Macam Jenis dan Tujuan Press Release

Tujuan press release

Thecronutproject.com – Salah satu sumber wartawan menulis berita adalah press release. Tujuan press release adalah untuk memberikan informasi kepada wartawan terkait perkembangan atau kabar terbaru dari sebuah lembaga atau perusahaan.

Press release dibuat oleh public relation atau humas suatu lembaga. Salah satu cara jurnalis mengumpulkan berita atau fakta adalah melalui siaran pers yang diberikan.

Press release disebut juga siaran pers pemberitaan sebuah lembaga atau perusahaan. Biasanya dibagikan kepada media baik secara online atau offline. Ada lembaga yang memberikan siaran tertulis, ada juga yang menyampaikan secara langsung.

Biasanya siaran tersebut berisi tentang kegiatan, perkembangan, dan pencapaian suatu perusahaan. Sehingga menarik perhatian atau simpati orang lain terhadap perusahaan atau lembaga tersebut.

Jika ada kasus atau permasalahan yang terjadi di lembaga tersebut, press release juga bisa dibuat untuk membuat berita penyeimbang atau jawaban terkait masalah yang terjadi.

Jurnalis akan menuliskan fakta yang ada dalam press release tersebut. Namun demikian biasanya mereka akan mencari tambahan informasi baik dari bagian humas atau pejabat terkait.

Kendati demikian tidak harus semua yang tertulis di press release harus dimuat di media. Jurnalis bisa memilih mana jenis rilisan yang menyangkut kepentingan orang banyak dan mana yang tidak.

Apa Tujuan Press Release?

Press Release

Bagi perusahaan yang melantai di bursa tentunya penting membuatnya. Tujuan press release bagi perusahaan adalah untuk menginformasikan perkembangan saham, laporan keuangan, dan laba yang didapat.

Jadi tujuannya bukan hanya untuk menguntungkan perusahaan, tetapi juga harus menyangkut kepentingan orang banyak.

Tujuan press release juga bisa mengenalkan produk dari perusahaan. Misal ada produk baru yang dibuat dan akan meluncurkannya.

Jika produk tersebut banyak dicari dan bernilai besar maka bisa saja perusahaan menggelar press release. Misalnya saja perusahaan otomotif yang meluncurkan mobil atau motor keluaran terbaru.

Contoh lain, peluncuran produk gawai terbaru. Handphone atau ponsel adalah kebutuhan utama masyarakat saat ini.

Jika ada produk ponsel terbaru apalagi dari produsen besar pasti ditunggu. Dalam siaran ini pasti disampaikan bukan hanya harga. Akan tetapi, detail spesifikasi handphone.

Pihak produsen juga akan memutar video kelebihan dari produk terbaru tersebut ketika siaran langsung.

Nah, dari keterangan di atas jelas tujuan dibuat press release untuk memberi informasi kepada publik terkait perusahaan atau lembaga. Dalam hal ini termasuk produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Masyarakatpun menunggu informasi terkait.

Macam-macam Press Release

Ada beberapa jenis press release yang dikenal, ini bisa disampaikan secara offline dalam bentuk hard copy atau disampaikan secara langsung oleh perusahaan atau lembaga.

Press release bisa juga dilakukan secara online melalui zoom atau isi rilisan dikirim melalui email. Hanya saja mengirim melalui email kurang efektif. Sebab seringkali email diabaikan dan tidak terbaca.

Publikasi ke beberapa media kini juga bisa dilakukan tanpa harus kontak sana-sini. Cukup dengan jasa press release, semua bisa disampaikan melalui media yang di pilih.

Berikut ini jenis press release yang dikenal:

1. Product Release

Perusahaan kerap menggunakan jenis siaran pers ini. Perusahaan akan menjelaskan terkait produk, keunggulan, spesifikasi, dan tentu saja harga yang dipasang.

2. Financial Release

Selanjutnya adalah finansial release. Ini terkait dengan informasi yang disampaikan oleh perusahaan keuangan. Mereka bisa melaporkan hasil penjualan, saham, dan juga informasi jika ada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

3. Press Release Public

Terakhir ada press release yang disampaikan oleh perusahaan atau lembaga. Informasi tersebut memuat info penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak.

Demikian ulasan terkait tujuan press release. Siap membuatnya?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like