Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan
Kalau Anda mencari usaha perkebunan yang paling menguntungkan dan bisa dijalankan oleh orang awam tanpa pengetahuan pertanian sebelumnya, bahasannya ada di sini…

Thecronutproject.com – Adakah usaha perkebunan yang paling menguntungkan untuk dijalankan orang awam? Kalau Anda mencari usaha perkebunan yang bisa dijalankan “iseng-iseng” atau “coba-coba aja dulu”, gunakan artikel ini sebagai referensi.

Kita akan bahas 5 hasil pertanian paling menguntungkan skala rumahan. Artinya, Anda tidak butuh lahan luas untuk memulai.

Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan

Hasil usaha perkebunan yang ada di artikel ini bisa Anda jual dengan harga “suka-suka”. Artinya, harga pasaran biasanya berubah-ubah, tergantung kondisi pasar.

Langsung saja, lihat daftar lengkapnya di bawah.

1. Perkebunan Sayuran Organik

Modal awal usaha sayuran

Usaha perkebunan adalah bisnis yang kini bukan lagi tergolong ke dalam bisnis yang butuh modal besar. Sayuran organik misalnya, modalnya di bawah Rp 1 juta!

Kenapa memilih perkebunan sayuran organik? Karena (1) tidak membutuhkan banyak lahan (di halaman rumah pun bisa), (2) termasuk komoditas yang dibutuhkan skala rumahan sampai restoran, (3) stabil dan bukan “tren” semata.

Anda bisa memulai perkebunan sayur organik dengan modal seadanya. Kalau sudah punya lahan, Anda bisa membeli paket sayuran organik yang dijual dalam bentuk paketan (Paket Urban Farming Benih Sayuran Organik) di Shopee yang isinya:

  1. Kangkung
  2. Bayam Hijau
  3. Bayam Merah
  4. Cabe Rawit
  5. Cabe Keriting
  6. Kemangi
  7. Mentimun Lalap
  8. Pakcoy
  9. Sawi Manis
  10. Tomat
  11. Kacang Panjang
  12. Terong Ungu

2. Kebun Buah-buahan

Bagaimana rasanya punya kebun buah-buahan pribadi di pekarangan rumah? Pasti bikin betah karena rumah menjadi asri. Ternyata bukan hanya itu, punya kebun buah-buahan di rumah bisa juga jadi bisnis yang menguntungkan.

Meski tidak bisa discale-up kalau Anda menanamnya di rumah, punya kebun buah bisa Anda jadikan ajang latihan sekaligus refreshing dari kegiatan penat.

Kalau ingin mulai perkebunan buah, ini 7 jenis buah yang direkomendasikan tumbuh di lahan sempit:

  1. Jeruk nipis
  2. Semangka
  3. Melon
  4. Nanas
  5. Jambu biji
  6. Blueberry
  7. Anggur

3. Tanaman Hidroponik

Usaha perkebunan identik dengan masa panen yang lama — Banyak orang yang malas menjalankan bisnis perkebunan, ya karena hal ini … Tapi, bagaimana kalau ada alternatifnya?

Coba usaha tanaman hidroponik. Dengan menggunakan teknik tanam hidroponik, masa panen bisa menjadi lebih cepat (asalkan nutrisi tanaman terpenuhi).

Ini adalah solusi untuk Anda yang ingin berkebun, tapi minim lahan. 7 jenis tanaman hidroponik yang direkomendasikan adalah:

  1. Sawi hijau
  2. Seledri
  3. Brokoli
  4. Bayam
  5. Cabai
  6. Buncis
  7. Tomat

Baca juga: 8 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan

4. Cabai

Cabai adalah komoditas yang harga jualnya sangat bervariatif (tergantung kondisi dan kebutuhan pasar). Kalau harga sedang tinggi-tingginya (pernah mencapai lebih dari Rp 130 ribu), tentunya orang yang budidaya cabai mendapat banyak untung.

Itulah alasan utama Anda harus mempertimbangkan budidaya cabai. Meskipun banyak saingannya (skala kecil hingga besar), memulai perkebunan cabai tidak sulit, kok.

Untuk memulai perkebunan cabai, siapkan:

  1. Lahan bukaan yang siap ditanami
  2. Bibit cabai
  3. Keranjang (untuk memanen)
  4. Gerobak
  5. Penyemprot cabai
  6. Senjata tajam pemotong cabai
  7. Pompa dan selang
  8. Terpal, dan
  9. Timbangan.

5. BONUS: Rempah-rempah

Mencari usaha perkebunan yang paling menguntungkan di pedesaan yang potensinya tinggi dan bisa Anda impor hasilnya ke luar negeri?

Apakah ada usaha perkebunan yang risiko gagal panennya kecil? Ada — Ini dia … Usaha rempah-rempah dapur!

Melalui mas Adi Pramudya Anda bisa belajar kalau budidaya rempah-rempah hasilnya bukan kaleng-kaleng — Omzetnya mencapai Rp 300 juta dengan 5 Ha kebun rempah-rempah.

Kalau melihat peluang dan kebiasaan orang Indonesia, rempah-rempah seperti jahe memang sangat dibutuhkan. Bahkan, bumbu dapur tidak lengkap rasanya tanpa rempah-rempah sebagai pelengkap masakan. Setuju?

Untuk Anda yang punya lahan, siap investasi, dan mencari alternatif perkebunan mainstream (contoh: Singkong), coba lirik potensi budidaya rempah-rempah.

Penutup

Kurang puas dengan alternatif perkebunan di atas? Anda bisa juga mencoba budidaya:

  1. Tanaman Hias
  2. Pohon Jati
  3. Pupuk Bibit Tanaman
  4. Bawang Merah
  5. Bawang Putih, dan
  6. Tebu

Itu dia alternatif usaha perkebunan yang paling menguntungkan dan bisa dijalankan oleh orang awam sekalipun. Banyak tanaman yang menjanjikan masa depan dari alternatif di atas, silakan pilih sesuai dengan personalitas Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha di Bidang Jasa
Read More

Ide Usaha di Bidang Jasa

Buat yang baru lulus sekolah atau masih mahasiswa dan bingung cari kerja. Jenis usaha di bidang jasa berikut ini sangat cocok dan menguntungkan.
Bisnis cemilan sehat
Read More

Bisnis Camilan Sehat

Membuka bisnis cemilan sehat merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Agar untung banyak, pelajari cara usaha cemilan sehat di rumah yang unik dan menghasilkan.
Usaha wifi di kampung
Read More

Cara Usaha Wifi di Kampung

Membuka usaha wifi di kampung atau desa merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Berikut ini cara usaha wifi di kampung agar untung banyak.