Mahir Teknologi? Ini 10 Usaha di Bidang IT yang Menguntungkan

Usaha di Bidang IT
Mahir teknologi atau digital dan ingin mencoba salah satu usaha di bidang tersebut? Berikut ide usaha di bidang IT yang menguntungkan.

Thecronutproject.com – Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat dituntut untuk ikut andil di dalamnya. Bukan hanya sebagai konsumen atau pengguna semata, namun kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan menjalankan usaha di bidang IT atau digital.

Sektor bisnis digital yang bisa dijalankan pun sangat luas dengan peluang keuntungan yang begitu menjanjikan. Bahkan, beberapa diantaranya bisa dimulai tanpa modal. Ya, hanya berbekal skill dan kemauan, kamu bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang IT.

Daftar Usaha di Bidang IT yang Menguntungkan

Lantas apa saja ide usaha yang menguntungkan di bidang IT atau digital? Berikut beberapa diantaranya.

1. Web Development

Web Development

Dewasa ini, website menjadi sebuah produk yang sangat lazim bahkan wajib dimiliki oleh suatu perusahaan. Sebab, melalui website inilah perusahaan dapat melakukan pengenalan profil, produk hingga penjualan.

Selain itu, website juga kerap dijadikan sebagai tolok ukur terkait kredibilitas suatu lembaga, brand ataupun perorangan. Sehingga tidak heran jika kebutuhan akan website perusahaan maupun pribadi semakin meningkat.

Melihat hal tersebut, salah satu peluang usaha di bidang IT yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi web development. Tentu untuk menjadi seorang web development kamu harus memiliki kemampuan coding yang mumpuni.

Web development merupakan salah satu pekerjaan di bidang IT dengan gaji tertinggi. Kamu bisa mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta per bulan. Salah satu website yang berhasil memanfaatkan peluang bisnis ini yaitu Thelastsurvivors. Cukup fantastis, bukan?

2. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Memiliki jiwa seni tinggi dan tertarik dengan dunia digital? Tampaknya kamu cocok dengan profesi designer grafis. Target pasar dari jasa ini pun cukup luas, mulai dari perusahaan besar hingga perorangan.

Sementara untuk harga jual desainnya sendiri sangat tergantung dengan skill yang kamu miliki. Semakin unik, bagus dan rapi desain yang kamu hasilkan, maka nilai jualnya bisa semakin tinggi.

Nah, kunci untuk mendapatkan banyak klien dari bisnis ini adalah, memperbanyak portofolio. Kamu bisa membuat website portofolio atau menawarkannya melalui situs freelancer.

3. Konsultan SEO

SEO (Search Engine Optimization)
SEO (Search Engine Optimization)

Pemasaran digital atau yang lebih dikenal dengan digital marketing kini sudah menjadi strategi yang harus diterapkan oleh hampir semua pengusaha.

Pasalnya, digital marketing dianggap lebih relevan dengan era teknologi seperti saat ini, sehingga potensi keuntungan yang bakal diperoleh pun lebih besar.

Namun, dalam melaksanakan strategi digital marketing, perusahaan membutuhkan konsultan SEO (Search Engine Optimization), yang akan membantu website terkait muncul pada halaman pertama mesin pencarian sehingga lebih mudah ditemukan pengguna internet.

Dilihat dari perannya yang sangat krusial, tentu peluang yang ditawarkan dari profesi ini juga sangat menjanjikan. Terlebih, tidak semua orang menguasai ilmu SEO.

Baca juga: Harga Jasa SEO: Berapa Estimasi Biaya SEO Terbaru?

Penghasilan dari konsultan SEO pun tergolong besar, terutama jika kamu mampu meng-handle website dengan persaingan ketat.

4. Jasa Penulis Artikel

Usaha penulis konten

Sejalan dengan besarnya peluang bisnis sebagai web development dan konsultan SEO, jasa penulis artikel pun menawarkan peluang yang cukup menjanjikan.

Tak heran jika jasa penulis artikel merupakan salah satu usaha di bidang IT yang menguntungkan.

Kamu yang memiliki hobi dan kemampuan menulis bisa menawarkan jasa penulis artikel blog, copywriting ataupun jenis artikel lainnya.

Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini caranya cukup mudah, kamu bisa menawarkan jasa melalui situs freelancer atau akun media sosial.

Hanya saja, jika kamu memilih untuk melakukan pemasaran jasa melalui akun media sosial, pastikan kamu sudah memiliki target market yang tepat, seperti blogger, digital marketer, dan lain sebagainya.

Baca juga: Industri yang Berkembang di Era New Normal dengan Pemasaran Konten

5. Startup

Startup

Startup merupakan istilah yang diberikan untuk seseorang yang baru merintis usaha bidang IT atau digital.

Untuk membangun startup, pastinya kamu membutuhkan konsep dan perencanaan yang matang. Pengelolaan sumber daya manusia pun menjadi poin terpenting sebelum merintis bisnis startup.

Di sini kamu tidak harus memiliki kemampuan coding, SEO, writing atau lainnya. Sebab, kamu bisa mengajak rekan yang memiliki kemampuan tersebut untuk bergabung menjadi tim yang solid.

Nah, salah satu contoh produk IT yang berawal dari startup kecil adalah Facebook.

6. Pengembang Game

Selain sebagai hobi dan hiburan, kini bermain game juga termasuk dalam salah satu olahraga bergengsi. Hal ini membuat stigma buruk tentang game memudar, dan perkembangan software game meroket.

Kamu pun bisa menjadi development game dengan berbagai genre menarik. Namun, selain mempertimbangkan genre, kamu juga harus mempersiapkan konsep game secara matang, mulai dari gameplay, karakter dan lain sebagainya.

Meski waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah game tidak sebentar, namun jika game yang kamu kembangkan sudah berhasil rilis, keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar.

7. Pemasaran Digital

Strategi Pemasaran Produk

Seperti yang sudah disinggung di atas, saat ini pemasaran digital atau digital marketing sudah menjadi strategi wajib dalam sebuah perusahaan. Tanpa penerapan digital marketing, bukan tidak mungkin suatu brand atau perusahaan akan tertinggal jauh dari kompetitor.

Tugas dari seorang digital marketer pun cukup kompleks, mulai dari menciptakan konten yang berkualitas dan informatif, hingga menawarkan produk/jasa terkait.

Media yang digunakan juga bisa sangat beragam, mulai dari website, blog, media sosial, email dan lain sebagainya.

Dalam praktiknya, konten adalah kunci kesuksesan dari strategi pemasaran digital.

8. Toko Online

Cara Dropship Beda Marketplace

Usaha di bidang IT tidak selalu berhubungan dengan coding. Kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan berjualan melalui toko online.

Produk yang bisa kamu jual secara online sangat beragam, mulai dari elektronik, produk rumah tangga, fashion, hobi, hingga makanan sekalipun.

Sama seperti proses digital marketing, untuk mengoptimasi toko online kamu juga bisa memanfaatkan media lain seperti sosmed. Pembuatan konten yang “menjual” juga berperan penting dalam bisnis ini.

Baca juga: Cara Dropship Dari Shopee ke Tokopedia Dalam 30 Menit [Terbaru]

Selain itu, kamu sangat disarankan untuk banyak mempelajari teknik iklan berbayar. Meski harus mengeluarkan sedikit modal tambahan, namun jika teknik iklan berbayar ini berhasil, keuntungan yang bisa didapatkan akan berkali-kali lipat.

9. Membuat Aplikasi Mobile

Selain menjadi pengembang game, kamu juga bisa membuat aplikasi mobile. Jenis aplikasi yang bisa kamu bangun tentu sangat beragam, mulai dari aplikasi chatting, aplikasi keuangan, dan masih banyak lainnya.

Selain penguasaan coding, langkah awal yang harus dipersiapkan sebelum membuat aplikasi mobile adalah konsep. Lagi-lagi konsep menjadi hal mendasar yang harus dipertimbangkan sedini mungkin, karena nantinya dapat berpengaruh pada hasil akhir aplikasi yang dikembangkan.

Jika kamu berhasil membuat sebuah aplikasi dan sudah lolos uji penggunaan, selanjutnya kamu bisa mendaftarkan aplikasi tersebut ke Google Play Store.

Dengan begitu pemasaran aplikasi bakal lebih mudah, dan pengguna juga akan merasa aman ketika download aplikasi yang kamu kembangkan.

10. Jadi Podcaster

Podcaster

Sejak beberapa tahun terakhir, podcast atau konten audio yang dapat didengarkan secara online mulai menjamur di kalangan masyarakat.

Nah, daripada hanya menjadi pendengar, kamu juga bisa mencoba menjadi podcaster. Pilih tema podcast yang sesuai dengan hobi atau pengetahuan kamu. Dengan begitu, podcast yang dibuat bukan hanya menghibur, namun juga padat informasi.

Platform yang bisa digunakan untuk menjajal dunia podcasting sangat variatif, mulai dari YouTube, Spotify, Anchor dan lainnya.

Sepuluh ide usaha di bidang IT di atas tentu tidak bisa dimulai dengan mudah. Jadi, sebelum memutuskan untuk terjun ke salah satu bidang yang kamu inginkan, persiapkan secara matang segala sesuatunya.

Selanjutnya, tanamkan sikap ulet dan pantang menyerah. Karena, kesuksesan tidak bisa didapatkan hanya dalam sekejap mata!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like