Usaha Makanan Ringan Minim Modal

Thecronutproject.com – Punya modal kecil tapi ingin membuka usaha makanan ringan atau jajanan? Yuk, cari ide-ide inspirasinya disini.

Semakin hari semakin banyak orang yang menjalankan bisnis makanan ringan. Menjual jajanan atau camilan memang selalu laku walaupun persaingan antar penjual cukup ketat.

Namun, seakan ide usaha makanan ringan tak ada habisnya, selalu saja muncul jenis makanan baru dan laku di pasaran. Maka tak heran kalau bisnis ini banyak dilirik sebagai pemasukan tambahan atau usaha kecil-kecilan.

Kenapa Bisnis Makanan Ringan?

Selain memang mudah dijalankan, bisnis makanan ringan tidak membutuhkan modal banyak. Buat yang ingin mencoba, tak ada salahnya memulai dari modal sedikit. Ada banyak usaha makanan ringan yang bisa diproduksi dengan biaya ratusan ribu atau bahkan puluhan ribu saja.

Adapun keuntungannya jangan dipandang sebelah mata. Menjual makanan ringan sepertinya tampak sepele tapi sebenarnya memberikan profit yang menggiurkan.

Sama-sama makanan ringan tapi yang ini menyehatkan, yuk baca artikel bisnis camilan sehat.

Aneka Jajanan yang Bisa Dijual

Usaha jajanan rumahan modal kecil

Bingung menentukan makanan apa yang mau dijual? Tenang, di bawah ini ada beberapa ide usaha makanan ringan yang sekarang sedang digemari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk memasarkannya pun mudah karena bisa dikemas semenarik mungkin. Jangan lupa manfaatkan media sosial supaya makin banyak orang yang tahu. Simak jenis-jenis jajanan yang sedang tren saat ini:

1. Cireng Aneka Isi

Makanan ringan ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun sejumlah orang melakukan inovasi sehingga sekarang menjadi tren lagi. Dulu, cireng hanyalah aci yang dibentuk bulat melebar lalu digoreng. 

Saat ini cireng memiliki berbagai macam rasa dan isi, contohnya isi keju lumer, bakso, sosis, rasa teri padang, bahkan sambelnya pun beraneka ragam. Selain itu, cireng bisa disimpan dalam bentuk frozen sehingga menguntungkan si penjual maupun si pembeli.

2. Keripik Pisang Millenial

Keripik pisang adalah makanan ciri khas Lampung. Tapi kini orang luar Lampung sudah banyak yang menjualnya dan menambahkan kreasi pada makanan tersebut. Pisang tidak hanya diiris-iris tipis kemudian digoreng saja tetapi juga diberi perasa. 

Salah satu rasa keripik pisang yang paling favorit adalah rasa cokelat. Bubuk cokelat ditaburkan yang banyak hingga menyelimuti keripik pisang. Rasa lainnya adalah keju, strawberry, melon, dan masih banyak lagi.

3. Kreasi Keju Mozarella

Ada banyak usaha makanan ringan yang menggunakan keju mozarella. Contoh yang paling terkenal adalah risoles isi mozarella. Tapi keju lumer ini bisa dikreasikan dengan resep lainnya, seperti cheese ball mozarella, stick mozarella, kebab goreng isi mozarella, hingga singkong goreng mozarella. 

Makanan-makanan yang dilengkapi dengan keju mozarella akan tampak mewah dan mahal sehingga penjualnya bisa mengantongi untung cukup banyak dari sini.

4. Martabak Varian Topping

Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya martabak? Umumnya martabak dijual dengan jenis martabak telor atau martabak manis.

Adapun martabak manis diberi taburan cokelat dan kacang wijen atau parutan keju. Tapi tahukah kalau martabak ternyata bisa dikreasikan sedemikian rupa?

Saat ini ada martabak dengan berbagai macam topping dalam satu sajian. Si penjual membagi martabak menjadi beberapa potong, lalu setiap potongan memiliki topping berbeda di atasnya, seperti potongan cokelat batang, selai, choco chip, dan sebagainya.

5. Donat Stick

Menjual donat dalam bentuk bulat dengan lubang di tengahnya sudah biasa. Maka, cobalah berinovasi dengan menawarkan donat stick. Sesuai namanya, bentuk donat ini panjang dan ditusuk seperti sate.

Mungkin awalnya terdengar aneh tapi kalau ujung-ujung donat sudah dihiasi dengan cokelat beku dan taburan choco chip warna-warni pasti menarik.

Kalau mau mencoba resep lainnya, ada juga yang mengganti bahan donat dengan pisang. Jadi pisang ditusuk dengan tusukan sate lalu dicelup ke cokelat beku sehingga jadilah banana choco stick.

Udah buka usahanya tapi bingung promosinya? Kamu harus baca contoh kata-kata promosi di Instagram

Kelima ide usaha makanan ringan di atas tidak membutuhkan modal yang besar. Bisa dimulai dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Resepnya pun bisa dicari di internet dan banyak sekali kreasinya.

Satu hal yang perlu diingat, untuk memulai bisnis ini diperlukan sikap disiplin untuk mau belajar berbagai resep, memasarkannya, dan pelan-pelan mengembangkannya.

Tinggalkan komentar