Usaha Modal Kecil Untuk Fresh Graduate

Thecronutproject.com – Usaha dengan modal kecil di masa sekarang ini banyak diminati. Apalagi adanya protokol kesehatan, dimana kita harus kerja dirumah.

Lulus sekolah atau kuliah di masa pandemi dan ancaman resesi ekonomi seperti sekarang ini memang tidak mudah. Karena selain lowongan kerja sangat terbatas, kamu juga harus bersaing dengan pencari kerja yang lain.

Tidak hanya para fresh graduate saja, tapi juga bersaing dengan para profesional yang kembali mencari kerja setelah terkena PHK.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Jika ternyata sangat sulit mencari kerja, kamu bisa mencoba untuk berbisnis. Berikut beberapa ide usaha modal kecil bagi fresh graduate yang bisa kamu coba.

1. Usaha Desain Grafis

Jika kamu suka kreatifitas di bidang desain, cobalah membuka usaha desain. Seperti membuat desain logo, interior, booth, poster, maskot, baju dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan jasa Marketplace untuk mempromosikan usaha ini.

Selain mudah, modal yang dibutuhkan juga sedikit. Hanya perlu kreativitas dan laptop atau komputer. Kamu juga harus  pandai-pandai mencari jaringan dan memperluas pasar serta memperbaiki kualitas desain.

Maka perlahan langganan bisnismu akan semakin banyak dan semakin dikenal luas.

2. Laundry Kiloan

Usaha laundry

Sekalipun hampir semua rumah memiliki mesin cuci, ternyata bisnis laundry masih menjadi primadona. Pasalnya, banyak ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan lain seperti bekerja di kantor atau memiliki balita lebih memilih menggunakan jasa laundry dibandingkan mencuci sendiri.

Modal membuka usaha laundry kiloan tidaklah banyak. Hanya dengan satu mesin cuci saja kamu sudah bisa membuka usaha ini.

Meskipun modalnya cukup kecil, usaha laundry kiloan sudah menjamur. Kamu harus pintar-pintar cari celah untuk bisa memenangkan persaingan.

3. Les Privat

Adanya pandemi membuat sistem belajar mengajar beralih pada sistem online yang membuat pusing orang tua murid. Ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka les privat di rumah.

Menawarkan pada orang tua murid untuk membantu anaknya menjalani sekolah online. Sistemnya bisa kamu atur sendiri. Bisa murid yang datang ke rumahmu atau kamu yang datang ke rumah murid.

Membuka les privat termasuk usaha modal kecil menjanjikan. Untuk modal les privat sekolah daring ini tidaklah banyak. Kamu bisa memanfaatkan laptop bekas kuliahmu atau smartphone yang kamu punya.

Yang penting kamu bisa menguasai materi pelajaran anak didik agar bisa menjadi guru les yang profesional.

4. Penerjemah

Mahir berbahasa asing? Kenapa tidak memanfaatkan kemampuan kamu untuk menjadi seorang penerjemah. Ini merupakan salah satu usaha modal kecil.

Hanya perlu satu unit laptop atau komputer lengkap dengan kuota internet. Sebagai pemula, kamu bisa mencoba menerjemahkan dokumen-dokumen ringan seperti makalah, skripsi, jurnal ilmiah, dan lain sebagainya.

Selain modal yang minim, tarif penerjemah juga lumayan. Misalnya saja kamu membuka tarif 50 rupiah per kata. Misal dalam satu halaman terdapat 500 kata. Berarti kamu bisa dapat 25 ribu.

Jika dalam sehari kamu bisa menyelesaikan 10 halaman, maka fee yang bisa kamu dapatkan adalah 250 ribu. Sungguh menggiurkan, bukan?

Menjadi penerjemah juga memungkinkan kamu untuk bekerja di mana saja. Termasuk di rumah. Ini sama saja dengan mendukung program pemerintah untuk work from home selama masa pandemi masih berlangsung.

5. Penulis Konten

Usaha penulis konten

Kamu hobi menulis? Kenapa tidak mencoba menjadi penulis konten saja? Menjadi penulis konten adalah salah satu bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu lakukan sembari menunggu keadaan ekonomi membaik untuk mencari kerja.

Kamu hanya perlu satu unit laptop lengkap dengan jaringan internet. Selain minim modal, menjadi penulis konten juga akan memberimu kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah.

Kamu bisa menawarkan jasamu pada beberapa website marketing yang ada di internet. Mulai dari penulisan artikel konten, copywriting, jasa pembuatan e-book, pembuatan landing page, dan lainnya.

Kalau kamu mau lebih kreatif lagi, banyak instansi yang mencari penulis-penulis profesional untuk mengerjakan job tulisan. Termasuk juga agency TV. Mereka kadang membutuhkan penulis skenario untuk film TV atau sinetron yang akan mereka produksi.

Selain itu, kamu juga bisa menulis artikel opini dan mengirimkannya di media-media baik online maupun offline.

Ada banyak media yang mau membayar artikel yang dikirimkan kontributor asal lolos seleksi meja redaktur. Bagaimana? Cukup menjanjikan bukan?

6. Makelar Property

Dari zaman dahulu, property merupakan bisnis dengan omset dan keuntungan yang berlimpah. Karena harganya selalu naik dari tahun ke tahun. Baik tanah, rumah, gedung, hotel, dan lain sebagainya.

Para pemilik property tersebut jika ingin menjual aset, biasanya mereka akan mencari bantuan agen atau makelar property untuk memasarkannya dengan imbalan sekian persen dari harga jual.

Ini bisa dijadikan kesempatan untuk membuka usaha modal kecil sebagai menjadi makelarnya. Tawarkan pada mereka. Jika berhasil menjual, berapa persen komisi yang akan kamu dapatkan?

Bisnis ini nyaris tanpa modal. Hanya modal kepercayaan saja. Kamu bisa memasang iklan pada situs-situs jual beli property baik yang berbayar maupun yang gratisan.

Baca juga: Usaha perlengkapan kendaraan

7. Online Shop

Ini merupakan usaha modal kecil yang digemari oleh banyak kalangan. Karena selain mudah dan bisa dikerjakan di mana saja, online shop juga bisa dikerjakan tanpa modal dengan sistem dropshipper. Hanya perlu smartphone dan jaringan internet saja.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini sambil bermain. Hanya perlu posting-posting saja barang daganganmu. Posting di media sosial, website marketing ataupun marketplace.

Kalau ada yang berminat, kamu tinggal hubungi distributornya untuk mengirim barang setelah pembeli mentransfer uang.

Itulah ide usaha modal kecil bagi para fresh graduate yang bisa kamu coba. Ingat ya! Tidak selama modal selalu dalam bentuk uang. Diperlukan tekad, keyakinan, serta kerja keras untuk bisa sukses.

Tinggalkan komentar