5 Tools Gratis untuk Mendukung Bisnis Penulisan Artikel

Tools gratis membuat artikel seo
Untuk menghasilkan artikel yang human and SEO friendly, Anda bisa menggunakan alat bantu. Berikut tools gratis untuk membuat artikel SEO.

Thecronutproject.com – Menjajal peruntungan dari bisnis freelace menulis adalah upaya yang gampang-gampang susah. Ya, selain harus pandai merangkai kata menjadi susunan kalimat yang enak dibaca serta memenuhi standar tertentu, seperti SEO.

Nah, untuk menghasilkan tulisan yang human and SEO friendly, Anda bisa menggunakan alat bantu, seperti tools pencari kata kunci, cek plagiat dan lain sebagainya. Beruntungnya, beberapa tools membuat artikel SEO tersebut bisa digunakan secara gratis.

Berikut ini adalah 5 contoh alat gratis untuk mendorong bisnis menulis Anda sehingga menghasilkan tulisan yang lebih baik dan cepat. Langsung saja coba satu per satu alat ini, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa Tools Gratis Bantu Bisnis Penulisan Lebih Mudah

1.  Tools Riset Kata Kunci: Keyword Chef

Keyword Chef

Ada beberapa tahapan dalam menulis. Pertama, brainstorming atau mendaftar kata kunci yang akan menjadi topik pembahasan. Tidak cukup sampai di tahap ini, Anda harus melanjutkan mencari kata kunci bervolume tinggi dengan tingkat persaingan rendah.

Kemudian, barulah disesuaikan dengan niche yang menjadi fokus penulisan. Inilah yang membuat hasil tulisan tidak hanya bagus, tetapi sukses di pencarian Google.

Namun, menemukan kata kunci dengan kriteria memiliki volume tinggi dan persaingan rendah tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan alat bantu, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Keyword Chef (Koki Kata Kunci).

Singkatnya, Keyword Chef merupakan alat pencarian kata kunci yang dapat memberikan ide unik dari kata kunci yang menjadi topik blog Anda. Semisal, web membahas mengenai kesehatan. Anda akan menemukan ide-ide kata kunci yang sesuai dengan topik kesehatan dan  disusun berdasarkan peringkat atau disebut sebagai kata kunci benih.

***Tip Pro: Kata kunci benih merupakan penemuan kata kunci yang dicari atau diinginkan untuk topik blog.***

Cara kerja alat Keyword Chef adalah freemium, yakni menghabiskan kredit yang disediakan untuk setiap hasil kata kunci yang dicari.

Terdapat 1000 kredit yang dikirimkan ke akun Anda. Kredit akan berkurang 1 untuk setiap hasil kata kunci yang dicari. Nahm untuk hasil kredit tak terbatas Anda bisa beralih ke versi premium.

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya? Simak dalam tabel perbandingan berikut.

KelebihanKekurangan
Paket premium Keyword Chef lebih ekonomis dibandingkan dengan alat bantu penelitian kata kunci lainnyaBelum menyediakan skor kesulitan yang penting dalam menentukan kata kunci
Membiasakan penggunaan Keyword Chef tidak membutuhkan waktu lama karena alat bantu ini memang didesain khusus untuk pemulaFitur yang tersedia tidak semua gratis
Halaman antar muka Keyword Chef sangat terorganisir, sehingga tidak sulit menemukan kata kunci panjang berekor yang bagus 
Dapat mudah pengguna menemukan kata kunci bernilai tinggi hanya dengan menambahkan wildcard atau tanda bintang, tepatnya sebelum kata kunci yang dicari 
Terdapat kolom SERP sebagai informasi situs mana saja yang memiliki peringkat pada halaman atas pencarian Google untuk kata kunci tertentu 
Tersedia fitur Filter untuk mempermudah menemukan hasil kata kunci yang lebih tepat 
Dapat menyimpan hasil pencarian kata kunci Keyword Chef ke dalam file CSV 

Baca juga: Harga Jasa SEO: Berapa Estimasi Biaya SEO Terbaru?

2. Alat Bantu Buat Headline Unik: CoSchedule

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat melalui Keyword Chef, Anda bisa beralih ke alat bantu untuk headline.

Headline atau judul merupakan aspek terpenting yang akan menentukan banyaknya traffic yang datang ke halaman blog. Ya, sebelum masuk ke blog, judul adalah hal utama yang dipertimbangkan pembaca.

Ketika judul yang ditampilkan tampak menarik dan sesuai topik yang sedang dicari, maka user tidak akan segan mengklik blog Anda di internet. Oleh sebab itu, judul yang eye-catching bisa dikatakan sebagai kunci tingginya traffic blog.

Namun, sama dengan pencarian kata kunci, menemukan headline yang menarik tidak semudah praktiknya. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan fitur Headline Analyzer dari CoSchedule.

CoShedule akan menganalisis judul postingan blog sambil mempertimbangkan kelayakan kliknya. Makin tinggi skor yang diberikan, artinya sangat layak dijadikan sebagai judul postingan.

Bila skor yang didapat rendah, CoSchedule akan memberikan tips agar skornya meningkat. Beberapa di antaranya mencakup penggunaan kata-kata yang kuat, nomor pada headline, atau membuat headline lebih deskriptif.

Meskipun artinya tidak selalu mendapatkan headline yang tepat dalam sekali coba, trial error menggunakan CoSchedule dapat meningkatkan kemampuan Anda membuat headline yang mencekam dan layak menerima banyak klik dari user.

Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

KelebihanKekurangan
Menyediakan ekstensi Headline Analyzer gratis yang dapat diterapkan di Chrome sehingga mempermudah kamu memeriksa judul blog tanpa membuka website terlebih dahuluSama seperti alat bantu menulis lainnya, ada kalanya hasil pemeriksaan Headline Analyzer CoSchedule tidak akurat. Sangat tidak dianjurkan mengandalkan alat ini sepenuhnya, melainkan sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda
CoSchedule dapat digunakan sepenuhnya secara gratis 
Memiliki alat pratinjau berita utama di mesin telusur dan media sosial 
Mencatat riwayat headline dalam setiap sesi dan memperlihatkannya untuk mengukur kemajuan dalam pembuatan headline 
Dapat menyalin tajuk siap pasang pada postingan hanya dalam sekali klik 

3. Prepostseo.com

Prepostseo

Di samping meneliti kata kunci dan headline yang tepat, membuat tulisan yang otentik dan unik adalah suatu keharusan untuk bisa menghasilkan tulisan yang ‘sukses’.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan plagiarisme untuk memastikan karya Anda original.

Di internet, ada beragam alat bantu pengecekan plagiat. Mayoritas menggunakan alat bantu berbayar karena dianggap lebih akurat. Tapi sebagai pemula, tidak ada salahnya menggunakan pemeriksa plagiarisme gratis seperti PrePostSEO.

Pemilik PrePostSEO merancang alat ini dengan bantuan AI (Artificial Intelligence) dan algoritma akurat dalam mencocokkan dan menganalisis konten yang diunggah di internet. Sebagai pertimbangan, simak daftar tabel berikut yang menjabarkan kelebihan dan kekurangan PrePostSEO.

KelebihanKekurangan
Tidak meminta pengguna mengisi Captcha yang merepotkanKarena penggunaan PrePostSEO gratis terbatas hingga 1500 kata, gunakan paker premium untuk pengecekan kata lebih banyak. Jika menginginkan yang gratis, bagi saja beberapa tulisan menjadi beberapa potong saat dicek
Memberikan pengecekan plagiarisme 3 kali lebih cepat dibandingkan alat bantu biasa lainnya 
Memungkinkan memeriksa plagiarisme ke banyak bahasa 
File hasil pengecekan PrePostSEO dapat diekspor ke dalam bentuk PDF lengkap 
Tersedia fitur ekstensi pada Chrome yang mempermudah Anda saat bepergian 
Memiliki aplikasi di Play Store (Android) ataupun App Store (iOS) untuk versi mobile 
Terdapat fitur yang bisa mengintegrasi API PrePostSEO sehingga tidak perlu membuka akun web untuk mengecek plagiarisme tulisan pada blog 
Tersedia fitur Generator Kutipan yang membantu kamu menambahkan kutipan referensi untuk kata-kata yang terdeteksi plagiat oleh PrePostSEO 
Terdapat 2 cara menggunakan alat ini, yaitu: Menempel teks langsung ke dalam kotak yang disediakanMengunggah file dokumen tulisan dalam format TXT, DOC, DOCX, dan PDF atau dari penyimpanan lokal maupun Cloud 
PrePostSEO memberikan tanda warna berbeda pada konten yang terdeteksi plagiat. Yang lebih menarik lagi yaitu sistem presentase kalimat tulisan dengan kalimat yang dijiplak. 

Karena masih freepremium, Anda hanya memiliki kesempatan memeriksa plagiarisme terbatas untuk 1000 kata. Inilah daftar ketentuan yang berlaku di tools pemeriksa plagiarisme PrePostSEO.

Pricing & PlansJumlah Kata
Menggunakan PrePostSEO Tanpa Mendaftar1000 kata
Menggunakan PrePostSEO sebagai Pengguna Dasar1500 kata
Menggunakan PrePostSEO Premium Tingkat Dasar5000 kata
Menggunakan PrePostSEO Premium Tingkat Standar15000 kata
Menggunakan PrePostSEO Premium Tingkat Perusahaan25000 kata

4.  Alat Bantu Parafrasa: Editpad

Berikutnya adalah alat bantu untuk parafrasa. Parafrasa merupakan proses mengganti kata-kata tulisan menjadi bentuk lain tanpa mengubah makna dari tulisan tersebut.

Saat menulis, ada kalanya penulis mentok dalam mengolah kata hingga memakan banyak waktu. Nah, alat ini dapat membantu Anda menemukan rangkaian kata yang tepat sehingga dapat terhindar dari plagiat dengan cepat dan mudah.

Alat pembantu parafrasa terbaik yang dapat mendukung bisnis penulisan Anda adalah Editpad.org. Ini merupakan alat parafrasa gratis dengan Kecerdasan Buatan Pemrosesan Bahasa Alami (NLP) yang membuat alat ini mampu memahami konteks dari teks untuk menghasilkan paraphrase yang bagus.

Sama seperti alat bantu penulisan lainnya, Alat Parafrase dari Editpad juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

KelebihanKekurangan
Dapat digunakan secara gratisPenggunaan akun gratis terbatas untuk melakukan paraphrase sampai dengan 1000 kata
Editpad mempermudah Anda mengecek parafrasa yang dibuat dengan cara menebalkan konten yang diparafrasaHarus membaca ulang hasil parafrase Editpad untuk memeriksa ketepatan keterbacaan kalimat yang diparafrase
Dapat memparafrase dari berbagai bahasa, termasuk Indonesia 
Memungkinkan Anda mengunduh laporan parafrase dalam format TXT dan DOC 
Untuk menggunakannya, cukup dengan menyalin teks atau mengunggah dokumen tulisan sesuai dengan format yang berlaku, seperti TXT, DOC, DOCX, dan PDF 

Baca juga: 2 Contoh Strategi Pemasaran Produk Online dan Penerapannya

5. Summarizer.org

Summarizer.org

Tulisan yang bagus tidak hanya unik dengan headline menarik. Bagian kesimpulan juga turut andil dalam menilai sebuah tulisan secara keseluruhan.

Sayangnya, tidak sedikit writer yang bingung ketika membuat kesimpulan karena kompleksitas topik. Nah, untuk membuat kesimpulan yang bagus dengan cepat, Anda dapat memanfaatkan alat Text Summarizer dari Summarizer.org.

Alat bantu ini akan memberikan hasil kesimpulan dari kalkulasi mempersingkat konten panjang yang diunggah merujuk pada beberapa faktor, yakni:

  • tingkat akurasi
  • panjang kalimat
  • kualitas
  • serta struktur kalimat

Summarizer.org mampu menghasilkan kesimpulan tulisan karena alat ini didukung dengan algoritma Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan tersebut bekerja dengan cara menganalisis semua poin utama. Setelah itu meringkasnya tanpa mengubah inti teks yang disampaikan.

Untuk kelebihan dan kekurangan Summarizer.org sebagai alat bantu pembuat kesimpulan tulisan dapat dilihat dalam tabel berikut.

KelebihanKekurangan
Mempertahankan pilihan dari bantuan fitur “Baris Terbaik” untuk menghasilkan ringkasan yang bagusHarus membaca ulang hasil ringkasan yang dibuat Summarizer.org
Summarizer.org dapat digunakan secara gratis 
Terdapat fitur “Tampilkan Peluru” yang menghasilkan ringkasan melalui poin-poin tulisan yang diunggah 
Dapat mengatur ringkasan sesuai dengan preferensi 
Teks yang ingin dibuat ringkasan hanya perlu disalin dan ditempelkan saja pada kotak yang tersedia, atau bisa juga dengan mengunggah file dari penyimpanan lokal 
Tidak perlu khawatir dengan masalah bahasa karena alat pembuat ringkasan ini mendukung banyak bahasa, termasuk Indonesia 

Kesimpulan

Itu tadi alat bantu gratis yang dapat membantu Anda menghasilkan tulisan bagus dan sesuai standar SEO. Mulai mencari kata kunci, membuat headline, parafrasa, dan kesimpulan, serta mengecek plagiarisme dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like