Cara Memulai Usaha Percetakan Undangan & Kiat Suksesnya

Usaha percetakan undangan
Mau mencoba merintis usaha percetakan undangan? Pelajari cara memulai usaha percetakan undangan dan cara agar sukses dari bisnis ini.

Thecronutproject.com – Walau masih banyak yang mengatakan bisnis percetakan sebagai usaha musiman, namun usaha percetakan undangan ini masih banyak diminati, karena jumlah pengguna usaha ini sangat berlimpah.

Beragam acara resepsi yang mayoritas menggunakan undangan, baik dari syukuran nikah, khitan, bahkan acara ulang tahun dan tahlilan.

Bagi pemula, disaat pertama kali membuka bisnis percetakan undangan pasti akan menemukan permasalahan, seperti salah tulis nama, desain kurang bagus, dan lainnya.

Untuk kamu yang ingin merintis usaha percetakan undangan, patut menyimak bahasan berikut ini agar sukses mendapatkan keuntungan yang besar.

Cara Memulai Usaha Percetakan Undangan

Cara memulai usaha percetakan undangan

Cara memulainya harus kamu siapkan peralatannya, seperti mesin cetak undangan, komputer atau laptop dan lainnya.

Untuk modal awal saat kamu membuka bisnis percetakan undangan tentu tidak harus menguras dompet. Dengan catatan kamu sudah memiliki beberapa perlengkapan seperti komputer, katalog dan lainnya dulu.

Tapi jika belum maka modal yang digunakan terbilang cukup lumayan besar.

Adapun modal awalnya adalah sebagai berikut :

  • Satu unit komputer / laptop : Rp. 3.000.000,- (kisaran harga)
  • Satu unit printer all in one : Rp. 1.000.000 kondisi baru
  • Perlengkapan listrik seperti kabel listrik, colokan dan sebagainya: Rp. 200.000,-
  • Perlengkapan seperti kertas, pulpen dan sebagainya : Rp. 100.000,-
  • Perlengkapan catridge atau tinta printer : Rp. 200.000,-

Modal belum termasuk kertas untuk mencetak undangan, tergantung dari pesanan yang diterima.

Jika di total secara keseluruhan untuk modal awal bisa ditaksir sebesar Rp. 4.500.000,-. Ilustrasi modal diatas hanya gambaran kasarnya, silahkan kreasikan sendiri baik itu dari unit komputer maupun alat printernya.

Untuk keuntungan yang didapat bisa dihitung dari berapa besar kamu memiliki pesanan dan juga dari model undangan yang dipesan.

Contoh:

Kamu menerima pesanan undangan khitanan dengan model undangan paling murah dijual dengan harga Rp 800. Kamu menerima pesanan sebanyak 200 buah undangan.

Jika dijumlahkan maka hasilnya = Rp 160.000,- / pesanan.

Bisa kamu bayangkan jika pesanan tersebut bisa kamu dapatkan minimal 10 kali dalam sebulan tentu keuntungan yang didapat sudah cukup lumayan.

Belum lagi dengan pesanan lain seperti undangan nikah, dan sebagainya.

Karena untuk pilihan laptop / PC dan printer bisa menyesuikan dengan keinginan kamu, karena ada pebisnis yang ingin menggunakan perangkat bekas atau second sehingga bisa menekan modal.

Selain kamu harus memiliki modal tentu saja memulai usaha harus diimbangi dengan kiat dan cara tertentu agar usaha pemula bisa bertahan dan berjalan lancar.

Cara Sukses Bisnis Percetakan Undangan

Cara Sukses Bisnis Percetakan Undangan

Meskipun banyak usaha percetakan undangan yang sukses, tapi tidak sedikit juga yang memutuskan menutup usahanya.

Adapun tahapan cara agar bisa menjadi sukses menjalankan usaha percetakan undangan:

  1. Gigih belajar meski hasilnya belum memenuhi harapan
  2. Temukan vendor blangko yang lengkap
  3. Tentukan lokasi yang strategis
  4. Memiliki katalog undangan yang lengkap
  5. Jangan malu melakukan pemasaran door to door
  6. Lakukan pemasaran secara  online
  7. Berikan diskon dan juga bonus
  8. Berlakukan DP di awal transaksi
  9. Teruslah berinovasi
  10. Selalu ramah pada pelanggan
  11. Fokus dan Konsisten

Selain kiat di atas, kamu juga bisa mengetahui strategi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat usaha semakin dikenal banyak orang.

Strategi Pemasaran Usaha Percetakan Undangan

Beriku adalah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan dalam usaha yang sedang kamu tekuni, yaitu:

1. Mengutamakan Kualitas

Kamu tentu tahu tentang istilah, ‘ada harga maka ada rupa’, istilah tersebut jangan sampai diterapkan pada bisnis percetakan yang kamu jalankan.

Meski dengan memberi harga kompetitif atau menawarkan potongan harga, tetap utamakan kualitas dalam  setiap hasil kerja dari usaha percetakan.

Karena meski kamu memberikan harga yang lebih kompetitif daripada vendor lain, tapi hasil yang diberikan kurang berkualitas maka pelanggan akan merasa kecewa dan kapok untuk menggunakan jasa percetakan kamu.

 Jadi selalu pastikan untuk memberikan kualitas terbaik bahkan berusaha untuk selalu meningkatkannya.

Untuk bisa memberikan hasil optimal dan berkualitas maka kamu perlu menggunakan mesin dan alat pendukung dalam industri percetakan dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan juga berkualitas sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Memiliki alat percetakan yang berkualitas bukan hanya dapat meningkatkan kualitas dari hasil cetak saja, tapi juga bisa menjadi investasi untuk bisnis percetakan nantinya.

Karena mesin yang berkualitas memiliki usia pakai yang lebih lama sehingga tidak perlu membeli mesin baru atau membuang  biaya untuk memperbaikinya.

2. Memanfaatkan Media Promosi Se menarik Mungkin

Untuk meningkatkan omset bisnis percetakan, kamu perlu melakukan strategi pemasaran yang baik.

Contohnya dengan memanfaatkan berbagai media yang ada baik online atau offline sebaik mungkin. Untuk promosi offline kamu bisa menggunakan strategi yaitu dari mulut ke mulut.

Di mana kamu bisa memperkenalkan usaha percetakan pada  lingkup terdekat dahulu, seperti keluarga, kerabat, dan teman.

Sedangkan media  online marketing, kamu dapat memanfaatkan media digital seperti blog atau media sosial lain seperti youtube, ig, wa, facebook dan lainnya.

Promosi online merupakan langkah yang cukup jitu untuk meningkatkan omset bisnis kian meninkat.

Karena saat ini berbagai masyarakat mengandalkan media digital untuk mencari berbagai sumber informasi.

Kamu juga dapat membangun branding image bisnis percetakan lewat media sosial.

Contoh kamu bisa  mengunggah portofolio dari hasil pencetakan juga testimoni para pelanggan yang puas dengan kualitas juga pelayanan dari percetakan kamu.

Tidak dapat dipungkiri jika branding image yang baik akan mempengaruhi minat para calon pelanggan untuk membeli barang atau menggunakan layanan jasa yang ditawarkan.

3. Memilih Tempat Usaha yang Strategis

Selain kedua hal di atas dan juga strategi marketing, lokasi yang strategis untuk membuka usaha juga menjadi salah satu faktor penting untuk bisa mendapatkan omset tinggi.

Contohnya saja untuk usaha percetakan, memilih lokasi yang dekat engan area perkantoran atau perguruan tinggi bisa memudahkan untuk mendapatkan pelanggan.

Hanya saja harga sewa atau beli tempat dengan lokasi yang strategis umumnya sangat tinggi.

Jika kamu belum memiliki modal besar untuk memiliki tempat usaha yang strategis maka tidak harus dipaksakan.

Kamu dapat membuat usaha percetakan secara online untuk mendapat pelanggan baru.

Kamu bisa menggunakan layanan Google Bisnis untuk memasukkan tempat usaha percetakan yang di milik.

Sehingga jika ada orang yang sedang mencari informasi jasa percetakan, usaha percetakan kamu dapat ditemukan dengan mudah sehingga target meraih omset jutaan bisa dicapai.

4. Teliti Dalam Melihat Potensi Pasar

Sebagai seorang pengusaha dalam bisnis percetakan, tentu kamu perlu memiliki ketelitian dalam melihat potensi pasar.

Karena itu sangat penting untuk melengkapi layanan cetak di tempat usaha percetakan untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Karena dulu jasa percetakan banyak dicari hanya untuk mencetak dokumen biasa, tapi seiring perkembangan zaman kebutuhan layanan cetak semakin beragam.

Selain kebutuhan cetak dokumen, kini jasa percetakan juga memiliki layanan yang beragam seperti mencetak brosur, kartu nama, baliho, stiker dan kebutuhan cetak lain.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan event penting yang berlangsung untuk mendapatkan omset bisnis tinggi.

Contohnya ketika masa pemilihan umum tiba, tentu banyak pihak yang membutuhkan jasa layanan cetak brosur, pamflet, spanduk dan lainnya sebagai media promosi.

Pada saat itu kamu bisa membuat promo menarik untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasa usaha percetakan kamu.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan cetak yang beragam, tentu kamu membutuhkan mesin atau alat pendukung usaha percetakan yang sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini banyak jenis alat percetakan yang bisa ditemukan di pasaran, hanya sebagai pebisnis profesional dalam usaha percetakan, kamu tidak boleh asal saat memilih tempat untuk membeli mesin percetakan.

Pastikan memilih tempat yang menyediakan berbagai mesin dan alat pendukung mesin percetakan yang lengkap, berkualitas dan terpercaya.

Sehingga hasil cetakan akan memuaskan hati pelanggan dan mereka mempercayai usaha percetakan kamu terbaik dan berkualitas.

Kesimpulan

Dalam menjalankan usaha percetakan undangan bagi pemula, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui.

Salah satunya adalah modal awal yang harus sesuai dengan kebutuhan, selain itu ada beberapa kiat dan streategi jitu agar usaha yang kamu jalankan bisa dikenal banyak orang dan menjadi usaha terpercaya dengan kualitas terbaik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like