6 Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga
Menjadi ibu rumah tangga harus pintar mengatur keuangan keluarga. Dibawah ini tips menabung ibu rumah tangga.

Thecronutproject.com – Jika ingin hemat dan punya tabungan sendiri, berikut beberapa tips menabung ibu rumah tangga. Para ibu-ibu pasti suka dengan cara menabung seperti di bawah ini.

Menjadi ibu rumah tangga harus pintar memanage keuangan keluarga. Terpenuhi atau tidaknya kebutuhan orang satu rumah sangat tergantung dari cara ibu mengatur keuangan.

Nah, baiknya sebagai ibu rumah tangga prinsip untuk selalu berhemat harus selalu diterapkan. Salah satu cara berhemat adalah dengan menabung. Tips menabung ibu rumah tangga akan diulas di sini.

Cara Pintar Menabung Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa tips yang bisa dicoba para ibu rumah tangga agar bisa menabung. Ingin tahu apa saja tipsnya, baca ulasan berikut ini:

1. Ikuti Ragam Arisan

Arisan
by harnas.co

Tips menabung ibu rumah tangga yang paling disukai adalah dengan ikut arisan. Tentu sebagai ibu-ibu arisan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dinanti. Selain bisa berkumpul dengan teman arisan tanpa disadari ini adalah kegiatan menabung.

Bisa dikatakan arisan ini merupakan kegiatan menabung dengan cara menyisihkan uang kepada orang lain yang dipercaya. Arisan ini sendiri bisa diadakan di banyak tempat.

Mau di lingkungan keluarga, sahabat, tetangga, atau teman kerja. Jadi semakin banyak uang yang disisihkan dan saat mendapatkannya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan.

2. Buat Daftar Belanja

Daftar belanja

Ini adalah salah satu tips untuk ibu-ibu yang tidak bisa mengontrol diri saat pergi belanja. Saat akan belanja baiknya buatlah sebuah catatan yang isinya barang-barang kebutuhan rumah yang sudah habis.

Catat juga apa saja kebutuhan dalam satu bulan. Jika sudah selesai membuat catatan tersebut jangan lupa kaji ulang.

Tujuan mengkaji lagi isi catatan daftar belanja adalah untuk mengevaluasi kembali apakah barang yang tercatat benar-benar dibutuhkan atau masih bisa ditunda di lain waktu. Saat berbelanja, gunakan catatan tersebut untuk mencatat harga setiap barang yang sudah dibeli.

Nanti sampai di rumah, bisa melihat mana barang yang mahal dan mana yang lebih murah. Selisih harga sangat menentukan ibu bisa menabung apa tidak.

3. Coba Kumpulkan Uang Receh

Uang receh

Uang koin atau uang receh biasanya disepelekan. Padahal nilai uang receh sama saja dengan uang kertas, sama berharganya. Tidak ada salahnya membuat tempat khusus untuk mengumpulkan uang receh yang didapat jika ada kembalian dari uang belanja.

Kumpulkan saja uang receh yang ada, sedikit-sedikit nanti jumlahnya bisa tidak terduga. Secara otomatis ibu pun sudah mempunyai tabungan meski bentuknya uang receh.

4. Buat Buku Laporan Sendiri

Ini merupakan tips menabung ibu rumah tangga yang baiknya selalu dilakukan. Membuat sebuah buku laporan disini maksudnya adalah selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan selama satu bulan.

Ini gunanya untuk memantau kondisi keuangan rumah tangga. Jika ada lebihan atau sisa dari uang bulanan itu bisa dijadikan sebagai tabungan.

Dari buku laporan ini harapannya pengeluaran bisa lebih terkontrol dan bisa lebih berhemat. Jika ada masalah bisa segera ketahuan dan mendapat solusi secara cepat. Tips ini termasuk salah satu hal yang wajib dilakukan untuk memanage keuangan.

5. Tentukan Angka Maksimal Untuk Belanja

Cara menabung ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan membuat budget atau menentukan pengeluaran setiap bulannya berapa. Jadi daftar barang yang akan dibeli menyesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

Ini bisa menjadi tips yang lebih efektif. Misalnya saja dengan gaji satu juta pengeluaran maksimal adalah 500 ribu rupiah, dan sisanya disimpan selain untuk tabungan juga untuk dana darurat.

6. Cari Diskon atau Promo

Untuk tips yang satu ini tentu sudah sangat identik dengan gaya belanja ibu rumah tangga. Itu hal yang wajar karena memang ibu rumah tangga harus pintar menghemat uang belanja.

Dengan mencari diskon atau promo, uang belanja bisa lebih ditekan namun kebutuhan tetap terpenuhi. Ini adalah salah satu tips paling disenangi ibu rumah tangga.

Referensi artikel yang tepat:

Nah, itulah beberapa tips menabung ibu rumah tangga. Mengelola keuangan dalam rumah tangga memang cukup memusingkan, apalagi jika uang bulanan tidak imbang dengan harga barang kebutuhan di pasar. Berhemat adalah solusi paling tepat untuk mengelola keuangan rumah tangga.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Aplikasi Keuangan Rumah Tangga
Read More

Aplikasi Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga itu tidak gampang. Berikut rekomendasi aplikasi keuangan rumah tangga yang cocok sekali untuk digunakan mengatur keuangan.