Usaha Emping Melinjo: Strategi, Modal dan Keuntungan

Usaha Emping Melinjo
Usaha emping melinjo bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Pelajari cara memulai, strategi, modal dan keuntungannya disini.

Thecronutproject.com – Bagi kamu yang ingin mencoba berbisnis, usaha emping melinjo bisa menjadi pilihan jenis usaha yang tepat.

Emping melinjo adalah makanan tradisional yang terbuat dari biji melinjo yang dikupas dan dipipihkan, kemudian dipanggang atau digoreng. Bisnis ini dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan, karena emping melinjo banyak dicari oleh masyarakat sebagai makanan ringan atau cemilan.

Nah, jika kamu seorang pemula yang ingin terjun ke bisnis kuliner, khususnya usaha emping melinjo, strategi bisnis di bawah ini bisa ditiru, lengkap dengan estimasi modal dan keuntungan bersih yang didapat.

Strategi Usaha Emping Melinjo

Emping Melinjo

Strategi ini sudah diterapkan oleh para distributor/grosir/supplier/reseller dari produsen emping melinjo terpercaya. Modalnya pun terbilang sedikit dengan keuntungan yang maksimal.

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan menerapkan strategi berikut.

1. Mengedepankan Kualitas Emping Melinjo

Kualitas produk merupakan penentu utama yang dapat menarik kepercayaan pembeli. Dengan begitu, mereka akan kembali lagi untuk repeat order sehingga keuntungan yang didapat jangka panjang.

Aspek kualitas yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha jualan emping melinjo yaitu menggunakan melinjo berkualitas. Serta tanpa tambahan MSG agar menjadi camilan sehat yang banyak digemari masyarakat kekinian.

2. Menghadirkan Rasa yang Menggugah

Emping original sebenarnya sudah cukup enak. Namun dengan tambahan rasa variatif, keripik emping akan jadi camilan yang lebih spesial. Rasa yang enak alami dari bumbu akan meninggalkan kesan tak terlupakan kepada pembeli. Mereka tidak akan segan kembali untuk order lagi.

Cukup tambahkan varian balado dan barbeque, emping tradisional jadi emping kekinian yang banyak digemari.

3. Buat Kemasan yang Keren

Menghadirkan camilan emping dalam kemasan keren merupakan strategi usaha emping melinjo yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Kemasan cantik dapat menampilkan kesan bahwa produk kripik melinjo yang dijual bisa dipercaya, diproduksi produsen melinjo profesional dan aman dikonsumsi.

4. Promosi dengan Banner

Selain kemasan, promosikan jualan dengan memasang banner di depan toko. Banner berfungsi memberitahukan orang-orang di jalan bahwa kamu menjual cemilan melinjo enak dan sehat. Ukuran banner yang cukup besar dengan desain yang mencolok dapat menarik perhatian pembeli dengan cepat.

Tujuan dari promosi dengan banner adalah untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Ide Usaha Dagang yang Menguntungkan dan Cepat Laku

5. Jualan secara Profesional di Media Sosial

Lakukan perjualan online untuk mengembangkan usaha emping melinjo kamu untuk mencapai target pasar yang lebih luas.

Jualan secara profesional di media sosial dapat membantu kamu untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan popularitas bisnis Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjual secara profesional di media sosial, antara lain:

  1. Buat akun bisnis yang profesional di media sosial, dengan memasukkan informasi lengkap tentang bisnis usaha emping melinjo, termasuk alamat, nomor telepon, dan website.
  2. Publikasikan konten yang bermanfaat dan menarik bagi audiens.
  3. Buat hubungan yang baik dengan audiens dengan merespons komentar dan pertanyaan mereka secara cepat dan ramah.
  4. Gunakan fitur iklan yang tersedia di media sosial untuk mempromosikan produk ke audiens yang lebih luas.

6. Belajar Teknik Closing

Siapkan juga pengetahuan berjualan dengan teknik closing. Ini merupakan trik psikologis yang bisa dipelajari pemula untuk membuat pembeli mudah percaya dengan produk yang kamu jual. Sehingga mereka memiliki keinginan kuat untuk melakukan transaksi.

Berikut adalah beberapa cara untuk teknik closing:

  1. Pelajari teori tentang teknik closing, seperti mengenali tanda-tanda bahwa calon pelanggan siap untuk ditutup, dan memahami cara untuk mempengaruhi keputusan mereka.
  2. Latih kemampuan berkomunikasi, terutama dalam menanyakan pertanyaan yang tepat dan menanggapi kekhawatiran calon pelanggan.
  3. Gunakan skenario simulasi untuk mengasah kemampuan closing kamu, dengan membayangkan situasi jualan yang berbeda dan mencoba berbagai teknik closing yang sesuai.
  4. Pelajari dari pengalaman praktik langsung, misalnya dengan mengikuti sesi jualan yang telah diatur oleh perusahaan atau dengan mengamati bagaimana sales professional lain melakukan closing.
  5. Terus berlatih dan meningkatkan kemampuan closing kamu, dengan terus mempelajari teori dan praktik terbaru dalam teknik closing, dan menerapkannya dalam situasi jualan nyata.

Dengan melakukan latihan dan berlatih secara terus-menerus, kamu dapat meningkatkan kemampuan closing dan meningkatkan penjualan bisnis emping melinjo.

7. Kerjasama dengan Produsen Emping Melinjo Terpercaya

Strategi terakhir yang akan memperlancar usaha kamu adalah bekerja sama dengan produsen emping melinjo profesional dan terpercaya seperti www.mlinjochips.com.

Cara ini dinilai sangat mempermudah kelancaran usaha. Menjadi reseller, dropship, supplier, atau distributor sama-sama memberikan keuntungan. Kamu hanya perlu menjual produk jadi yang sudah dikemas menarik dengan cita rasa yang terjamin.

Dari produsen yang tepat, kamu akan mendapatkan bantuan untuk memulai usaha. Mulai dari banner hingga petunjuk cara berjualan di media sosial. Produk jadi akan dikemas dengan desain yang keren, serta berkualitas dan bergizi dengan cita rasa lezat. Kamu hanya perlu fokus memasarkannya dalam jumlah banyak dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung, Prospek Jelas!

Berbisnis emping secara mandiri juga bisa menjadi pilihan menarik. Berikut perkiraan modal serta keuntungannya.

NoModal Awal (Investasi)Biaya
1EtalaseRp 900.000
2GasRp 20.000
3Kuali besar 84 cmRp 425.000
4Spatula besar 53 cmRp 173.000
5Saringan gorengan 36 cmRp 66.500
6Wadah untuk meniriskan empingRp 78.000
 TotalRp 1.662.500
NoModal Biaya OperasionalBiaya
1Emping melinjoRp 61.000
2Minyak gorengRp 4.000
3Gula pasirRp 6.000
4GaramRp 8.000
5PlastikRp 4.000
6Dan lain-lainRp 100.000
 Total biaya operasionalRp 183.000
 Total biaya operasional sebulanRp 5.490.000
NoPendapatanBiaya
 70 bungkus x Rp 15.000Rp 1.050.000
 Total pendapatan sebulanRp 31.500.000

Maka keuntungan yang didapat adalah Total Pendapatan – Total Operasional = Rp 31.500.000 – Rp 5.490.000 = Rp 26.010.000

Memulai Usaha Emping Melinjo dengan Modal 1 Juta

Dengan modal 1 juta, kamu juga sudah bisa memulai usaha camilan emping. Cara paling mudah yaitu dengan bergabung menjadi agen dari produsen emping melinjo terpercaya.

Kamu bisa menjualnya dengan harga Rp 15.000-18.000 per bungkus. Pendapatan yang didapat akan menutupi modal dan menyisakan keuntungan yang lumayan.

Tanpa perlu ikut pelatihan membuat keripik melinjo, tanpa beli peralatan jutaan rupiah, dan tanpa perlu ribet memasak pun bisa untung dari usaha emping melinjo ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segerakan untuk memulai bisnis ini untuk meraup banyak keuntungan!

Baca berita menarik dari TheCronutProject di GOOGLE NEWS
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like