Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Usaha Air Minum Isi Ulang
Bagaimana cara membuka usaha air minum isi ulang dan berapa modal usaha ini? Berikut ini kisaran modal, keuntungan dan panduan usaha air isi ulang untuk pemula.

Thecronutproject.com – Bagaimana cara membuka usaha air minum isi ulang dan berapa modal usaha ini? Berikut ini kisaran modal, keuntungan dan panduan usaha air isi ulang untuk pemula.

Modal usaha air isi ulang yang tidak terlalu tinggi juga menjadi poin plus mengapa sebaiknya Anda memilih bisnis satu ini.

Selain itu, tidak membutuhkan skill khusus dan menyita banyak waktu. Bisa dimulai dengan modal Rp. 1 juta. Sangatlah cocok sebagai bisnis sampingan. 

Mengapa Memilih Usaha Air Minum Isi Ulang?

Dari sekian banyak jenis, mengapa dapat dikatakan usaha yang satu ini akan mendatangkan banyak profit? Ada beberapa alasan yang mendasarinya. Alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Modal yang diperlukan untuk franchise ini tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa start meskipun tidak mempunyai modal yang sangat besar
  2. Air minum adalah hal fundamental yang harus dikonsumsi oleh manusia untuk bertahan hidup dan anak kos biasanya memilih harga yang murah
  3. Bukan hanya mahasiswa saja, tetapi tentunya penduduk sekitar juga membutuhkan air dengan jumlah yang banyak
  4. Meskipun mengeluarkan modal yang sedikit, tetapi keuntungan yang didapatkan juga cukup banyak

Jenis-Jenis Bisnis Air Minum Isi Ulang

Setelah mengetahui beberapa alasan yang membuat peluang bisnis air minum isi ulang cukup menjanjikan, sekarang mari kita bahas jenis-jenisnya. Sehingga ketika memulai bisnis nanti lebih terkonsep dan tidak asal jadi. 

1. Bisnis Air Minum Isi Ulang Biasa

Yang berarti Anda menjual merek sendiri dan bukannya merek air minum terkenal seperti aqua, cleo atau sejenisnya. Jikapun menjual dari brand lain, maka memilih merek yang masih terkenal di lingkup kabupaten atau kota.

Ini cocok untuk target market kelas menengah ke bawah karena harga jual air minum isi ulang sekitar Rp. 4.000 – Rp. Rp. 6.000 per galon. Dengan harga segitu biasa dipesan oleh pemilik warung makan, kantin dan perumahan.  

2. Bisnis Air Reverse Osmosis (RO)

Usaha air minum isi ulang kali ini memanfaatkan teknologi semipermeabel canggih. Sehingga diperoleh air yang tidak berasa, tidak berbau, higienis dan lebih sejuk. Namun sayang, untuk memulainya membutuhkan modal lebih dari Rp. 25 juta.

Sehingga tugas Anda bukan menjual ke konsumen, melainkan ke agen-agen.

3. Bisnis Air Mineral Bermerk

Terakhir, Anda bisa berjualan air mineral dari merek terkenal. Seperti Aqua, Cleo, dan Vit. Karena merek tersebut sudah terkenal, sehingga menjualnya juga lebih mudah. Semua perawatan galon dan pengisian air dilakukan langsung oleh pabrik.

Harga per galon biasa dijual seharga Rp. 12.000 – Rp. 18.000.

Sebelum membuka usaha, pelajari dulu strategi pemilihan lokasi wirausaha agar usahanya banyak pembelinya.

Perhitungan Keuntungan

Kita ambil contoh Anda memilih usaha air minum isi ulang merek Aqua. Agar Anda memiliki gambaran umum terkait bisnis ini, ada baiknya Anda melakukan perhitungan keuntungan terlebih dahulu.

Skema di bawah ini akan memberi Anda perkiraan keuntungan yang didapat.

  • Sebagai estimasi awal, Anda dianggap menghabiskan setidaknya Rp. 32.000 untuk biaya pembelian galon. Selain galon, ada biaya isi air sebesar Rp. 15.500 per galon. Kita asumsikan membeli 20 galon. Berarti modal awal adalah Rp. 640.000 + Rp. 310.000 = 950.000.
  • Harga jual Rp. 18.500 per galon   
  • Jika dalam sehari Anda dapat mengisi ulang air sebanyak 20 galon, maka dapat dihitung estimasi keuntungan adalah Rp. 1.200.000. 
  • Pada bulan pertama, keuntungan dikurangi modal awal menjadi 250.000. Baru di bulan berikutnya kembali normal.  

Baca juga: Rincian modal usaha toko sembako

Keuntungan yang lumayan sebagai bisnis sampingan. Sehingga tidak ada salahnya mencoba membuka usaha air minum isi ulang tersebut. Apalagi modalnya bisa dibilang relatif kecil.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like