8 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Usaha modal 5 juta
Usaha apa dengan modal 5 juta? Beberapa pilihan usaha modal 5 juta ini bisa kamu pilih. Di tahun 2021 pilihan usaha ini paling banyak mendatangkan keuntungan.

Thecronutproject.com – Usaha modal 5 juta apakah bisa? Tidak perlu bingung lagi memilih usaha apa yang cocok untuk yang modalnya 5 juta. Simak berbagai pilihan bisnis berikut ini.

Bagi para pebisnis pemula, memulai bisnis ternyata tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Modal bisnis dapat disesuaikan dengan anggaran keuangan pebisnis. Meskipun ada bisnis yang bermodal ratusan juta, tapi ada banyak sekali bisnis modal 5 juta saja.

Bisnis dengan modal kecil juga dapat mendatangkan keuntungan yang fantastis. Namun, pebisnis harus kreatif dan mampu berinovasi. Selain itu, pebisnis perlu mencari ide bisnis yang menarik dan mudah dipasarkan.

8 Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta

Ingin tahu apa saja bisnis modal 5 juta yang paling banyak mendatangkan keuntungan? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Katering Makanan

Katering makanan

Meskipun sama-sama bergelut di bidang kuliner, tapi bisnis katering berbeda dengan kafe atau restoran. Pasalnya, bisnis ini tidak memerlukan tempat khusus untuk menjalankannya.

Selain itu, bisnis katering makanan juga dapat dirintis dengan modal yang sangat kecil, yakni mulai dari 2,5 juta rupiah.

Pemilik katering dapat berkreasi dengan berbagai menu makanan yang ditawarkan. Bila dijalankan dengan serius dan dipasarkan dengan benar, bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

Usaha yang satu ini dapat menerima pesanan perorangan atau kelompok. Katering makanan memiliki potensi yang cukup menjanjikan.

2. Bisnis Thrift

Sejak zaman dahulu, sebenarnya trend menjual pakaian bekas sudah ada. Namun, hal ini kembali naik daun pada tahun 2020. Selama pandemi, banyak masyarakat yang menjual baju bekas layak pakai.

Untuk memulai bisnis ini, pebisnis dapat mencari baju bekas miliknya sendiri atau membeli dari supplier pakaian baju bekas. 

Meskipun bekas, kualitas tetap tidak boleh dilupakan. Selain memperhatikan kualitas, ada baiknya jika pebisnis membeli pakaian bekas yang bermerk agar peminatnya lebih banyak.

Usaha modal 5 juta ini dapat dijalankan dengan mudah. Pemasarannya pun dapat dilakukan secara online di marketplace atau Instagram. 

3. Usaha Tanaman Hias

Siapa sangka jika tanaman juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis modal 5 juta? Jangan salah, ternyata tanaman cukup mudah dipasarkan dengan harga yang tinggi. Para kolektor atau orang-orang pecinta flora sangat memburu berbagai jenis tanaman. 

Meskipun target pasarnya agak spesifik, tapi bisnis tanaman ini sangat mudah untuk dijalankan. Sekali laris, pebisnis akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Keuntungan dari usaha ini akan semakin besar jika tanaman yang dijual cukup langka. Tak main-main, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. 

Untuk memulai usaha dengan modal 5 juta ini, pebisnis perlu membeli bibit tanaman berkualitas dan mempelajari teknik bertani yang baik. Bisnis ini juga terbilang cukup menjanjikan lantaran setiap orang pasti memiliki setidaknya satu tanaman hias dalam rumahnya.

4. Jualan Hijab

Semakin hari, semakin banyak orang yang berhijrah dan mengenakan hijab. Oleh sebab itu, permintaan pasar akan hijab seakan tak pernah sepi. Tak hanya untuk menutup aurat, kini hijab sudah berkembang dan menjadi trend fashion bagi wanita muslimah di seluruh dunia. 

Hanya dengan modal 5 juta, pebisnis sudah dapat membeli banyak model hijab yang bagus dari supplier. Kemudian, berbagai hijab tersebut dapat dijual kembali sesuai dengan harga yang diinginkan. Selain model hijab, pebisnis juga harus memperhatikan kualitas dari hijab yang akan dijual. 

Jika sudah yakin dan mantap untuk menggeluti bisnis ini, pebisnis juga dapat membuat merk hijabnya sendiri. Dalam hal ini, tentu saja berbagai persiapan harus dilakukan.

Mulai dari menyusun konsep hijab, pilihan warna, nama merk, hingga packaging. Bisnis ini juga terbilang sangat menjanjikan. 

5. Bisnis Aksesori

Sebagian besar wanita senang memakai aksesori untuk mempercantik penampilannya. Bagi para pebisnis yang hobi membuat aksesori dapat menjalankan bisnis ini. Daripada aksesori hanya dibuat untuk dipakai sendiri, lebih baik dijual dan dijadikan sebagai ladang bisnis. 

Pebisnis dapat menjual beraneka ragam aksesori, mulai dari gelang, cincin, kalung, hingga anting-anting. Modal yang diperlukan dalam membuat bisnis ini juga sangat kecil. Pasalnya, modal utamanya hanya digunakan untuk membeli bahan baku untuk membuat aksesori.

Target pasar bisnis ini adalah anak-anak dan wanita. Untuk pemasarannya, pebisnis dapat menjualnya melalui toko online atau sosial media. Lebih baik lagi, bila pebisnis mampu menyuplai aksesori ke distributor yang cukup besar.

Semakin baik kualitas dari produk aksesori yang dijual, maka akan semakin tinggi pula minat pembeli.

6. Jasa Bimbingan Belajar

Seiring dengan perkembangan zaman, pelajaran di sekolah semakin sulit. Apalagi, persaingan pendidikan juga semakin ketat.

Banyak peserta didik yang tidak memahami pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, para orang tua rela menghabiskan banyak uang untuk membiayai les atau bimbel.

Nah, kondisi inilah yang dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk membuat usaha. Untuk menjalankan bisnis ini, pebisnis perlu menguasai ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah. Selain membutuhkan pengetahuan, bisnis ini juga tetap membutuhkan modal, meskipun sangat sedikit.

Untuk menjalankan bisnis ini, pebisnis perlu menyiapkan alat tulis, meja belajar, kursi, dan papan tulis. Modalnya berkisar antara 2 hingga 4 juta rupiah, tergantung pada bagaimana metode mengajarnya.

Jasa bimbingan belajar ini dapat dipromosikan dengan tiga cara, yakni melalui sosial media, selebaran, atau dari mulut ke mulut.

7. Reseller Pakaian

Untuk membuat brand dan memproduksi pakaian sendiri mungkin membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta. Lain halnya dengan menjadi reseller yang hanya membutuhkan modal dibawah 5 juta rupiah.

Oleh karena itu, bisnis ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi para pebisnis yang ingin menjual pakaian tapi tidak dapat membuat brand sendiri. 

Lantas, apa reseller itu? Reseller adalah seseorang yang membeli barang dari supplier, kemudian kembali menjual barang tersebut kepada konsumen. Umumnya, reseller akan menyimpan stok barang yang dijual agar proses jual-beli lebih lancar. 

Berbicara soal reseller, ada juga pembahasan mengenai cara menentukan harga produk reseller

Saat membeli produk fashion, usahakan untuk memilih model dan warna yang bagus. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan dan mengikuti trend fashion. Dengan menjadi reseller, pebisnis dapat menentukan sendiri keuntungan yang akan didapatkan.

8. Bisnis Franchise Minuman

Seperti yang diketahui, Indonesia memang hanya memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim hujan. Saat musim panas tiba, tenggorokan pasti akan mudah kering dan sering merasa haus.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mencari franchise minuman terdekat di tengah panas terik matahari. 

Melihat hal itu, para pebisnis dapat memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis franchise minuman. Pebisnis dapat berkreasi dan berinovasi dalam menentukan jenis minuman apa yang akan dijual. Mulai dari kopi, teh tarik, jus buah, hingga thai tea dapat dijadikan sebagai ide usaha. 

Selain memiliki target pasar yang sangat luas, bisnis ini juga memiliki peluang yang sangat besar. Apalagi, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini juga terbilang cukup sedikit. Pebisnis hanya perlu menyiapkan modal mulai dari 3 sampai 5 juta untuk memulai bisnis ini.

Untuk promosi, pebisnis dapat melakukan penjualan lewat sosial media atau memberikan promo yang menarik. Semakin enak rasa minuman yang dibuat, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mencobanya. 

Baca juga: Usaha modal kecil bagi fresh graduate

Itulah beberapa usaha modal 5 juta yang paling banyak mendatangkan keuntungan. Pada dasarnya, menjalankan bisnis membutuhkan keseriusan dan konsistensi yang tinggi. Jika tidak, maka bisnis tidak akan berhasil. Selain itu, cara pebisnis mempromosikan usahanya juga sangat berpengaruh pada keuntungan yang didapat.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Peluang Bisnis Kuliner Rumahan
Read More

Peluang Bisnis Kuliner Rumahan

Bagi ibu rumah tangga yang berkeinginan membantu perekonomian keluarga, bisnis kuliner rumahan adalah solusinya. Meninjau peluang bisnis kuliner rumahan.