6 Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Usaha ternak modal 300 ribu
Membuka usaha ternak tentu harus memikirkan modal dan untungnya. Berikut ini contoh usaha ternak modal 300 ribu yang paling menguntungkan.

Thecronutproject.com – Di masa pandemi ini, bisnis peternakan semakin menarik minat masyarakat. Banyak orang berlomba untuk merintis peternakan, salah satunya dengan mencoba usaha ternak modal 300 ribu.

Salah satu Guru Besar Fakultas Peternakan IPB, Prof. Luki Abdullah, menyatakan bahwa sejak pandemi COVID-19 terjadi, bisnis peternakan, khususnya di kalangan milenial, makin berkembang dan menarik banyak peminat.

Ia menambahkan bahwa usaha ternak ramai peminat karena dirasa menguntungkan. Hal ini dikarenakan hanya dengan tren masa kini yaitu beternak ala rumahan dengan modal kecil, keuntungan yang dapat diraup tak main-main.

Usaha Ternak Modal 300 Ribu Untung Banyak

Penasaran apa saja yang dapat contoh usaha peternakan kamu tiru di rumah? Simak deretan rekomendasi usaha ternak dengan modal 300 ribu berikut ini.

1. Usaha Ternak Lele Modal 300 Ribu 

Usaha peternakan modal 300 ribu yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak menarik perhatian beragam kalangan. Bagaimana tidak, permintaan pasar terhadap ikan ini seakan tak pernah surut.

Selain itu, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari masyarakat karena harganya yang murah serta bergizi tinggi.

Melansir Healthline.com, ikan ini memiliki kandungan kalori relatif rendah, protein rendah lemak, vitamin, serta mineral. 

Sebagai usaha, ikan ini pun termasuk murah karena daya tahan ikan lele terhadap penyakit serta lingkungan minim oksigen termasuk kuat. Hal ini dapat menekan biaya perawatan ikan.

Bahkan, hanya dengan modal Rp 300 ribu saja, kamu sudah bisa beternak ikan lele. Bermodalkan kolam terpal atau drum berukuran kecil, kamu bisa mulai beternak bibit lele dengan jumlah sedikit.

Ingin tahu budidaya lele di ember? Baca artikel cara ternak lele di ember

Masa panen lele terbilang cepat dan permintaan pasarnya pun relatif stabil, sehingga hanya dengan modal sedikit kamu bisa meraup keuntungan besar.

2. Usaha Ternak Kambing

Membuka usaha ternak kambing dengan modal Rp 300 ribuan? Memangnya masuk akal? Tentu saja!

Untuk merintis usaha ternak kambing dengan modal kecil, kamu bisa mencoba bekerja sama dengan penjual kambing. Coba ajukan penawaran dengan sistem bagi hasil.

Kamu bisa menawarkan diri menjadi pihak yang merawat kambing-kambing tersebut. Sedangkan, si penjual bisa menjadi pihak yang memasarkan ternak kambingnya.

Ternak kambing untungnya berapa? Jawabannya ada di artikel keuntungan ternak kambing

Dengan begitu, kamu tak perlu repot menyiapkan kandang karena sudah tersedia. Hal isi bisa menekan modal awalmu dalam beternak kambing.

Seiring berjalannya waktu, jika hasil penjualan kambing sudah terkumpul, kamu bisa mulai mencicil untuk membangun peternakan kambing pribadi dengan skala yang lebih besar.

3. Usaha Ternak Jangkrik

Usaha ternak jangkrik merupakan pilihan usaha ternak modal 300 ribu yang harus di pertimbangkan. Karena usaha ini sangat menggiurkan mengingat banyaknya peminat untuk pakan burung, ikan dan lainnya.

Siapa sangka hewan yang dulunya sering kita jumpai di mana saja ini kini berubah menjadi salah satu komoditas bisnis yang termasuk mahal harganya.

Salah satu faktor penyebab mahalnya harga jangkrik adalah karena tingginya permintaan pasar. Masyarakat, terutama pemelihara burung dan ikan hias, percaya bahwa jangkrik merupakan makanan berkualitas untuk hewan peliharaan mereka.

Tingginya permintaan pasar menjadi peluang menjanjikan untuk para calon peternak. Hanya dengan modal tak lebih dari Rp 300 ribu, kamu pun bisa merintis usaha ternak jangkrik.

Yang perlu kamu siapkan adalah kotak jangkrik minimal tiga buah, tempat bekas telur ayam, voer ayam, sayuran, serta telur jangkrik.

Hanya dengan bekal modal kecil, kamu bisa mulai membuka usaha ternak modal kecil lahan sempit untuk jangkrik dengan skala kecil-kecilan.

Seiring berjalannya waktu, jangkrik-jangkrik yang kamu ternakkan akan berkembang biak dengan pesat dan kamu akan bisa segera balik modal dan meraup untung.

Untung tersebut bisa kamu gunakan untuk mengembangkan skala usahamu menjadi lebih besar lagi.

4. Usaha Ternak Ayam

Bermodalkan Rp 300 ribu, kamu sudah bisa memulai usaha ternak ayam, misalnya ayam kampung dengan skala kecil.

Untuk kandang, kamu cukup membangun semi-kandang dengan jaring maupun pagar kayu kecil untuk menjaga ayam. Bagi kamu yang memiliki area halaman luas, kamu bisa memanfaatkannya sebagai area bebas agar ayam bisa berkeliaran.

Namun, harus tetap di bawah perawatan serta pengawasan yang teratur, ya.

Sebagai peternak, kondisi kesehatan hewan ternak yang tergantung pada pakan serta lingkungan kandang merupakan hal esensial yang wajib kamu perhatikan.

Jika kamu memperhatikan intensitas serta kualitas pakan serta pemantauan kesehatan ayam akan bahaya penyakit secara rutin, maka usaha ternak ayam kampungmu akan bisa balik modal dengan sendirinya karena kualitas tak pernah bohong.

5. Peternakan Burung Puyuh

Jika sudah punya lahan sendiri, modal 300 ribu kamu sudah bisa membuka usaha ternak burung puyuh.

Sekalipun kebutuhan akan telur puyuh tidak sebanyak ayam, tapi beternak telur puyuh di masa pandemi juga tidak kalah prospek.

Selain memiliki rasa yang gurih dan kaya akan berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh, telur puyuh juga bisa diolah menjadi berbagai macam aneka olahan kuliner yang lezat.

Permintaan telur puyuh tidak hanya sebatas usaha warung makan atau restoran. Tapi juga dari ibu rumah tangga untuk diolah menjadi makanan rumahan yang enak.

6. Usaha Ternak Udang

Permintaan seafood dari berbagai restoran atau rumah makan yang khusus menyajikan makanan laut sangat tinggi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa beternak udang merupakan salah satu usaha ternak modal 300 ribu yang masih prospek di tengah pandemi.

Selain digunakan untuk memenuhi permintaan para pemilik usaha restoran seafood, udang juga banyak diolah menjadi makanan lain seperti peyek udang, terasi, dan kerupuk.

Beternak udang tidak sesulit yang dibayangkan. Dimana harus membuka lahan tambak udang yang luas. Kamu bisa beternak udang dengan menggunakan terpal seperti

Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencoba beternak salah satu hewan yang telah disebutkan di atas?

Baik itu usaha ternak ayam, kambing, jangkrik, maupun lele, semuanya dapat kamu lakukan di rumah, bahkan dengan modal kecil dan lahan sempit sekalipun.

Rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu tersebut dapat kamu pakai sebagai inspirasi dan gambaran usaha ternakmu di masa depan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like