4 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil
Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar apa yang bisa membantu pemasukan keluarga? Simak beberapa ide berikut!

Thecronutproject.com – Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar apa yang bisa membantu pemasukan keluarga? Simak beberapa ide berikut!

Masa pandemi COVID-19 seperti sekarang membuat ibu rumah tangga juga memutar otak membantu keuangan keluarga. Diminta mengurangi kegiatan di luar rumah dan harus mendampingi anak-anak sekolah online.

Usaha ibu rumah tangga modal kecil apa yang bisa berjalan dari rumah saja untuk para ibu rumah tangga?

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Berikut ide usaha modal kecil dari rumah yang mungkin cocok untuk Anda:

1. Usaha Cuci Setrika Baju

Usaha cuci setrika baju mungkin bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Ibu-ibu bisa menawarkan jasa tersebut kepada teman atau tetangga.

Biasanya usaha ini sangat dibutuhkan untuk mereka yang memiliki keluarga besar atau orang yang tidak punya waktu untuk mencuci.

Tidak perlu langsung membuka agar usaha terlihat besar. Bisnis ibu rumah tangga kecil-kecilan ini bisa berkembang menjadi bisnis laundry.

Hanya bermodal setrika dan atau mesin cuci jika Anda mempunyainya. Kisaran harga 1 deterjen Rp 30.000 + 1 pewangi baju 50.000 total Rp 80.000.

Jika mempunyai langganan 10 orang misalnya dengan 1 kg pakaian Rp 5000 x 30 hari. Hasilnya Anda akan mendapatkan Rp 1,5 juta dalam sebulan.

Baca juga: Ide Bisnis Untung 200 Ribu Per Hari Yang Patut Dicoba

2. Usaha Reseller Baju Anak

Ibu-ibu yang tidak mempunyai modal besar, bisa menjadi menjadi reseller. Reseller adalah peluang usaha ibu rumah tangga modal kecil.

Anda hanya perlu berbagi dan menawarkan barang lewat foto-foto dari distributor. Lewat media sosial atau menawarkan langsung kepada kenalan ANda. Bisa juga dengan membeli beberapa barangnya terlebih dulu kemudian dijual kembali.

Mengapa reseller baju anak?  Ibu-ibu rumah tangga pasti berteman dengan ibu-ibu lainnya. Apalagi berteman dengan ibu-ibu muda yang ingin mendandani anaknya dengan pakaian yang lucu. Tentunya akan sangat menguntungkan untuk memulai usaha ibu rumah tangga yang sukses. 

Seberapa besar keuntungan maksimalnya tergantung kemampuan promosi ibu-ibu.

3. Usaha Jajanan Pasar

Usaha jajanan rumahan modal kecil

Bagi ibu rumah tangga yang suka masak tapi tidak bisa menjaga dagangannya. Usaha jajanan pasar bisa menjadi salah satu opsi ide usaha ibu rumah tangga. 

Makanan tradisional berbagai variasi ini masih menjadi idola semua umur. Bentuknya yang kecil pas untuk mengganjal perut. Biasanya jajanan pasar ramai pada pagi hari. Anda dapat menitipkannya ke toko kelontong atau penjual khusus jajanan pasar.

Siapkan modal Rp 200.000 – Rp 300.000 untuk membeli tepung, pewarna makanan, plastik mika, dan lain sebagainya. Tergantung ingin membuat jajan pasar apa.

Ibu-ibu rumah tangga dapat menghasilkan hingga 150 jajanan pasar. Jika harga satuannya Rp 3.000 dan habis terjual semua. Maka keuntungan yang didapat sampai Rp 450.000 untuk satu putaran. Untuk mendapatkan untung yang lebih. Bisa dengan menitipkannya di penjual lain.

Macam-macam jajan pasar yang bisa menjadi referensi ada kue cucur, klepon, risol, pastel, nagasari, dan sebagainya.

4. Usaha Jahit Pakaian dan Permak Jeans

Mesin Jahit konveksi

Apakah Anda punya keterampilan menjahit? Tidak ada salahnya jika Anda membuka peluang usaha dengan kemampuan tersebut.

Usaha kreatif ibu rumah tangga ini bermodal Rp 200.000 – Rp 850.000 untuk membeli mesin jahit jika Anda tidak memilikinya beserta benangnya. 

Terbilang besar dibanding ide bisnis rumahan yang lain. Namun, modal tidak akan membengkak, karena umumnya pelanggan membawa kain sendiri. Promosi bisa dengan membuat plang di depan rumah atau lewat kemajuan teknologi yaitu lewat media sosial. 

Upah yang didapat dari satu jahitan bisa mencapai Rp 150.000 – Rp 300.000 tergantung kesulitan pembuatan baju.

Punya uang 5 juta bingung mau usaha apa? Baca artikel ide usaha modal 5 juta yang menguntungkan

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja. Menjaga sekaligus mendapatkan tambahan perekonomian keluarga sangat mungkin dilakukan.

Semoga 4 ide usaha ibu rumah tangga modal kecil di atas dapat menginspirasi Anda!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha di Bidang Jasa
Read More

Ide Usaha di Bidang Jasa

Buat yang baru lulus sekolah atau masih mahasiswa dan bingung cari kerja. Jenis usaha di bidang jasa berikut ini sangat cocok dan menguntungkan.
bisnis yang cocok untuk mahasiswa
Read More

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Masih kuliah tapi ingin punya usaha sampingan? Berikut ini beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ide usaha untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk pemula.
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.