12 Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil (Modal 1 Jutaan)

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
Jika ingin laris, usaha minumanmu harus kekinian. Berikut ini ide usaha minuman kekinian modal kecil kisaran 1 jutaan yang bisa kamu coba.

Thecronutproject.com – Inovasi di bidang usaha makanan dan minuman Indonesia kian pesat berkembang. Walaupun persaingan semakin ketat, ternyata bisnis F&B, khususnya usaha minuman kekinian modal kecil jadi peluang cuan favorit, lho!

Jika di awal perkembangannya usaha minuman kecil diasumsikan membutuhkan modal besar, sekarang ini ada banyak jenis usaha minuman kekinian yang bisa ditekuni.

Tapi jangan lupa, ada strategi yang perlu kamu terapkan, salah satunya memahami jenis-jenis minuman kekinian yang punya potensi berkelanjutan, bukan sekedar euforia sekejap mata. 

Lewat ulasan kali ini, ada beberapa jenis minuman kekinian yang menarik untuk kamu jajaki walau dengan modal ratusan ribu saja. Simak yaa..

Usaha Minuman Kekinian Berbahan Dasar Kopi

Usaha minuman dari kopi

Minuman berbahan dasar kopi memang bukan menu minuman yang terbilang baru, tetapi seiring perkembangan zaman, kopi berinovasi menjadi minuman favorit orang-orang zaman sekarang.

Ada beberapa jenis minuman kopi yang bisa kamu coba jual dengan modal yang tidak terlalu mahal.

Ini beberapa bahan baku yang kamu butuhkan, serta estimasi harganya dalam satuan rupiah (IDR) untuk memulai usaha minuman kekinian modal kecil berbahan dasar kopi:

  • Kopi bubuk lokal dengan kualitas standar ukuran kemasan kantong 100 – 200 gr = 31 000 – 225 000
  • Gula aren/ palm sugar kualitas standar nasional bubuk =   7 000 – 25 000
  • Bahan tambahan :
    • Mentega halal 200 gr/300gr = 18 000 – 75 000
    • Vanilla 25ml = 30 000
    • Krim kocok/ whipped cream UHT = 60 000
    • Sirup caramel halal = 60 000 – 80 000
    • Susu full cream = 15 000 – 60 000
    • Bubuk gelatin halal 100 gr = 30 000
    • Topping atau filling (boba , jelly, biskuit) = 5 000 – 30 000
    • Es Batu = 10 000
  • Kemasan
  • Eco Sano  ukuran 200 ml  per satu botol = 850

Umumnya, ukuran gram yang digunakan untuk meracik kopi adalah antara 10 – 12 gr untuk ukuran 140 ml. Kamu bisa membuat 1 botol kopi dengan resep-resep di bawah ini sebanyak +/- 20 botol dari kopi bubuk dengan kemasan 200 gr. 

Dan, dengan mengambil harga terendah untuk setiap bahan baku, kamu butuh modal sekitar 290 ribu saja untuk memproduksi 16 -20 botol minuman kekinian berbahan dasar kopi. 

1. Kopi Gula Aren

Kopi gula aren baik disajikan secara hangat maupun dingin, dalam botol atau kemasan plastik memang sudah cukup lama muncul di Indonesia. Walaupun sudah cukup lama ada di pasar, tapi minuman kopi kekinian yang satu ini masih jadi primadona, lho. 

Kreasikan dengan berbagai jenis kopi lokal seperti kopi papua, mandailing dan lainnya dengan susu dan gula aren untuk mendapatkan kopi gula aren khas buatanmu. 

2. Coffee Milk Boba

Coffee milk boba punya resep yang mirip dengan kopi gula aren. Sebagai percobaan pertama, kamu bisa coba menggunakan kopi bubuk kemasan merek Nescafe yang harganya cukup terjangkau tetapi dengan kualitas yang cukup oke punya. 

Perbedaannya dengan kopi gula aren adalah kamu perlu menambahkan bahan berupa boba dan sirup karamel yang halal dalam racikannya!

3. Vanilla Coffee Swirls

Kopi kekinian yang satu ini, cocok dikonsumsi dalam keadaan dingin. Selain bubuk kopi yang sesuai dengan selera kamu dan target pasar, kamu perlu tahu bahan apa saja sebagai racikan untuk membuat Vanilla Coffee Swirl.

Kamu butuh mentega, vanilla essence halal, bubuk gelatin halal (contohnya Kalima, atau Gelita), krim kental dan susu. Untuk pemanisnya, kamu bisa pilih palm sugar yang dikenal lebih rendah kalori, atau brown sugar sesuai selera. 

4. Kopi Susu Regal

Duh, kopi susu regal ini biasanya bakalan cocok dengan selera perempuan karena manisnya yang legit!

Teksturnya yang lembut bercampur dengan remah regal bikin nagih. Untuk membuat kopi susu ini, kamu juga bisa banget menghemat modal karena bahan tambahan seperti biskuit regal dan sirup vanila halal mudah ditemukan dan harganya tidak terlalu mahal. 

Baca juga: Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Berbahan Dasar Teh

Sebuah prospek yang cukup menjanjikan jika kamu ingin membuat usaha minuman kekinian modal kecil dengan mengusung bahan dasar teh! Pasalnya, orang Indonesia sangat familiar dengan minuman ini. 

Bahan dan modal yang diperlukan untuk membuat minuman kekinian berbahan dasar teh bisa dibilang lebih sederhana ketimbang kopi. Ada beberapa supplier premix teh yang bisa kamu jadikan referensi untuk membeli bahan premix teh.

Kamu juga bisa intip beberapa resepnya di bawah ini, serta kisaran modal yang diperlukan.

Bahan Baku :

  • Premix thai tea sachet – 500 gr = 20 000 – 100 000
  • Premix teh dengan varian rasa lainnya 1kg =  60 000
  • Susu full cream atau susu kental manis = 15 000 – 60 000
  • Topping atau filling (boba , jelly, biskuit, nata de coco) = 5 000 – 30 000
  • Es Batu = 10 000
  • Kemasan
  • Eco Sano  ukuran 200 ml  per satu botol = 850

Kamu perlu sekitar 50 gr bubuk premix teh untuk dapat memproduksi 1 botol ukuran 200 ml minuman varian teh. Dari premix teh berukuran 500 gr kamu bisa memproduksi setidaknya 10 botol minuman teh kekinian. 

Perhitungannya dengan ilustrasi mengambil bahan baku dengan harga termurah, modal total yang kamu perlukan untuk membuat baik bubble tea maupun thai tea, berkisar antara 120 000 – 140 000 rupiah saja untuk 10 botol sebagai sample pertama produk kamu. 

1. Bubble Tea

Jenis minuman ini memang diadopsi dari luar Indonesia. Yang membuatnya menarik adalah campurannya yang terdiri dari teh yang dicampur susu dan ditambah dengan topping atau isian berupa boba rasa buah, biskuit, maupun jelly . 

Nah, untuk campuran rasa pada teh sendiri bisa divariasikan dengan berbagai rasa mulai dari matcha, taro, red velvet maupun coklat. 

2. Thai Tea

Terlihat dari namanya, teh ini memang berasal dari Thailand dengan base teh hitam, dan rempah yang dicampur dengan susu, gula dan creamer. Temukan premix  thai tea halal dengan harga dengan rasa rempah yang kaya dan dominan rasa teh ketimbang susunya. 

Kemudian buat sampel untuk menemukan yang rasanya paling pas , tidak terlalu manis dan creamy. Selain itu, jangan lupa tentukan topping yang khas seperti pudding, buah segar atau jelly dan krimer atau susu tambahan yang lebih cocok dengan selera pasar kamu.

Ada beberapa resep thai tea lainnya yang patut dicoba juga. Contohnya mencampurkan thai tea dengan cream cheese

Baca juga: Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300 Ribu yang Menguntungkan

Minuman Kekinian Berbahan Dasar Susu

Minuman berbahan dasar susu biasanya disukai juga berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Apalagi jika disajikan dengan variasi yang lebih menarik.

Ada beberapa contoh resep minuman berbahan dasar susu yang bisa kamu sulap menjadi usaha minuman modal kecil yang tahan lama, lho. 

Untuk minuman kekinian berbahan susu, kamu bisa saja menggunakan susu UHT, tapi jika varian susu selain susu sapi, ada susu almond dan oat yang bisa didapatkan dari UMKM sekitar kamu dengan estimasi harga mulai dari 40 ribuan (dalam bentuk bubuk) hingga 200 ribuan (dalam bentuk cair kemasan  liter siap olah). 

Berikut ini estimasi modal bahan baku yang kamu perlukan untuk memproduksi minuman berbahan susu:

Bahan utama:

  • Susu UHT 1l = 25 000 – 70 000
  • Susu Almond 1l = 45 000- 200 000
  • Susu Kedelai 1l = 40 000 – 60 000
  • Susu oat 1l = 41 000 – 80 000
  • Es Batu = 10 000

Bahan tambahan :

  • Serbuk atau crumb berbagai varian 250 gr =  20 000 – 55 000 
  • Gula aren/ palm sugar/ madu =  7 000 – 150 000
  • Filling (jelly, cincau, kayu manis, buah) = 5 000 – 40 000

Kemasan Eco Sano ukuran 200 ml per satu botol = 850

Umumnya, untuk membuat satu botol resep susu kekinian berukuran 200 ml, butuh setidaknya 75 – 100 ml susu. Dapat dikatakan, dari susu jenis apapun yang ingin kamu jualkan, dari kemasan 1 liter dapat menghasilkan kurang lebih 20 botol ukuran 200 ml yang disertai dengan modifikasi filling, maupun rasanya. 

Total jumlah modal yang kamu perlu keluarkan dengan mengambil harga susu termahal, yaitu sekitar 200 000, kamu harus merogoh kocek sebanyak 450 ribuan. Estimasi modal yang dikeluarkan memang lebih mahal walaupun bahannya terbilang lebih sederhana daripada kopi. 

Tetapi, minuman berbahan dasar susu ini sedang cukup digandrungi untuk dalam rangka diet, terutama susu berbahan dasar nabati. Sehingga kamu bisa membidik pasar yang lebih tinggi standar harganya. Untuk inspirasi resepnya bisa kamu cek di bawah ini!

1. Es Susu Cincau

Cappucino cincau sudah lebih dulu terdengar dan banyak dijual. Tapi kamu bisa mendapat sensasi rasa yang berbeda jika menggunakan susu dalam olahan minuman cincau. 

Kamu bisa memilih antara cincau hijau atau cincau hitam untuk jadi campuran susu. Sementara untuk pilihan susunya, sebaiknya gunakan jenis susu full cream.

Untuk pemanisnya, racik dengan gula aren atau madu. Jika ingin menambah sensasi segar, tidak ada salahnya mencoba menambahkan daun mint ke dalam campuran minuman ini. 

2. Es Susu Jelly 

Sujel alias Susu Jelly selain segar, juga bermanfaat untuk kesehatan asalkan dipadukan dengan komposisi yang tepat dengan gula dan bahan jellynya, tentunya.

Kamu bisa menggunakan susu full cream UHT atau jika ingin memberi value yang lebih tinggi, gunakan susu dengan kualitas yang lebih baik, dan pilih rasa tawar. 

Sementara untuk membuat jellynya, kamu bisa pilih berbagai jenis merek puding jelly siap masak yang sudah punya berbagai varian rasa, atau puding jelly yang kamu campur dengan air kelapa atau sari buah alami lainnya. Supaya lebih menarik, coba sajikan dengan biji selasih atau chia seeds. 

Untuk kemasannya, pertimbangkan menggunakan kemasan botol agar lebih tahan lama, dan bisa disimpan di freezer untuk dibekukan. 

3. Es Susu Oat Kayu Manis Plus Kurma

Inspirasi usaha minuman kekinian modal kecil lain dengan bahan susu yang satu ini cenderung premium, tetapi tetap bisa diproduksi dengan modal ratusan ribu saja , Insyaa Allah. 

Kamu cukup memilih susu oat yang sudah banyak diproduksi UMKM di Indonesia. Untuk tambahannya pilih jenis kurma seperti sukari atau khalas yang lembut dan cenderung mudah dicampur untuk dibuat minuman serta memiliki rasa manis yang pas.  

Cara mengolahnya cukup dengan memblender susu oat, kurma, ditambah dengan bubuk vanila dan bubuk kayu manis, kemudian dimasukan ke dalam kemasan dengan cara disaring lalu disimpan di kulkas atau freezer. Selain nikmat, ada nilai tambahan untuk kesehatan. 

Baca juga: 5 Ide Usaha Kuliner Modal Kecil Secara Online

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Dari Rempah

Semenjak pandemi merebak, minuman tradisional Indonesia yang menggunakan bahan dasar rempah-rempah, biasa dikenal dengan istilah jamu, menjadi kembali populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sekarang ini semakin banyak minuman jamu kekinian. 

Jika dibandingkan dengan bahan-bahan di atas, bahan jamu lebih murah, terutama jika kamu membeli bahannya dalam bentuk mentah atau bahan segar langsung dari pasar atau petani. 

Nah, ini beberapa rincian modal bahan baku beserta perkiraan harganya untuk memproduksi minuman kekinian dari rempah, dibaca dengan teliti ya!

Bahan Baku :

  • Rempah – rempah
    • Kunyit segar ½ kg = 8 500
    • Asam jawa ½ kg = 12 000 – 25 000
    • Jahe ½ kg = 20 000 – 30 000
    • Kencur = 30 000 – 50 000
    • Kayu manis 250 gr = 20 000 – 30 000
    • Serai = 10 000 – 15 000
  • Beras ½ kg = 12 000

Bahan tambahan :

  • Greek yogurt = 80 000
  • Susu UHT 1l = 25 000 – 70 000
  • Gula aren/palm sugar/madu asli hutan liar =  7 000 – 150 000 
  • Kakao bubuk lokal kualitas standar 125 gr =  35 000
  • Whipped cream =  60 000
  • Kelapa muda 1- 5 batok = 50 000
  • Es batu = 10 000

Kemasan botol Eco Cikita 250 ml satuan = 850 

Total modal yang dikeluarkan  sekitar 553 500 ribu rupiah, dengan perkiraan bisa menghasilkan +/- 50 botol jamu kekinian buatan sendiri dengan sejumlah bahan-bahan di atas. 

Untuk ide jamu kekiniannya, berikut ini ada tiga inspirasi resep kekinian yang bisa kamu tiru dan modifikasi sendiri. 

1. Golden Yogurt

Siapa yang tidak tahu zaman-zamannya golden milk latte yang merupakan campuran kunyit dengan jahe, susu, kayu manis dan madu. Acaraki, salah satu kafe yang mengusung jamu sebagai menu andalan mereka punya resep Golden Yoghurt yang bisa kamu coba dari rumah.

Jamu kekinian yang satu ini bisa jadi inspirasi usaha minuman kekinian modal kecil untuk kamu juga. Bahannya cukup mudah, yaitu racikan jamu kunyit asam yang dicampur dengan yoghurt. 

Kamu perlu riset dulu untuk mendapatkan resep kunyit asam agar rasa asamnya tidak berlebihan, tetap memiliki rasa manis, dan kemudian pas ketika dicampur dengan yoghurt. 

Selain segar, murah dan tidak terlalu rumit, minuman jamu kekinian ini pasarnya juga cukup luas, lho.  

2. Coklat Jahe

Coklat jahe mungkin tidak terlalu identik dengan jamu, tetapi kamu bisa menambahkan campuran kayu manis, dan juga serai untuk membuat wedang coklat jahe.

Pilih bahan jahe dan serai segar demi kualitas yang lebih baik. Sementara untuk kayu manis, kamu bisa memanfaatkan berbagai merek bubuk kayu manis lokal yang berkualitas. 

Untuk coklatnya, ada berbagai pilihan coklat bubuk. Ada kakao bubuk dan juga kokoa bubuk , yang serupa tapi tak sama  , dan ada pilihan minuman coklat serbuk 3 in 1.  

Jika ingin usaha minuman kekinian modal kecil dengan produk jamu ini punya nilai jual yang lebih baik dan berbeda (unique selling proposition), pertimbangkan untuk menggunakan kakao bubuk karena memiliki kandungan gizi yang lebih baik.

Jika ingin menambahkan sentuhan yang lebih kekinian, kamu bisa coba tambahkan krim kocok, atau greek yoghurt.
 

3. Es Beras Kencur Kelapa Muda

Es kelapa muda tentu menyegarkan, bahkan kelapa muda tanpa es menjadi salah satu minuman favorit di berbagai kesempatan di kalangan masyarakat Indonesia. Apa jadinya jika kamu berinovasi menggunakan kelapa muda dan menjodohkannya dengan beras kencur?

Modalnya cukup dengan beras, kencur gula jawa, asam jawa dan tentunya kelapa muda dan keterampilan mengolahnya. Kamu bisa cek resepnya di berbagai situs online, salah satunya di sini

Tips Memulai Usaha Minuman Modal Kecil

Eits, jangan buru-buru main jualan walau sudah tahu ide-ide resepnya ya. Ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk memulai usaha mu.

Pahami satu per satu cara memulai bisnis minuman kekinian berikut ini:

  1. Tentukan budget : berhubung kamu akan merintis usaha minuman bermodal kecil, tentukan dulu budgetmu agar tidak sia-sia.
  2. Riset dan tentukan pasar : setelah itu, cek kondisi pasar yang ingin kamu targetkan. Apakah anak sekolah, atau orang tua, remaja atau justru kombinasi ketiganya. 
  3. Keahlian : untuk beberapa jenis minuman kekinian, seperti kopi dan jamu, kamu perlu keahlian dan ketelatenan dalam mengolahnya, maka kuasai dulu tekniknya. 
  4. Inovasi : perbanyak referensi resep dengan berdiskusi, browsing di internet dan melakukan percobaan.
  5. Perhatikan kualitas bahan baku : walaupun ingin mengeluarkan modal yang minim, jangan korbankan kualitas karena hal ini bisa berakibat fatal untuk kelangsungan usaha mu. 
  6. Higienitas dan kehalalan : kamu juga patut menjaga kebersihan dan higienitas dalam keseluruhan proses dari sebelum mengelola, saat produksi dan pengemasan. Jangan lupa bahwa pasar di Indonesia mayoritas muslim, sehingga kamu perlu benar-benar memperhatikan dan memastikan bahwa semua bahan memang terbukti halal. 
  7. Kemasan : Untuk proses awal, kamu bisa cari kemasan yang menarik tetapi tidak perlu rumit untuk menekan cost produksi. Pastikan bahwa kemasan yang kamu gunakan adalah kemasan food grade dan punya daya tahan yang baik (SNI) untuk menjaga rasa, dan daya tahan isina, serta kehalalan bahannya.

Ada berbagai jenis kemasan minuman dengan harga terjangkau 827 rupiah @ 1 botol sampai 3200 rupiah @1 botol per set (isi 90 buah), dengan bermacam bentuk seperti bohlam hingga yang bentuknya elegan. 

  1. Lokasi : tidak perlu langsung memutuskan sewa tempat, kamu bisa memulai usaha ini dari rumah, asal disesuaikan dengan target pasar. Berjualan dengan sistem kemitraan layanan makanan online bisa membantu kamu mendapat pelanggan yang tepat dari lokasi rumah sendiri. 
  2. Promosi : Lakukan promosi awal dengan whatsapp marketing dari komunitas terdekat, misalnya dari grup tetangga perumahan, perkumpulan pengajian, grup belajar dan lainnya. 

Setelah promosi awal menarik perhatian, mendatangkan pelanggan dan testimoni, kamu bisa mulai dengan dan jualan via instagram. Buat konten yang unik dan menarik dengan software online gratis seperti Canva. 

Nah, setelah mempelajari beberapa inspirasi usaha minuman kekinian modal kecil, kamu tertarik untuk mencoba yang mana nih?

Ingat, kamu bisa mulai berjualan dengan menggunakan taktik open PO dengan jumlah terbatas dan harga perkenalan sebagai langkah awal.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like