9 Peluang Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan

Usaha di daerah sepi
Berminat untuk mencoba usaha di daerah sepi? Berikut terdapat beberapa ide bisnis di daerah sepi yang dapat Anda coba.

Thecronutproject.comLokasi wirausaha memang harus strategis, artinya banyak orang disekitar. Namun peluang usaha di daerah sepi ini patut kalian coba jika daerah di sekitar sepi.

Apa yang terbersit di pikiran Anda ketika mendengar kata bisnis? Sebagian orang, berpikir bahwa untuk memulai suatu bisnis maka dibutuhkan lokasi yang strategis, lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen, dan memiliki akses transportasi yang mudah.

Bagaimana kalau sekarang kita  mencoba untuk mengubah pola pikir (mindset) kita untuk memulai usaha di daerah sepi.

Lokasi memang menjadi salah satu modal suksesnya suatu bisnis, tetapi tidak semua bisnis membutuhkan lokasi yang ramai dan berada di pusat kota. Umumnya, lokasi yang ramai membutuhkan biaya sewa yang lebih besar.

Sementara itu, lokasi bisnis yang berada di daerah terpencil atau pedesaan masih jarang diminati oleh para entrepreneur. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang ide bisnis di daerah sepi tapi menguntungkan.

Lokasi yang sepi yang jauh dari keramaian dan memiliki kondisi sekitar yang masih asri, merupakan lokasi pontensial untuk menjalankan beberapa bisnis yang menjanjikan omzet yang menguntungkan.

Usaha di Daerah Sepi

Berminat untuk mencoba usaha di daerah sepi? Berikut terdapat beberapa ide bisnis di daerah sepi yang dapat Anda coba.

Usaha Ternak Hewan

Usaha peternakan

Beternak adalah salah satu ide bisnis yang dapat Anda jalankan di daerah yang sepi. Karena umumnya, usaha ini membutuhkan area yang cukup luas.

Selain itu, sebaiknya usaha peternakan ini dibangun di daerah  yang jauh dari pemukiman masyarakat agar tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Terdapat beberapa ternak hewan yang berpotensi mendatangkan keuntungan di antaranya adalah:

  • Beternak Ayam

Beternak ayam dapat menjadi alternatif usaha yang Anda pilih. Proses beternak ayam pun relatif mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Permintaan akan daging ayam dan telur ayam relatif stabil, malahan pada momen-momen tertentu permintaan kedua komoditas ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

  • Beternak Bebek atau Itik

Walaupun masih satu rumpun dengan ayam, sama-sama unggas. Bebek ataupun itik memiliki potensi pasar yang cukup besar pula untuk dikembangkan.

Restoran atau rumah makan yang menjual makanan olahan bebek dapat menjadi pelanggan utama Anda.

Selain itu, Anda dapat menjual telurnya sebagai bahan baku pembuatan telur asin yang banyak diminati oleh banyak orang.

  • Beternak Lele

Lele menjadi salah satu komoditas yang menguntungkan untuk diternakkan. Walaupun beternak lele dapat dilakukan di mana saja, tetapi seiring perkembangannya akan dibutuhkan tempat yang luas.

Oleh karena itu, dengan memulai usaha di daerah sepi membuat Anda leluasa untuk terus mengembangkannya.

  • Beternak Kambing

Peternakan kambing sangat cocok dilakukan di area pedesaan karena masih banyak terdapat padang rumput.

Daging kambing juga memiliki potensi yang menguntungkan terutama untuk permintaan daging untuk akikah.

Selengkapnya bisa baca artikel: Untung Ruginya Ternak Kambing: Kalkulasi 3 Bulan Panen Duit!

  • Beternak Sapi

Beternak sapi umumnya dilakukan di daerah yang jauh dari keramaian dan memiliki lingkungan dengan udara yang sejuk. Hal ini penting agar dapat menghasilkan daging dan susu yang segar.

Permintaan daging sapi pun biasanya akan mengalami peningkatan mendekati hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

  • Usaha Sarang Burung Walet

Bisnis sarang burung walet dapat menjadi alternatif bisnis yang Anda pilih. Umumnya sarang burung walet yang baru dipanen dihargai mulai dari Rp20.000.000 s.d. Rp40.000.000 untuk per kilogramnya tergantung kualitasnya.

Persiapan yang perlu Anda lakukan untuk usaha ini adalah membuat bangunan sebagai rumah untuk walet (istilah yang sering digunakan untuk menyebut tempat bersarangnya burung walet).

Syarat utama untuk membangun rumah walet adalah tempatnya harus teduh dan terhindar dari panas matahari serta jauh dari keramaian.

Masih kurang? Baca di artikel usaha peternakan yang menjanjikan

2. Usaha Budidaya Tanaman

Usaha budidaya tanaman

Budidaya tanaman menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dikembangkan di daerah. Berikut beberapa tanaman yang berpotensi untuk dibudidayakan dengan omzet yang menggiurkan.

  • Budidaya Tanaman Hias

Daerah pegunungan yang sejuk dan dingin sangat sesuai untuk tempat budidaya tanaman hias.

Permintaan tanaman hias, khususnya yang berbunga relatif tinggi karena banyak usaha papan bunga atau florist  yang membutuhkannya sebagai bahan baku pembuatan papan bunga.

  • Budidaya Pohon Pisang

Pohon pisang memiliki potensi yang besar untuk dibudidayakan. Selain buahnya, daunnya pun dapat dimanfaatkan oleh industri rumahan yang membuat makanan.

Saat ini, selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, daun pisang pun telah menjadi salah satu komoditas ekspor yang patut diperhitungkan.

  • Budidaya Singkong

Mungkin belum banyak orang tahu, singkong yang biasanya diasosiasikan dengan makanan orang kampung, ternyata memiliki potensi yang besar.

Permintaan singkong untuk dalam negeri biasanya digunakan dalam industri pembuatan tepung tapioka dan daunnya untuk permintaan rumah makan.

Namun, buat Anda yang berminat untuk mengembangkan budi daya singkong, seiring dengan perkembangan usaha yang Anda miliki lambat laun Anda dapat melirik pangsa luar negeri yang memberikan omzet yang lebih besar.

Bagaimana, apakah Anda berminat untuk memulai usaha di daerah sepi? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda mengembangkan bisnis yang menghasilkan omzet yang berlimpah.

Selamat berbisnis!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha souvenir
Read More

Cara Usaha Souvenir

Usaha souvenir atau cenderamata merupakan salah satu peluang usaha yang mendatangkan keuntungan. Bagi pemula, berikut cara usaha souvenir agar berjalan lancar.
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.
Usaha yang sedang ramai
Read More

Usaha yang Lagi Ramai Saat Ini

Inilah contoh peluang usaha yang sedang ramai saat ini. Di tahun 2021 kamu wajib coba merintis bisnis yang lagi ramai dan booming, pasti cepat laku dan laris.