilitas tambahan seperti Wi-Fi, live music, perpustakaan, dan lain sebagainya. Buat menu dengan cita rasa makanan yang khas dan lezat.

Jangan lupa untuk mendekornya se-instagrammable mungkin. Sehingga target marketnya lebih luas tidak hanya penduduk di desa tersebut saja.

5. Jasa Les Privat

Jasa les privat sama saja dengan bisnis kursus namun sifatnya personal. Usaha di desa tanpa modal ini cukup menjanjikan untuk kamu coba dengan target pelajar SD, SMP, hingga SMA.

Apalagi saat proses kegiatan belajar mengajar masih daring seperti saat ini yang mana mungkin saja banyak orang tua kewalahan mengajar sendiri.

Oleh karena itu, manfaatkan peluang tersebut dengan membuka jasa les privat dengan mata pelajaran yang kamu kuasai.

Usaha les privat ini bisa dengan door to door ke rumah murid langsung atau bisa juga dengan mendatangkan murid ke rumah kamu. Untuk biayanya kamu bisa menerapkan berdasarkan kesepakatan jam.

6. Usaha Unik YouTuber Pedesaan

Ide bisnis unik di desa modal minim adalah dengan menjadi YouTuber pedesaan dengan ciri khas tersendiri.

Kamu bisa mengambil video kegiatan sehari-hari di desa dan menunjukkan kepada penonton bagaimana serunya tinggal di desa. Buat video yang menarik agar mendatangkan banyak view.

Contoh YouTuber pedesaan sukses yang bisa jadi referensi adalah Li Zi Qi. Dia adalah seorang YouTuber dari Cina yang berhasil sukses meraih jutaan subscriber dengan konten khusus tentang alam dan desa tempat tinggalnya.

Pemandangan khas pedesaan yang ditampilkan membuat siapa saja yang melihat menjadi tertarik.

Baca juga: Usaha Kecil Kecilan di Desa yang Menguntungkan

7. Jual Mainan Anak

Untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di pedesaan, kamu bisa mencoba berjualan mainan anak-anak. Sehingga mereka bisa membeli mainan tanpa harus pergi ke kota. Tentu ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan apalagi jika belum ada pesaingnya.

Caranya bisa dengan membuka lapak usaha di pinggir jalan atau di rumah sendiri. Beli barang dagangan secara grosir di perkotaan dan jual di lapak sendiri. Pilihlah mainan yang sedang banyak diminati.

Ide usaha unik di desa ini bisa menguntungkan asal kamu menjual dengan harga terjangkau dan produk lengkap. Banyak ide bisnis usaha unik di desa yang bisa kamu coba.

Tinggal di desa bukan berarti tidak bisa sukses. Kamu pun memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha souvenir
Read More

Cara Usaha Souvenir

Usaha souvenir atau cenderamata merupakan salah satu peluang usaha yang mendatangkan keuntungan. Bagi pemula, berikut cara usaha souvenir agar berjalan lancar.