Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips Menabung Untuk Pelajar
Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung.

Ini adalah kegiatan yang bisa memberikan dampak baik di masa depan. Dengan mengajarkan menabung pada pelajar sejak dini maka anak tersebut akan lebih mandiri dan bisa menghargai uang.

Tips Menabung Untuk Pelajar yang Baru Belajar Menabung

Meski di masa pandemi seperti sekarang ini seorang pelajar masih bisa menabung. Tips menabung untuk pelajar di masa pandemi akan diulas secara singkat setelah ini. Mari perhatikan setiap tips yang ada di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan atau Motivasi Menabung

Sebelum memutuskan untuk menabung tentu hal pertama yang harus ada adalah motivasi atau tujuan. Jika ada alasan atau tujuan yang kuat untuk seorang pelajar menabung ini bisa dijadikan motivasi.

Misalnya saja ingin membeli sepatu baru, menukar handphone dengan tipe yang lebih bagus, atau membantu orang tua untuk membayar biaya sekolah.

Jika tujuan dari menabung sudah jelas, maka aktivitas menabung sehari-hari akan terasa sangat mudah dan saat mulai terkumpul semakin bersemangat. Jika tujuannya tidak jelas maka motivasi untuk menabung pun kurang kuat.

2. Coba Sisihkan Sedikit Uang Jajan untuk Menabung

Membiasakan diri menabung itu tidak mudah. Baiknya hal yang terlihat sederhana ini dilakukan sejak masih kecil. Jika sudah usia SD biasanya orang tua sudah memberikan uang saku. Dari uang saku itu baiknya biasakan untuk menyisihkan sedikit dan masukkan pada celengan.

Uang saku atau uang jajan diberikan orang tua setiap hari. Tidak ada salahnya menyisihkan uang itu dalam jumlah kecil namun rutin setiap harinya. Tanpa terasa tabungan akan semakin banyak.

3. Pakai Uang Koin atau Receh

Agar menabung bisa terasa lebih mudah coba gunakan uang koin atau uang receh. Setiap ada sisa atau uang kembalian 500 rupiah bisa langsung dimasukkan ke dalam celengan.

Hal ini terasa jauh lebih ringan saat menabung karena uang yang disisihkan bukan langsung dalam jumlah besar.

Meski uang receh jika dikumpulkan secara rutin setiap harinya maka dalam waktu beberapa bulan saja pasti hasilnya sudah banyak.

Apalagi sekarang ini ada uang receh senilai seribu rupiah. Tentu ini bisa membuat jumlah uang yang terkumpul pada celengan cepat bertambah banyak.

4. Pilih Celengan yang Menarik

Tips menabung untuk pelajar berikutnya adalah dengan memilih celengan yang unik. Ini bisa menjadikan anak lebih semangat mengisi celengan meski hanya dengan uang receh. Ini bisa dilakukan untuk pelajar SD hingga yang sudah di SMA.

Memilih bentuk atau motif pada celengan yang digunakan bisa menjadi motivasi sendiri untuk terus memasukkan uang ke dalamnya.

5. Menabung Pada Orang Lain yang Dipercaya

Pelajar usianya beragam namun yang mulai mendapat uang saku adalah anak SD hingga SMA. Bagi anak-anak atau usia sekolah dasar memilih celengan yang unik bisa menjadi cara jitu. 

Sementara untuk anak SMA yang ingin menabung tipsnya bisa dengan menitipkan sedikit uang saku pada orang lain. Orang lain bisa saja orang tua, sepupu, sahabat, atau mungkin membuka sebuah tabungan untuk pelajar.

Jika ingin mencoba menitipkan uang tabungan pada orang lain yang dipercaya, agar lebih semangat menabung cobalah minta untuk dibuatkan buku tabungan. Minta juga untuk orang lain tersebut untuk mengingatkan setiap hari untuk menabung.

Sebagai tambahan untuk menabung, ini beberapa contoh usaha yang cocok untuk mahasiswa

Nah, itu dia beberapa tips menabung untuk pelajar yang cukup sederhana dan mudah dilakukan. Pada intinya menabung bisa dilakukan dengan mudah jika ada niat yang kuat serta disiplin. Membiasakan diri untuk menabung memang tidak mudah namun saat sudah terbiasa menabung akan menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like