Apa itu Syarat Ekonomis Teknologi Tepat Guna?

Teknologi Tepat Guna

Thecronutproject.com – Sebelum kita mempelajari mengenai syarat ekonomis teknologi tepat guna, kita harus mengerti terlebih dahulu dasar dari teknologi tepat guna.

Jika kita berbicara mengenai sebuah usaha atau bisnis, kita pasti menyadari bahwa kita juga menggunakan bantuan teknologi yang dapat membantu segala proses usaha, bisnis, hingga pekerjaan kita. Teknologi tersebut, biasanya disebut dengan teknologi terapan atau teknologi tepat guna.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Berdasarkan Impres No. 3 Tahun 2001, teknologi tepat guna merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat membantu masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta bisa menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Jadi, pada intinya, pengertian teknologi tepat guna merupakan teknologi yang tepat sasaran dan berguna untuk masyarakat yang menggunakan teknologi tersebut, terutama dapat menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

Nah, biasanya teknologi tepat guna juga dikenal dengan teknologi terapan, yang dimana teknologi ini biasanya menggabungkan teknologi modern dengan teknologi tradisional, sehingga menghasilkan sebuah teknologi dengan fungsi terbaru, namun dengan bentuk tradisional.

Baca juga: Mengapa Kita Tidak Boleh Meremehkan Usaha Ekonomi Orang Lain?

Contoh Teknologi Tepat Guna

Jadi apa saja yang termasuk dalam teknologi tepat guna atau teknologi terapan? Berikut kami telah merangkumkan beberapa contoh dari teknologi tepat guna yang sering kita temui dalam kegiatan kita sehari-hari.

1. Lifestraw

Merupakan sebuah sedotan yang memiliki fungsi untuk menyaring atau memurnikan air, sehingga air yang telah melalui mekanisme proses menggunakan lifestraw ini dapat dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat.

2. Pompa Hidrolik Ram

Selanjutnya, teknologi pompa hidrolik ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan. Dimana pompa ini dapat membantu para petani untuk mengambil air dari sungai dan dialirkan ke dataran yang lebih tinggi, dengan cara disedot.

3. Lampu Tenaga Surya

Terakhir, terdapat teknologi lampu yang memiliki bahan bakar dari tenaga surya, tentunya teknologi ini akan sangat membantu masyarakat yang saat ini belum terjangkau oleh aliran listrik. Meskipun begitu, banyak juga daerah yang menerapkan hal ini untuk menghemat listrik.

Berikut yang Termasuk Syarat Ekonomis Teknologi Tepat Guna Adalah

Nah, kembali untuk menjawab pertanyaan diatas. Nyatanya tidak semua teknologi yang ada saat ini termasuk ke dalam teknologi tepat guna atau teknologi terapan. Lalu apa syarat ekonomis teknologi tepat guna?

Salah satu syarat ekonomis tepat guna adalah penggunaan modal yang efektif. Sehingga modal yang telah ada dapat dikembangkan menjadi sebuah teknologi terapan atau teknologi yang tepat guna yang bertujuan untuk menjawab permasalahan masyarakat di lingkungan tersebut.

Apabila modal tidak digunakan secara efektif, maka teknologi yang dihasilkan juga tidak dapat dikategorikan sebagai teknologi yang tepat guna, sehingga hasil dari teknologi tersebut juga belum tentu dapat menjawab permasalahan yang terdapat di masyarakat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like