10 Usaha Potensial di Desa yang Cocok Untuk Pemula

Usaha potensial di desa
Informasi seputar rekomendasi jenis usaha potensial di desa yang menguntungkan. Ada banyak pilihan yang akan kami coba paparkan di sini untuk kamu.

Thecronutproject.com – Bingung mencari ide usaha potensial di desa? Jangan khawatir, kami punya beberapa list usaha yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

Semua peluang usaha di desa yang kami paparkan di sini, tergolong prospektif, potensial dan memiliki nilai jual bagus.

Ingin tahu apa saja ide-ide usahanya? Tanpa berlama-lama lagi, berikut list yang sudah kami rangkum untuk kamu:

Usaha Potensial di Desa

Inilah 10 usaha yang potensial di desa dan menguntungkan:

1. Bengkel Motor

Sparepart motor

Bengkel merupakan salah satu jenis usaha potensial di desa. Khususnya untuk kategori bengkel motor. Bagi kamu yang punya keahlian servis motor, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jenis usaha ini.

Bengkel motor tergolong potensial. Pasalnya, masyarakat di pedesaan sudah banyak yang memiliki kendaraan roda dua tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa sambil menjual spare part motor, oli, dan berbagai kebutuhan servis kendaraan roda dua lainnya.

2. Bisnis Peternakan Sapi

Peternakan sapi

Pedesaan adalah lokasi yang sangat cocok untuk bisnis peternakan. Sebut saja salah satunya peternakan sapi. Pasalnya di pedesaan masih banyak lahan kosong dan subur untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Di lain sisi, daging sapi merupakan salah satu daging yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menjual susunya ke koperasi peternak yang siap menampung.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga sedang melangsungkan program swasembada daging. Program tersebut digadang-gadang akan membantu meningkatkan prospek keuntungan para peternak.

3. Usaha Potensial Air Galon isi Ulang

Usaha Air Minum Isi Ulang

Saat ini inovasi usaha potensial di desa kian beragam. Perkembangan usaha di pedesaan juga tidak luput dari berkembangnya kebutuhan masyarakat. Sebut saja salah satunya penggunaan air galon untuk konsumsi air setiap hari.

Bisnis air galon di pedesaan tergolong sangat prospektif, alasannya karena kualitas air di pedesaan masih tergolong bagus. Selain itu, penggunaan dispenser listrik saat ini sudah mulai digunakan oleh masyarakat di pedesaan.

4. Berjualan Kue Tradisional

Bisnis yang satu ini merupakan usaha unik di desa 2020 hingga tahun sekarang. Pasalnya peminat kue tradisional di pedesaan masih tergolong banyak. Bisnis ini cocok untuk kamu yang ahli mengolah makanan.

Di lain sisi, berjualan kue tradisional juga merupakan usaha yang potensial dan menguntungkan di desa dengan modal kecil. Silahkan kamu sesuaikan jenis kue tradisional sesuai dengan daerah dan selera di tempat masing-masing.

5. Bisnis Peternakan Ayam Kampung

Usaha ternak ayam

Usaha ini cocok untuk kamu yang punya lahan kosong dan luas di desa. Selain luas, tempatnya pun harus kondusif dan cocok untuk beternak ayam.

Baca juga: 6 Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil yang Menguntungkan

Bisnis peternakan ayam juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Selain itu, kamu juga berpeluang untuk bermitra dengan beberapa perusahaan khusus yang bergerak di bidang pangan yang membantu proses awal hingga panen.

6. Bisnis Penjualan Pupuk dan Obat Hama

Pedesaan merupakan tempat terbaik untuk menjual pupuk penyubur tanaman dan obat pembasmi hama.

Pasalnya, di desa menjadi tempat yang cocok untuk bertani. Selain itu, produk tersebut juga banyak dicari oleh para petani.

Jika kamu punya modal lebih, kamu bisa melengkapi toko dengan berbagai peralatan pertanian. Bahkan kamu juga bisa menjual peralatan tersebut atau menyewakan kepada yang membutuhkan.

7. Bisnis Online

Peluang bisnis online saat ini terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat, termasuk di pedesaan. Terlebih saat ini penyebaran jaringan internet sudah mencakup ke berbagai daerah pedesaan di seluruh Indonesia.

Peluang bisnis online pun tergolong beragam. Bahkan ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk memulainya, mulai dari media sosial hingga marketplace.

8. Pengepul Hasil Pertanian

Bisnis ini cocok untuk kamu yang andal negosiasi dan punya akses jaringan ke para petani di daerah di suatu daerah. Bisnis pengepul hasil pertanian adalah pembeli hasil bumi dari para petani.

Adapun yang dibeli meliputi sayuran maupun buah-buahan. Nantinya, pengepul akan menjualnya kembali di pasar maupun di supermarket.

Karena untuk dijual kembali, maka pengepul harus memiliki keahlian dalam bernegosiasi. Kemudian menjualnya dengan selisih harga yang kompetitif di pasaran.

9. Jasa Laundry di Desa

Saat ini, jasa laundry pakaian hingga karpet tidak hanya populer di kawasan perkotaan. Jasa yang satu ini juga menjadi salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.  Selain itu jasa laundry juga tergolong banyak yang membutuhkan.

Jika memilih usaha laundry, baca artikel keuntungan usaha laundry

Kamu bisa memanfaatkan Whatsapp dan media sosial untuk berpromosi. Dengan begitu, usaha kamu akan mudah dikenal oleh masyarakat sekitar.

10. Bisnis Mebel

Banyak sekali masyarakat yang membutuhkan produk perabotan rumah tangga. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis mebel tergolong prospektif.

Bisnis mebel sendiri yaitu meliputi produk perabotan rumah tangga seperti kursi, lemari, meja rias, meja kerja, dan sebagainya.

Selain di perkotaan, Mebel juga merupakan usaha yang cocok kamu kembangkan di pedesaan. Terlebih jika kamu ahli di bidang mebel yang dapat menciptakan produk unggul dari berbagai bahan material terbaik.  

Itulah berbagai ide usaha potensial di desa, mulai dari bisnis jasa hingga beragam produk menarik yang bisa kamu coba. Semoga bisa menambah list ide bisnis sebagai bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin memulai usaha.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha yang sedang ramai
Read More

Usaha yang Lagi Ramai Saat Ini

Inilah contoh peluang usaha yang sedang ramai saat ini. Di tahun 2021 kamu wajib coba merintis bisnis yang lagi ramai dan booming, pasti cepat laku dan laris.
Usaha souvenir
Read More

Cara Usaha Souvenir

Usaha souvenir atau cenderamata merupakan salah satu peluang usaha yang mendatangkan keuntungan. Bagi pemula, berikut cara usaha souvenir agar berjalan lancar.