Peluang Usaha Perjalanan Wisata: Definisi dan Jenisnya

Usaha perjalanan wisata
Usaha perjalanan wisata adalah salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan besar, terutama kalau kamu pandai mengolahnya. Kenali jenis-jenisnya di sini!

Thecronutproject.com – Di dunia yang luas ini, begitu banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar masyarakat suka mengadakan perjalanan untuk berbagai tujuan. Kali ini, artikel ini akan membahas tentang apa itu usaha perjalanan wisata serta berbagai jenisnya. 

Usaha pariwisata memang sangat potensial. Banyak aspek dari bidang ini yang dapat berkembang pesat.

Apa Itu Usaha Perjalanan Wisata?

Jadi, apakah pengertian usaha perjalanan wisata? Pada dasarnya, usaha pada bidang ini merupakan kegiatan yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang atau sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata.

Usaha perjalanan wisata bersifat komersial, sehingga umumnya akan ada tarif yang diterapkan untuk paket jasa dan kemudahan yang ditawarkan. 

7 Jenis Usaha Perjalanan Wisata

Perjalanan wisata

Faktanya, bisnis di bidang pariwisata sangat beragam. Mulai dari penyediaan area wisata dan pengembangan daerah wisata, penyediaan wisata kuliner di sekitar wisata, hingga usaha perjalanan. 

Berikut adalah beberapa jenis usaha perjalanan wisata yang dapat menjadi inspirasi untuk bisnismu. 

1. Jasa Biro Perjalanan

Bisnis biro perjalanan memang seolah tak ada matinya. Mulai dari biro perjalanan dalam negeri, biro perjalanan ke luar negeri, biro perjalanan khusus haji dan umrah, dan sebagainya.

Jasa biro perjalanan memang bersifat komersial, dan biasanya keuntungannya cukup tinggi. Jasa ini banyak diminati karena para wisatawan ingin semua hal terkait perjalanannya sudah ada yang mengurus, sehingga lebih praktis.

Biro perjalanan dapat menawarkan berbagai paket perjalanan untuk perorangan maupun kelompok.

Contoh usaha perjalanan wisata dalam hal ini misalnya paket bulan madu 7 hari ke Bali, paket liburan ke Yogyakarta, dan seterusnya.  

Baca juga: 7 Peluang Usaha Unik di Desa yang Menguntungkan

2. Jasa Agen Perjalanan

Jasa agen perjalanan memiliki tugas yang lebih spesifik bila dibandingkan dengan jasa biro perjalanan.

Agen perjalanan merupakan sebuah badan usaha yang bertindak sebagai perantara dalam penjualan jasa perjalanan. 

Dari segi perizinan, biro perjalanan dan agen perjalanan memang berbeda. Biro perjalanan dapat melakukan peran sebagai agen perjalanan, sementara agen tidak bisa berperan sebagai biro.

3. Usaha Jasa Pramuwisata

Pada bidang usaha ini, perusahaan menyediakan jasa pramuwisata. Pramuwisata, atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai tour guide, memiliki peran penting dalam perjalanan.

Tenaga pramuwisata yang profesional dapat memberikan berbagai informasi yang penting untuk para wisatawan.

Seorang pramuwisata dapat memberikan saran terkait objek wisata, dan membantu mengarahkan terkait keperluan wisata lainnya. 

Dari pramuwisata yang berpengalaman, kamu mungkin akan mendapatkan info tempat kuliner paling enak.

Kamu juga bisa bertanya tentang souvenir yang paling menarik dan aktivitas khas yang bisa dilakukan di suatu lokasi.

4. Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran

Usaha yang mengurus Meeting, Conference, Convention, and Exhibition) ini memang semakin naik daun.

Bisnis ini memberikan fasilitas bagi perjalanan atau pertemuan sekelompok orang untuk menyelenggarakan keempat jenis wisata berikut:

  1. Meeting, atau rapat yang dilakukan di suatu tempat khusus.
  2. Incentive, atau perjalanan insentif yang merupakan wisata hadiah. Perjalanan ini biasanya merupakan hadiah dari perusahaan untuk mitra usaha atau karyawan karena prestasi tertentu.
  3. Conference, atau konferensi yang berkaitan dengan pertemuan sekelompok orang untuk membahas masalah-masalah tertentu untuk kepentingan bersama. 
  4. Exhibition, atau pameran yang berkaitan dengan promosi suatu atau sekumpulan produk. 

Biasanya usaha ini tidak hanya mengurus transportasi dan event saja, tapi juga perjalanan wisata hiburan sebelum dan sesudah event.

5. Jasa Impresariat

Bisnis ini berkaitan dengan penyediaan jasa penyelenggaraan hiburan. Jasa ini juga dapat menentukan waktu, tempat, maupun jenis hiburan. 

6. Jasa Konsultan Pariwisata

Ingin bepergian secara mandiri tapi khawatir salah dalam menentukan tujuan wisata? 

Kamu bisa memanfaatkan jasa konsultan wisata. Jasa ini memang hanya fokus pada pemberian saran terkait bagaimana sebuah perjalanan dilaksanakan.

Dari konsultan pariwisata ini, kamu bisa menentukan apa saja yang paling baik untuk perjalananmu. Misalnya seperti pilihan moda transportasi terbaik, saran durasi, opsi kuliner paling menarik, dan sebagainya.

7. Jasa Informasi Pariwisata

Berbeda dengan konsultan pariwisata, jasa informasi pariwisata hanya fokus pada penyediaan informasi. Dengan demikian, kamu bebas menentukan sendiri mana info yang akan digunakan, mana yang tidak.

Memahami definisi dan jenis-jenis usaha perjalanan wisata akan memudahkan kamu mencari inspirasi seputar bisnis di bidang ini.

Kamu tidak lagi bertanya-tanya seperti apa prospek kerja usaha perjalanan wisata dan usaha dibidang ini bisa kerja apa. 

Manakah jenis yang paling potensial menurutmu?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like