Tips Usaha Laundry

Thecronutproject.com – Seiring perkembangan waktu, sepertinya banyak orang menghabiskan waktunya untuk beraktivitas di luar rumah. Hal ini membuat beberapa pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian tidak lagi menjadi fokus utama.

Dalam situasi ini, usaha laundry kiloan menjadi alternatif terbaik bagi pengusaha. Ada banyak tips usaha laundry yang bisa mendukung bisnis ini cepat sukses.

Seperti yang diketahui, target pasar usaha laundry bukan hanya pekerja kantoran saja. Tapi juga para pasangan muda, mahasiswa, penghuni kos-kosan, dan masih banyak lagi.

Banyaknya target pasar yang bisa dibidik, membuat makin menjamurnya usaha laundry. Maka terapkan saja tips usaha laundry berikut supaya bisa bertahan dalam persaingan dan cepat sukses.

1. Menetapkan Harga yang Tepat

Pada dasarnya orang memang akan membeli barang atau jasa dengan memperhitungkan harga. Mereka cenderung lebih memilih mana yang murah, dan meninggalkan yang terlalu mahal.

Maka ketika memutuskan untuk membuka usaha laundry, setidaknya pikirkan untuk menetapkan harga yang paling tepat.

Jangan terlalu murah, karena kebanyakan orang akan langsung berstatement buruk tentang jasa tersebut. Tapi jangan terlalu mahal juga, karena akan membuat konsumen malah berbalik lari ke pesaing.

Cara paling tepat adalah lebih dulu melakukan survey di daerah sekitar tempat laundry. Jika rata-rata penghuninya mahasiswa sesuaikan harga dengan kantong mereka, dan lain-lain.  

Pelajari juga: Cara menentukan harga grosir dan eceran

2. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Selain menetapkan harga yang tepat, sebaiknya beri juga layanan terbaik. Konsumen akan sangat nyaman menggunakan jasa, jika mereka dilayani dengan prima.

Salah satu pelayanan yang bisa diberikan seperti buka toko dari pagi. Dengan begitu konsumen terutama mereka para pekerja kantoran bisa leluasa mampir sebelum berangkat kerja.

3. Memilih Lokasi

Ada pepatah yang menyebutkan jika lokasi menentukan prestasi. Pepatah seperti ini juga bisa diterapkan ketika membuka usaha, termasuk laundry.

Silahkan pilih lokasi usaha yang strategis untuk memaksimalkan jumlah pelanggan yang datang. Misalnya dekat perumahan mahasiswa, kos-kosan pekerja kantoran, atau di dekat sekolah.

4. Gencar Melakukan Promosi

Semua sudah pasti tahu, jika cara paling ampuh untuk mengalahkan pesaing adalah dengan gencar melakukan promosi.

Usahakan untuk melakukan promosi sekreatif mungkin, kalau bisa yang belum dipakai oleh pesaing. Lakukan melalui semua jalur baik online maupun offline. Sebarkan brosur, pamflet, di jalan-jalan besar.

Ingin yang lebih murah, lakukan secara online melalui media sosial. Tidak salah juga jika mencoba membuat website khusus supaya konsumen lebih tertarik.

Pemasaran tidak hanya untuk mengenalkan produk saja. Bisa juga dilakukan dengan memberikan diskon saat pembukaan, atau pemberian voucher khusus bagi mereka yang datang mencoba laundry paling cepat.

5. Berusaha Menghargai Waktu

Salah satu cara supaya usaha laundry cepat sukses adalah buat supaya konsumen percaya dengan pelayanan yang diberikan.

Misalnya menjanjikan pakaian bisa diambil besok lusa, artinya hari tersebut harus siap diambil.

Jangan ada alasan apapun yang membuat konsumen kecewa. Maka dari itu sebisa mungkin hargai waktu, supaya semua bisa selesai tepat waktunya.

6. Kreatif Dan Inovatif

Agar tetap menarik perhatian konsumen, sebaiknya terus lakukan inovasi. Misalnya jika biasanya hanya memberikan pelayanan laundry kiloan khusus pakaian, bisa mulai melayani cuci sepatu.

Tidak ada salahnya juga memberikan pelayanan cuci boneka, sprei, hingga bed cover. Dengan begitu, konsumen mungkin merasa lebih praktis dan senang menggunakan jasa laundry tersebut.

7. Memperhatikan Perkembangan Bisnis

Setiap usaha pasti selalu mengalami pasang surut. Kadang sepi namun ada juga waktu dimana pelanggan membludak.

TIPS

Untuk usaha laundry, biasanya pada musim penghujan rata-rata mendapat banyak sekali pesanan laundry.

Dalam kondisi tersebut pasti dibutuhkan alat pengering khusus, karena tidak mungkin hanya mengandalkan cahaya matahari.

Maka jika usaha laundry sudah berkembang usahakan untuk membeli alat tersebut. Jangan hanya memikirkan keuntungan saja. Alat untuk operasional juga sebaiknya diperhitungkan ketersediaannya.

Itu tadi beberapa tips usaha laundry supaya cepat sukses. Usaha laundry dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

Selain karena modalnya tidak cukup besar, target pasar usaha ini tergolong luas. Maka tidak ada salahnya mencoba membuka usaha tersebut.

Tinggalkan komentar