Inilah Suka Duka Jadi Wartawan yang Jarang Diketahui

Suka Duka Jadi Wartawan
Tertarik menjadi wartawan?, atau ingin tau berapa biaya sewa wartawan?, namun sebelumnya mari baca cerita suka duka jadi wartawan yang belum banyak diketahui.

Thecronutproject.com – Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, begitu juga sebagai seorang wartawan. Bagi Anda yang berpikir bahwa pekerjaan ini mudah, silahkan baca terlebih dahulu suka duka jadi wartawan yang belum banyak orang tahu.

Namun sebelum itu, mari kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan wartawan.

Pengertian Wartawan

Wartawan

Wartawan merupakan sebutan bagi seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik berupa meliput dan menulis berita di sebuah media massa.

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang wartawan harus menaati kode etik jurnalistik, menguasai bidang liputan dan teknik jurnalistik.

Kode etik jurnalistik sendiri mengarah pada sikap seorang wartawan yang independen atau tidak memihak salah satu pihak.

Sehingga seorang wartawan atau jurnalis harus memiliki tingkat kejujuran tinggi, selain itu mental yang kuat juga harus ditanamkan pada diri seorang wartawan. 

Hal tersebut guna menghindari berkembangnya berita hoax dengan sumber yang tidak jelas atau berdasarkan opini pribadi seorang wartawan.

Sedangkan untuk suka duka menjadi wartawan sebenarnya relatif sesuai dengan jenis bidang berita yang akan diliput.

Baca juga: 2 Contoh Laporan Kegiatan Usaha yang Baik dan Benar

Suka Duka Jadi Wartawan atau Jurnalis

Meliput dari berbagai sumber yang sudah berpengalaman dan beberapa referensi, maka berikut ini rasa suka duka yang didapat dari pekerjaan sebagai seorang wartawan.

Pertama untuk kesan suka, umumnya seorang wartawan akan mendapat durian runtuh atau keuntungan lebih jika sedang meliput informasi seputar hiburan atau rekreasi

Sambil menyelam minum air, tentu para wartawan akan mendapat kepuasan wisata yang sama dengan para pengunjung di tempat wisata tersebut.

Termasuk sebagai wartawan travel, jalan-jalan ke tempat yang indah sudah menjadi suatu paket pekerjaan yang cukup menyenangkan.

Namun hal tersebut berbanding terbalik jika seorang wartawan ditempatkan di lokasi yang tidak kondusif, maka hal ini sudah menjadi pil pahit yang harus ditelan paksa oleh para jurnalis atau wartawan.

Contohnya ketika terdapat kejadian kerusuhan, mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan hingga kekerasan merupakan resiko yang harus dihadapi oleh para wartawan.

Bahkan citra seorang wartawan saat ini sedang kurang baik, pasalnya telah banyak kasus penyuapan seorang wartawan gadungan guna kepentingan pihak tertentu.

Hal tersebut berdampak pada jeleknya stigma masyarakat terhadap profesi wartawan. Sehingga secara tidak langsung akan menurunkan biaya sewa seorang wartawan.

Terlebih lagi di era digital seperti saat ini jasa press release media online lebih banyak digandrungi karena proses nya yang lebih simple dibanding menyewa seorang wartawan.

Lantas Apakah Pekerjaan Wartawan Sudah Tidak Menarik Lagi?.

Tentu tidak, karena bagaimanapun pekerjaan ini sebenarnya cukup mulia dengan syarat pekerja harus benar-benar jujur dalam menyampaikan informasi yang didapatkan.

Toh masih banyak hal yang bisa dinikmati dari pekerjaan ini, seperti yang diutarakan seorang jurnalis bernama Nabilla di sebuah forum online tanya jawab seputar pekerjaan.

Nabilla sendiri megutarakan bahwa menjadi jurnalis atau wartawan merupakan cita-citanya sedari kecil. Bahkan dia sendiri merasa menikmati setiap suka duka menjadi seorang jurnalis.

Menurutnya menjadi seorang wartawan merupakan hal yang cukup menantang. Selain itu bepergian kesana kemari lalu bertemu dengan orang-orang baru merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Baca juga: Industri yang Berkembang di Era New Normal dengan Pemasaran Konten

Jadi bisa disimpulkan jika Anda memang memiliki niat kuat agar menjadi wartawan maka semuanya akan terasa indah.

Karena pada akhirnya itu semua tergantung pada diri Anda sendiri, tergantung bagaimana Anda memaknai dan menyikapi setiap suka duka jadi wartawan dengan pemahaman dan nilai syukur yang Anda miliki.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like