Usaha Cafe Modal 5 Juta, Ini Rincian dan Cara Memulainya

Usaha Cafe Modal 5 Juta
Bisakah memulai usaha cafe modal 5 juta? Apa saja rincian biaya dan kiatnya? Temukan pemaparannya di artikel Cronut Project yang satu ini!

Thecronutproject.com – Terpikir buka bisnis cafe fancy tapi modal cuma punya 5 juta? Sebenarnya ada beberapa jenis usaha yang bisa kamu mulai, lho dengan uang 5 jutaan. Merintis usaha cafe modal 5 juta mungkin cocok untuk kamu, karena walau kecil, tapi usaha cafe punya value yang cukup fancy di mata banyak orang. 

Untuk merintis usaha cafe, kamu perlu tahu kiat-kiat dan beberapa jenis modal awal yang bisa kamu siapkan dengan uang 5 juta. Sebelumnya, kenalan dulu dengan istilah cafe agar kamu bisa modifikasi atau kembangkan usaha cafe ini!

Apa itu Cafe?

Cafe diserap dari bahasa Prancis café (dibaca kaˈfā) yang berarti kopi. Sementara dalam Cambridge Dictionary , cafe bermakna : a small restaurant where simple and cheap meals are served,  yang diterjemahkan sebagai restoran kecil yang menyajikan makanan dan minuman sederhana dengan harga yang terjangkau.

Dari pengertian ini, dapat disimpulkan bahwa kamu tidak perlu membangun sebuah cafe yang luas dengan banyak menu yang mewah. Lalu, apa saja persiapan yang harus dimulai dan bagaimana caranya?

Cara Memulai Usaha Cafe Modal 5 Juta

Cafe Modal 5 Juta

Dengan modal 5 jutaan, kamu bisa buka usaha cafe. Berikut kiat memulainya:

1. Riset Pasar dan Target

Membuka usaha apapun, tentu target utamanya adalah menghasilkan cuan dari perputaran modal. Untuk itu sebelum kamu mulai menentukan menu atau lokasi, lakukan dulu riset pasar untuk cafe kamu sehingga nantinya akan lebih untuk menentukan konsep dan lokasi serta menu. 

Jika kamu sudah terpikir menu yang ingin kamu olah, atau mungkin kamu melihat potensi di sebuah lokasi lebih dulu disertai target pasar, cara meriset target bisa kamu sesuaikan. Yang jelas, riset adalah hal mendasar dalam memulai sebuah usaha. 

2. Pilih Tempat yang Sesuai Dengan Target 

Dengan hasil riset di tangan, baik dimulai dengan lokasi yang potensial, atau pasar yang ingin kamu sasar, kemudian perilaku target seperti kebutuhan mereka, ketertarikan mereka, pesaing dan hal dasar lainnya, kamu memilih lokasi untuk cafe mu.

Tapi ingat, sesuaikan dengan budget karena selain biaya sewa, kamu perlu biaya operasional termasuk retribusi dan kebersihan. Jika ada lokasi strategis yang cocok dengan pasar yang kamu sasar di area terbuka tempat banyak kendaraan lalu lalang, atau lahan berlebih di area rumah kamu, jangan ragu untuk coba diberdayakan. 

Selain itu, jangan malu untuk menggunakan gerobak atau menyewa mobil bak terbuka yang memungkinkan untuk disulap menjadi semacam food truck

Tidak sedikit pengusaha yang memulai usaha cafe modal 5 juta dari food truck sederhana atau dengan lahan rumah seadanya, tetapi justru menghasilkan cuan yang cukup baik. Tentunya, hal ini didukung dengan konsep yang matang dari hasil riset. 

3. Mulai Dengan Konsep Sederhana Tapi Unik

Konsep untuk usaha cafe modal 5 juta perlu sederhana tapi tetap unik. Artinya, kamu perlu menemukan dan menjual ciri khas dari cafe mu, baik itu dari nama, dekorasi, maupun menu yang ingin dihidangkan kepada target pasar mu. 

Usahakan agar modal yang kamu gunakan untuk konsep ini seminim mungkin. Contohnya, tekan biaya pelayanan dengan membuat cafe mini untuk menampung 4 3 – 4 meja saja. 

Selain itu, kamu bisa menyiasati penekanan di aspek dekorasi dengan menggunakan barang-barang bekas dari rumahmu, atau dari sekitar yang masih direparasi dan disulap untuk digunakan kembali. Dengan menerapkan hal ini, kamu juga bisa menjual ciri khas berupa cafe yang ramah lingkungan atau less waste

Integrasikan tema tersebut ke dalam menu cafe juga, sehingga konsep yang dibawa tidak hanya berlaku pada dekorasi tapi pada keseluruhan brand cafe kamu. 

Baca juga: 8 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan

4. Tentukan Menu 

Walaupun cafe biasanya identik dengan sajian menu kopi, tapi sekarang banyak juga lho kafe yang menyajikan menu anti-mainstream seperti jamu kekinian, susu atau bahkan buah dan makanan sehat. 

Kembali lagi pada hasil riset pasar juga lokasi cafe yang dipilih, cek jenis menu pesaing. Jika kamu ingin bersaing dengan menyajikan menu yang mirip dengan mereka, tidak masalah. Kamu bisa mencari ciri khas untuk menu cafe untuk membuatnya berbeda dari pesaing. 

Ingat juga untuk mencari jenis menu yang bisa diolah dari bahan yang memerlukan biaya seminimal mungkin tanpa meninggalkan segi kualitasnya. 

Kamu bisa belajar dari cerita Rex Marindo ketika merintis Nasi Goreng Mafia di daerah Dipati Ukur, Bandung. Bersaing dengan banyak penjual nasi goreng, beliau memperkenalkan nasi goreng yang kaya rasa dengan rempah-rempah, diberi nama yang unik, sehingga berbeda dari para pesaingnya. 

5. Buat Rincian Modal Secara Terperinci

Ada beberapa jenis modal yang perlu kamu perhatikan untuk memulai usaha cafe modal 5 juta, yaitu : biaya bangunan, peralatan, persediaan barang habis pakai, karyawan, pemasaran.

Berikut ini adalah simulasi untuk usaha cafe modal 5 juta dengan asumsi tanpa biaya bangunan karena menggunakan lahan rumah atau lahan pribadi yang sudah ada sehingga tidak perlu sewa atau beli.

  • Peralatan: 
Kompor dan tabung gas500 000 IDR
Termos (ukuran 10 liter)200 000 IDR
Set Panci dan Wajan (teflon, marble coating)300 000 IDR
Set piring, gelas, mangkuk enamel (15 set)675 000 IDR
Set Sendok Garpu ( 2 lusin)60 000 IDR
Set Meja dan Kayu Cafe Bekas Limbah (3 set)2 000 000 IDR
Alat kebersihan (sabun dan sponge cuci piring, semprotan meja, sapu pel dan cairan pembersih lantai, cairan cuci tangan)80 000 IDR
  • Barang habis pakai:
Kopi Lokal UMKM (2 – 3 jenis berbeda)200 000 IDR
Roti UMKM Halal (3 – 5 jenis @ 10 buah)400 000 IDR
Bahan tambahan (Susu kental manis, saus, telur, margarin, butter)100 000 IDR
  • Karyawan dan Pemasaran :
Dana pemilik usaha250 000 IDR
Data untuk smartphone100 000 IDR
Retribusi dan kebersihan100 000 IDR

Dari ulasan di atas, kamu juga perlu ingat bahwa untuk masa perintisan, kamu perlu terjun langsung untuk melakukan perencanaan, produksi, bahkan pemasaran dan kebersihan serta pelayanan agar modal yang kamu keluarkan tidak lebih dari 5 juta.

Baca juga: Berapa Modal Buka Cafe? Berikut Rincian Lengkapnya

Selain kiat di atas, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang hangat dan berkualitas kepada pelanggan kamu.

Kiat-kiat tersebut disertai dengan niat dan cara yang baik, insyaa Allah membuahkan hasil yang baik secara perlahan tapi pasti. Kamu punya kiat usaha cafe modal 5 juta lain yang sudah terbukti? Silakan berbagi di sini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like