Analisa Usaha Piscok Lumer: Estimasi Modal dan Resepnya

Usaha Piscok Lumer
Mau mencoba membuka usaha piscok lumer? Simak analisa, modal dan cara memulai usaha pisang coklat lumer berikut ini.

Thecronutproject.com – Salah satu street food alias jajanan pinggir jalan, piscok atau pisang coklat semakin populer berkat rasa manis dan teksturnya yang khas. Usaha piscok lumer pun merambat tidak hanya di sepanjang pinggiran jalan yang ramai lalu lalang manusia, tapi juga sampai ke industri frozen food

Ada banyak hal yang menjadi faktor pendongkrak piscok lumer semakin diminati untuk usaha kecil dan mikro. Diantaranya adalah kemudahan dalam proses memasak, mendapatkan bahan, permintaan yang cukup konsisten, hingga keuntungan yang bisa diperoleh penjual secara harian.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Artikel kali ini menyajikan strategi, estimasi modal serta resep piscok lumer yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai jualan piscok lumer.

Cara Memulai Usaha Piscok Lumer

Pisang coklat

Dalam memulai segala sesuatu, tentunya kamu perlu belajar terlebih dahulu tentang hal-hal yang mendasar. Berikut ini strategi jualan piscok lumer agar dagangan laris banyak pembeli.

1. Menelaah Kebutuhan Pasar

Ini langkah pertama yang tidak bisa kamu lompati begitu saja dalam menjalankan bisnis, terutama pisang coklat lumer ini. 

Kamu perlu benar-benar mengamati dan mengetahui siapa saja yang kiranya ‘butuh’ atau mampu membeli dagangan kamu, dalam hal ini piscok lumer, dimana mereka berada, apa yang mereka harapkan ketika mereka membeli piscok lumer selain rasa yang rasa enaknya harus konsisten.

Melalui langkah pertama ini, kamu akan lebih mudah mendapatkan gambaran untuk mengembangkan usaha piscok lumer, harga jual pasar, serta cara berjualan yang tepat untuk menjangkau calon konsumen dengan lebih baik. 

2. Memperhatikan Kualitas Bahan

Inovasi itu penting, sementara kualitas itu kebutuhan. Oleh karena itu, kamu perlu tetap memperhatikan dan memperhitungkan kualitas dari bahan yang kamu gunakan, seperti hal-hal berikut ini:

  • Memilih jenis pisang dan pemasoknya, 
  • Menentukan  kulit lumpia yang ingin digunakan, apakah akan membuat sendiri atau membeli,
  • Memilih jenis atau merk coklat untuk isian, 
  • Cara mengolah bahan dari keadaan mentah hingga matang

Semua hal di atas akan berpengaruh pada hasil produksi. Tidak semua pedagang memperhitungkan hal ini. Itulah yang bisa membantu kamu menyajikan produk dengan kualitas dan rasa enak yang konsisten, dengan nilai yang berbeda dan lebih baik dari pesaing. 

3. Mengembangkan Produk

Piscok lumer sekarang tersedia pula dalam bentuk frozen food. Tapi, ini tidak menjadi penghalang untuk berjualan dengan cara kaki lima atau dalam bentuk yang lebih eksklusif seperti warung makan camilan. 

Ketika kamu sudah meneliti tipe pasar yang tersedia, kamu perlu mengembangkan ide untuk menyajikan produk piscok lumer. Pengembangan produk piscok lumer tidak perlu rumit. Cukup menambahkan inovasi lewat penggunaan coklat berbagai rasa misalnya. 

4. Buat Konsep yang Menarik

Strategi ini masih berkaitan dengan poin pengembangan produk. Walaupun piscok lumer pada dasarnya merupakan jajanan pinggir jalan yang inovatif, tapi kamu bisa memberi warna lain untuk industri usaha piscok lumer.

Contoh yang mudah adalah dengan membuat bentuk yang berbeda. Jika piscok lumer yang populer bentuknya panjang, tidak ada salahnya mencoba membuat piscok lumer dengan bentuk bomboloni (donat berbentuk bulat, sedikit pipih dengan isian di dalamnya). 

Membuat varian ini dimulai dengan melembutkan pisang terlebih dahulu kemudian memasukkannya ke dalam kulit lumpia dan menambahkan coklat atau varian isian lain ke dalamnya sebelum menggorengnya. 

Konsep menarik lainnya juga bisa dihadirkan lewat nama berdasarkan jenis pisang yang digunakan, varian isian yang disediakan, hingga sensasi yang ingin kamu berikan kepada calon konsumen ketika menikmati piscok lumer buatanmu. 

5. Harga dan Proses Distribusi

Harga piscok lumer di pasaran berkisar antara 2.000 – 3.000 Rupiah. 

Tetapi, dengan unique selling point (keunikan produk) piscok lumer kamu, baik itu hasil dari proses produksi yang inovatif, maupun jenis bahan baku dan konsep, dan target konsumen yang ingin kamu bidik kamu dapat memberi penyesuaian harga. 

Pertimbangkan pula proses distribusi terbaik yang cocok dengan produk dan target pasar. Jika kamu ingin menjualnya secara online, maka ada baiknya memperhitungkan proses produksi untuk piscok lumer yang bisa dibekukan dan tahan lama tetapi kualitasnya tetap terjaga.  

6. Promosi dan Servis Bagi Konsumen

Aktivitas bisnis, baik itu untuk skala mikro, kecil, menengah dan atas tidak akan terlepas dari kedua hal ini: promosi dan servis atau layanan bagi konsumen.

Industri apapun, termasuk industri makanan ringan, seperti usaha piscok lumer ini juga butuh taktik promosi dan servis untuk konsumen. 

Promosi atau pengenalan produk bisa kamu lakukan lewat personal selling, dengan menawarkan langsung ke keluarga, teman, komunitas, atau lingkungan sekitar. Personal selling ini bisa kamu lakukan secara online lewat whatsapp marketing, lho!

Tidak hanya itu, jika ada acara seperti bazar, perhelatan tertentu di lingkungan rumah atau lingkungan dimana ada target konsumen, kamu bisa mencoba ikutan untuk memperkenalkan dan menjajakan piscok lumer buatanmu. 

Jika kamu berjualan secara tatap muka, maka kamu perlu melatih kecepatan dan ketelitian menerima pesanan, juga memperkiraan durasi proses memasak dan penyajian pada konsumen. 

Di samping itu, perhatikan etika ketika melayani konsumen. Berikan informasi sebaik mungkin tentang jenis produk yang kamu tawarkan berikut harga, serta kontak yang bisa dihubungi calon konsumen. 

Jangan abaikan kebersihan tempat kamu berjualan, juga cara mengolah bahan piscok lumer baik dalam bentuk frozen food maupun produk matang. 

Baca juga: 5 Resep Aneka Olahan Pisang untuk Usaha yang Mudah Dibuat

Estimasi Modal Usaha Piscok Lumer

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha pisang coklat lumer sangat variatif, bergantung dengan cara kamu berjualan dna jenis produk (gerobak, warung, atau frozen food), serta varian produk yang kamu tawarkan. 

Tetapi pada dasarnya kamu butuh modal harian untuk bahan baku seperti berikut ini:

Pisang:

  • Pisang uli 20 ribu x ( 5 sisir) = 100.000
  • Pisang kepok kuning 25 ribu x ( 5 sisir) = 125.000
  • Pisang nangka 20 ribu x ( 5 sisir) = 100.000

Kulit lumpia 20 ribu / 30 lembar, Jika kebutuhan 100 lebar = 70 ribu

Coklat:

  • Coklat meses 40 ribu / 1kg
  • Coklat compound (Collata/ Tulip Dark Chocolate) 65 ribu / 1kg

Minyak goreng: 30 ribu
Gas: 21 ribu
Kemasan sederhana 600 rupiah x 100 buah = 60 ribu

Jadi, total modal usaha piscok lumer yang harus di keluarkan adalah:

  • Pisang uli atau pisang nangka + coklat meses = Rp321.000
  • Pisang kepok kuning + coklat meses = Rp346.000
  • Pisang uli atau pisang nangka + coklat compound = Rp346.000
  • Pisang kepok kuning + coklat compound = Rp371.000

Tambahan:

  • Margarin (untuk membuat coklat pasta agar lebih penggunaan coklat lebih hemat. Ukuran margarin 1: 2 dengan gramasi coklat yang digunakan, cukup dicampurkan dan dilelehkan bersama dengan coklat dengan cara ditim)

Bahan tambahan untuk varian isian:

  • Coklat compound dengan variasi rasa (matcha, tiramisu, dan sebagainya)
  • Buah: nangka, nanas, strawberry
  • Kacang tanah sangrai cincang, kacang mete, keju 

Resep Dasar Piscok Lumer

Bahan dasar:

  • 1 buah pisang, potong memanjang menjadi 2
  • 1 kulit lumpia untuk piscok
  • 1 putih telur untuk merekatkan tepian kulit lumpia atau gunakan campuran air dan tepung terigu secukupnya
  • 1 – 3 sdm makan coklat meses/ coklat batang yang telah dipotong dan dicincang kasar/ coklat pasta (campuran coklat dan margarin yang dilelehkan)
  • Minyak goreng untuk menggoreng piscok

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarin dan coklat dengan cara ditim (dimasukan dalam wadah tahan panas, kemudian diletakan di atas air mendidih sambil diaduk hingga meleleh), sisihkan.
  2. Potong pisang memanjang hingga menjadi 2, susun di dalam kulit lumpia.
  3. Taburkan coklat meses atau coklat batang yang sudah dicincang kasar, atau oleskan coklat pasta sesuai selera di atas pisang.
  4. Oleskan putih telur/ sedikit air/ campuran air putih dan tepung terigu di sekeliling tepian kulit lumpia, kemudian lipat bagian kanan, kiri, atas bawah kulit dan gulung hingga pisang terbungkus.
  5. Didihkan minyak goreng, kemudian goreng gulungan piscok yang sudah siap hingga kekuningan. 
  6. Sajikan dalam bungkus, dengan topping sesuai selera. 

Baca juga: 6 Ide Jualan yang Laku di Kampung + Modal & Untungnya

Kesimpulan

Membuat resep usaha piscok lumer yang enak dengan sensasi baru, tentu perlu uji coba. Tidak ada salahnya mencoba dengan resep dasar terlebih dahulu untuk menemukan jenis pisang yang cocok, tingkat kematangan yang tepat dan mengembangkan resep setelah menguasai pengolahan dasarnya.

Dengan modal sekitar 400 ribuan saja kamu sudah bisa mendapatkan semua bahan keperluan membuat pisang coklat lumer.

Selamat mencoba!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like