10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa yang Prospektif

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Membuka usaha sampingan tentu harus memikirkan keuntungannya. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Thecronutproject.com – Usaha sampingan ibu rumah tangga sangat beragam jenisnya. Walaupun tinggal di pedesaan, pekerjaan sampingan di bawah ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

Anda seorang ibu rumah tangga yang tinggal di desa dan membutuhkan penghasilan tambahan? Kami punya beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang mungkin salah satunya cocok untuk Anda.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Berikut sudah kami rangkum usaha sampingan apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga.

1. Guru Les Privat

Les privat

Usaha berbasis jasa ini cocok untuk Anda yang punya kemampuan mengajar. Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga ini juga tergolong fleksibel. Bahkan Anda bisa memulai usaha ini tanpa modal yang besar.

Bahkan penghasilan guru les privat tergolong lebih tinggi daripada guru di sekolah biasa. Terlebih jika jasa Anda sudah dipercaya oleh banyak orang.

Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat belajar. Atau bisa juga mengajar dengan mendatangi langsung rumah siswa, tergantung keinginan orangtua siswa.

2. Usaha Sampingan Jualan Makanan Ringan

Usaha makanan ringan

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang menguntungkan adalah berjualan makanan ringan. Jika Anda pandai mengolah makanan, maka tidak ada salahnya untuk memilih ide usaha yang satu ini.

Ada banyak rekomendasi usaha cemilan untuk ibu rumah tangga. Silahkan Anda pilih sesuai keahlian mulai dari keripik, kue, dan masih banyak lainnya.

3. Berjualan Pulsa/Kuota

Usaha konter pulsa dan kuota

Kini berjualan pulsa tidak harus punya tempat strategis di pinggir jalan.  Anda bisa memulainya meskipun harus tetap di rumah. 

Pemasaran bisnis ini bisa melalui Whatsapp maupun Facebook. Cocok untuk usaha sampingan meskipun pemasaranya tidak terlalu luas.  

Baca juga: Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Selain pulsa dan kuota, Anda juga bisa menyediakan jasa pembayaran iuran bulanan. Misalnya seperti pembayaran token listrik, PDAM, dan sebagainya. Pasalnya agen pulsa kini sudah mencakup listrik, PDAM, dan pembayaran online lainnya.

4. Menjual Barang Secara Online

Mencari supplier terpercaya

Saat ini, desa di Indonesia bukanlah tempat yang tertinggal. Jaringan internet 4G hingga internet fiber optic juga sudah tersedia. Fasilitas tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana usaha.

Bisnis online bisa menjadi salah satu peluang usaha ibu rumah tangga sukses. Terlebih jika Anda punya produk yang potensial untuk dijual secara online.

Meski begitu, bagi yang belum punya produk sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya Anda bisa menjadi seorang reseller yang menjual produk milik orang lain dengan selisih harga berbeda.

5. Bisnis Menjual Aneka Jenis Kue

Usaha jualan kue

Kue tidak hanya sekedar makanan yang pas disajikan di saat santai. Kue juga bisa menjadi simbol pada perayaan-perayaan tertentu, seperti kue ulang tahun. Artinya bisnis ini memiliki potensi pasar yang cukup luas.

Berjualan aneka kue bisa menjadi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan. Bahkan bisnis ini juga tergolong prospektif untuk jenis bisnis utama.

6. Menjahit Pakaian ala Ibu Rumah Tangga

Usaha sampingan menjahit pakaian

Bisnis jasa ini tergolong masih prospektif di pedesaan. Jasa menjahit tidak hanya sekedar membuat baju saja. Jasa tersebut juga meliputi memperbaiki pakaian yang rusak, terlalu besar, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Pekerjaan ini bisa Anda jalankan di rumah. Modalnya pun cukup kecil, yaitu hanya modal untuk membeli mesin jahit dan peralatan-peralatan menjahit lainnya.

7. Bisnis Catering di Desa

Usaha Katering

Membuka usaha catering di pedesaan tergolong sangat prospektif. Terlebih jika Anda punya keahlian memasak.

Usaha ini biasanya menyasar berbagai kalangan, mulai dari untuk acara pernikahan, pengajian, arisan, dan lainnya. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan produk makanan Anda ke perusahaan-perusahaan yang sering mengadakan pertemuan.

Salah satu alasan kenapa jasa ini banyak dibutuhkan yaitu memberikan kemudahan bagi siapa saja. Terutama untuk berbagai kalangan masyarakat yang tidak ingin repot memasak dalam jumlah yang besar.

8. Bisnis Makanan Kekinian

Usaha makanan ringan serba 500

Makanan-makanan kekinian dan unik kini banyak diminati. Contohnya makanan-makanan luar negeri seperti burger, pizza, makanan khas Korea, hingga makanan-makanan kekinian khas Indonesia.

Anda tinggal memilih jenis makanan apa yang saat ini sedang populer dan banyak diminati. Kemudian buat dan pasarkan secara online maupun offline. Ada cukup banyak ide yang bisa Anda coba pilih sesuai dengan keahlian memasak Anda.

9. Menjual Pakaian dan Sepatu Bayi

Sedang mencari peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta? Bisnis pakaian dan sepatu bayi bisa menjadi ide yang paling tepat. Produk ini cukup banyak peminatnya.

Bahkan, produk ini bisa Anda jalankan sebagai usaha ibu rumah tangga tanpa modal. Caranya adalah dengan menjadi reseller.

Ada banyak distributor yang bisa Anda cari di berbagai marketplace yang menjual produk tersebut.

10. Membuka Pertamini

Sedang mencari bisnis yang tidak mengganggu pekerjaan rumah tangga? Usaha pertamini merupakan salah satu pilihan tepat. Namun bisnis ini memerlukan tempat yang strategis untuk memulainya.

Bisnis pertamini cocok untuk yang memiliki lahan tidak terpakai di pinggir jalan raya. Terutama jika lokasinya jauh dari SPBU, maka potensinya pun akan jauh lebih bagus lagi.

Bagi yang masih bingung mencari usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, 10 pilihan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Bagaimana, apakah sudah ada gambaran untuk memilih usaha apa?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha di Bidang Jasa
Read More

Ide Usaha di Bidang Jasa

Buat yang baru lulus sekolah atau masih mahasiswa dan bingung cari kerja. Jenis usaha di bidang jasa berikut ini sangat cocok dan menguntungkan.
bisnis yang cocok untuk mahasiswa
Read More

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Masih kuliah tapi ingin punya usaha sampingan? Berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ide usaha untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk pemula.