12 Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia
Kira-kira ide usaha apa yang unik dan belum banyak pesaingnya? Berikut ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang bisa kamu coba.

Thecronutproject.com – Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia di tahun ini cukup ramai. Pasalnya masih jarang yang dilakukan tapi sebenarnya banyak yang butuh.

Contohnya usaha menyewakan ruangan untuk melampiaskan amarah yang pada tahun lalu ramai dibicarakan.

Di tahun 2019, jumlah UMKM di Indonesia sendiri sudah mencapai 65,5 juta. Jumlah ini ada kemungkinan terus bertambah hingga 2022. Meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia, peluang usaha pun menjadi semakin menipis. Pertanyaannya, apakah ada ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia?

Jawabannya, tentu saja ada. 

Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi usaha yang belum ada di Indonesia tapi sudah cukup banyak di luar negeri.

Contoh Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Meski berbeda negara, bukan berarti ide-ide usaha di luar negeri tidak bisa diterapkan di Indonesia. Kamu tetap bisa mengambil inspirasi dari ide tersebut, kemudian lakukan inovasi dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Jika kamu tertarik dengan usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia, simak ulasan ini sampai selesai!

1. Coba peluang usaha pom bensin berjalan

Usaha di Jepang yang tidak ada di Indonesia

Selama ini kita membeli bensin di pom bensin atau pedagang bensin eceran. Sayangnya, untuk daerah yang masih terpencil, akses untuk memperoleh bensin masih sulit. Jumlah pedagang bensin eceran pun masih sangat jarang, terlebih lagi jumlah pom bensin.

Ini bisa menjadi peluang bagus untuk menciptakan inovasi usaha pom bensin berjalan. Bagaimana konsep usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini?

Kamu bisa keliling dengan truk yang bermuatan bensin. Jangan lupa sertakan nomor telepon atau media sosial di body truk untuk menerima panggilan. Jika ada panggilan, truk akan berangkat ke lokasi tujuan.

2. Jual telur rebus dalam kemasan

bisnis anak muda di Jepang

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia tak hanya memunculkan sesuatu yang baru dan kreatif, tetapi juga sesuatu yang praktis. Salah satu contohnya adalah bisnis telur rebus dalam kemasan.

Telur yang dijual adalah telur rebus yang sudah dikupas dan dimasukkan ke dalam kemasan yang dibuat semenarik mungkin. 

Ide ini sangat menarik dan menguntungkan. Bagi mereka yang sedang buru-buru dan tidak punya banyak waktu untuk makan. Makan telur rebus yang sudah dikupas bisa menjadi pilihan terbaik.

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini sudah banyak ditemukan di Jepang. Apa keuntungan dari bisnis anak muda di Jepang ini?

  • Praktis;
  • Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan;
  • Cocok untuk masyarakat yang tidak punya banyak waktu untuk sekadar rebus telur atau sedang menjalankan program diet rendah karbo;
  • Masih jarang di Indonesia.

Bagaimana? Apakah tertarik dengan usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini?

3. Hadirkan jasa cuci mobil/motor panggilan

usaha yang lagi trend di luar negeri

Tak hanya pom bensin saja, kamu juga bisa berinovasi dengan membuka usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia lainnya, yaitu jasa cuci mobil panggilan. 

Ada kalanya kita memang malas ke tempat cuci mobil/motor apalagi jika harus antri. Usaha ini bisa menjadi solusi. 

Cukup telepon, pelanggan tinggal menunggu di rumah atau kantor dan tidak perlu lagi datang ke tempat cuci mobil/motor. Mobil/motor bisa dibersihkan kapan pun dan di mana pun.

Bagaimana peluang usaha ini?

Sudah pasti peluangnya menjanjikan, terlebih di kota-kota besar yang mana masyarakatnya cenderung tidak memiliki waktu untuk sekadar mencuci mobil/motor. Selain itu, modal bisnis ini juga tidak terlalu besar.

4. Buka resto dengan konsep vending machine

Bisnis kuliner bisa dibilang memiliki prospek yang menjanjikan karena tidak ada matinya. Namun, persaingan bisnis ini cukup tinggi. Guna menghadirkan inovasi baru, kamu bisa mengadopsi ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini.

Dengan konsep bisnis kuliner berbasis vending machine, pembeli tidak perlu lagi memesan makanan lewat kasir atau waitress. Kamu juga tak perlu mengeluarkan budget untuk membayar kasir. Bukankah ini cukup menguntungkan? 

Lantas, bagaimana konsep penggunaan vending machine dalam usaha yang lagi trend di luar negeri ini?

Nantinya, mesin vending machine akan diletakkan di depan resto. Pembeli akan memilih menu dari mesin dan melakukan pembayaran. Selanjutnya, pesanan akan langsung diproses dan kemudian diantar.

5. Berkreasi lewat bisnis boneka custom

bisnis di luar negeri yang belum ada di indonesia

Selama ini mayoritas boneka yang dijual sudah memiliki bentuk sendiri. Namun, di kesempatan ini kamu bisa berinovasi dengan menawarkan boneka custom. 

Peluang boneka custom bisa datang dari:

  • Instansi pemerintah;
  • Event organizer;
  • Perguruan tinggi.

Untuk satu kali pemesanan, mereka bisa memesan ratusan bahkan ribuan pieces. Ini tentu menjadi prospek yang menjanjikan, terlebih persaingan bisnis ini di Indonesia terbilang masih jarang.

Apakah kamu tertarik dengan ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang satu ini?

6. Berinovasi dengan bisnis es batu dalam kemasan

bisnis anak muda di luar negeri

Tak hanya membuat inovasi jual telur rebus dalam kemasan, ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia lainnya yaitu jual es batu dalam kemasan.

Bagaimana konsep bisnis anak muda di luar negeri yang satu ini?

Pada dasarnya, konsep bisnis ini tidak jauh berbeda dengan bisnis es batu pada umumnya. Yang membedakan hanya pengemasannya. Di sini, es batu sudah dipecah menjadi lebih kecil dan dikemas dalam cup.

Ini tentu akan lebih memudahkan pembeli. Pembeli bisa minum es di mana saja tanpa perlu repot memecah es batu terlebih dahulu. Cukup menuangkan es batu dalam minuman atau memasukkan minuman ke dalam cup es batu.

Jika tertarik dengan ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini, percaya deh kamu tidak akan kehilangan pembeli. Terlebih lagi penjual minuman segar dalam kemasan kini semakin banyak.

7. Hadirkan jasa layanan pengganti

Di Indonesia, jasa layanan pengganti masih sangat jarang atau mungkin belum ada. Apa yang dimaksud jasa layanan pengganti ini?

Tugas jasa layanan pengganti yaitu menggantikan seseorang untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pekerjaan tersebut bisa bermacam-macam sesuai dengan permintaan klien. 

Kamu bisa membuka layanan pengganti ini untuk beberapa jasa berikut:

  • Teman curhat;
  • Jasa minta maaf;
  • Jasa bersih-bersih;
  • Teman kencan;
  • Teman untuk menghadiri acara tertentu, dan lain-lain.

Kamu bisa mengkreasikan sendiri layanan apa saja yang akan kamu tawarkan. Namun, pastikan kamu membuat rules dan batasan yang jelas. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 8 Contoh Bisnis Anak Muda di Jepang yang Menguntungkan

8. Jual mie cup lengkap dengan air panasnya

Pecinta mie instan yang banyak membuat bisnis ini tidak akan redup. Kamu bisa menghadirkan inovasi baru dari bisnis ini. 

Di luar negeri, terlebih di Jepang sudah banyak yang menjual mie cup beserta air panasnya. Dengan inovasi ini, pembeli bisa langsung menyeduh mie dan menikmatinya langsung di tempat.

Usaha di Jepang yang tidak ada di Indonesia ini akan cocok jika sebelumnya kamu sudah memiliki toko. Sediakan air panas serta tempat duduk sederhana di pinggir dan mulai usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini.

9. Berinovasi dengan menawarkan jasa tukang potong panggilan

usaha yang belum ada di desa

Bisnis tukang potong rambut memang sudah banyak. Tapi yang menawarkan jasa potong rambut panggilan di Indonesia masih sangat jarang. 

Ini bisa menjadi peluang bagus, terlebih jika di sekitar kamu belum ada jasa potong rambut. Untuk daerah perkotaan yang mayoritas orangnya sibuk bekerja, peluang usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini juga menjanjikan.

Setidaknya, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membuka usaha ini, seperti:

  • Tidak memerlukan biaya sewa tempat;
  • Dapat kamu lakukan kapan pun dan di mana pun;
  • Target pasar lebih luas, tidak terpatok pada wilayah tertentu.

Jika tertarik dengan usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini, buat range harga dan pertimbangkan jarak tempuhnya. Namun, pastikan harga tersebut masih terjangkau dan layanan yang kamu berikan tidak mengecewakan.

10. Cintai lingkungan dengan membuka bisnis barang bekas

Usaha rumahan

Ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia selanjutnya adalah membuka bisnis barang bekas. Usaha rumahan ini memiliki peluang yang bagus. 

Selain minim modal, bisnis seperti ini juga mampu mengurangi sampah dan turut serta menjaga lingkungan. Masyarakat pun sudah mulai aware dengan bisnis semacam ini, terlebih setelah usaha thrift mulai ramai. 

Barang bekas yang bisa kamu jual bisa terdiri dari berbagai macam, seperti di antaranya:

  • Barang-barang elektronik;
  • Fashion;
  • Sepatu;
  • Tas;
  • Barang-barang kebutuhan bayi;
  • Peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik dengan usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini, pilih jenis barang bekas yang ingin kamu jual. Kemudian, lakukan branding dan promosi serta selalu berikan pelayanan terbaik agar pelanggan tidak kecewa.

11. Menyewakan ruang untuk melampiaskan amarah

Pada tahun 2008 lalu, usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini sudah mulai berkembang di Jepang. Tujuan dari bisnis ini yaitu ruang bagi siapa pun yang ingin meluapkan amarah agar tidak diluapkan secara salah.

Nantinya, ruangan tersebut diberi berbagai fasilitas, meliputi barang-barang yang bisa dihancurkan, alat pemukul, dan fasilitas pengaman. Semua fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pihak penyedia.

Sejauh ini, di Indonesia baru ada satu yang mengadopsi ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini. Tentu ini bisa memberuikan peluang yang bagus.

Jika kamu tertarik dengan usaha ini, pastikan fasilitas pengaman yang kamu sediakan aman. Kamu juga bisa menyertakan CCTV untuk memantau apakah terjadi bahaya atau tidak.

12. Coba buka kafe hewan peliharaan

Jumlah pecinta hewan di Indonesia bisa dibilang sangat banyak. Bahkan, pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia  bisa mencapai 15,6% di Asia Tenggara.

Ini bisa menjadi peluang jika kamu bisa berinovasi untuk menciptakan ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia dalam bentuk kafe hewan pelihaaraan. Terlebih ide usaha seperti ini di Indonesia masih sangat jarang.

Konsep kafe ini bukan berarti target pasarnya mutlak hewan peliharaan. Melainkan kamu bisa membuka kafe yang ramah untuk hewan peliharaan. Di situ kamu juga bisa menjual aneka makanan atau susu untuk hewan peliharaan.

Pada dasarnya, ada banyak ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang bisa kamu jalankan. 

Kamu tidak perlu bingung, cukup pilih 1 usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia yang kira-kira paling bisa kamu mulai saat ini juga. Karena bagaimanapun, usaha yang sukses adalah yang dijalankan, bukan hanya dibayangkan atau dipikirkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like