Strategi Bisnis Properti

Thecronutproject.com – Hanya punya modal kecil tapi ingin terjun ke bisnis properti? Jangan takut, bisnis ini bahkan bisa dimulai tanpa modal. Strategi bisnis properti bagi yang bermodal kecil tentu berbeda dengan yang bermodal besar.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana strategi yang tepat untuk bisnis properti bermodal kecil. Di artikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang bisnis properti tanpa modal.

Strategi Bisnis Properti Modal Kecil

Salah satu strategi bisnis properti untuk yang bermodal kecil adalah ketepatan dalam memilih bisnis properti macam apa yang akan digeluti.

Tentu saja bisnis-bisnis properti yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

1. Beli dan Jual Lagi

Strategi yang pertama adalah strategi buy and sell. Yaitu, seseorang membeli satu unit properti kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Ini cukup mudah dijalankan karena cukup dengan membeli unit properti yang potensial tapi tidak terlalu mahal kemudian langsung dipasarkan kembali dengan harga lebih tinggi.

Selain untuk dijual kembali, properti yang dibeli bisa disewakan kembali sambil menunggu unit laku terjual. Menyewakan properti ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Bahkan, bisa dijadikan investasi yang menjanjikan di masa depan. Seperti sudah umum diketahui, harga properti cenderung naik dari tahun ke tahun.

2. Menjadi Agen Properti Freelance

Jika tidak punya modal sama sekali tapi jaringan luas dan waktu luang banyak, maka cobalah strategi menjadi agen properti. Caranya dengan bergabung ke developer dan katakan ingin join sebagai agen freelance.

Developer biasanya memang membutuhkan agen ini untuk memasarkan unit-unit properti mereka. Selain developer, bisa juga dengan bergabung dengan broker properti.

Menjadi agen properti freelance tidak ada sistem gaji melainkan komisi atau fee. Besaran fee tentu saja tergantung pada berapa banyak unit properti yang bisa dipasarkan dan harga dari unit properti itu sendiri.

Profesi ini banyak digeluti oleh ibu rumah tangga atau mahasiswa yang umumnya memiliki waktu luang banyak.

3. Makelar Tanah

Dulu, profesi makelar tanah identik dengan orang Betawi saja, tapi sekarang tidak lagi. Menjadi makelar tanah sangat menguntungkan apalagi jika tanah yang dipasarkan cukup luas dan berada di lokasi yang strategis. Makelar tanah harus memiliki koneksi ke developer-developer atau ke Pemda setempat.

Walaupun tidak semua orang bisa jadi makelar tanah, tapi jenis bisnis properti yang satu ini layak dicoba. Sebagai pemula, belajarlah dulu pada makelar-makelar gaek yang sudah lama berkecimpung di bisnis ini.

4. Membuka Situs Jual Beli Properti

Tidak harus berhubungan langsung dengan unit properti seperti tanah atau rumah, strategi bisnis properti ini sangat jitu dijalankan bagi yang bermodal kecil.

Saat ini, orang banyak mencari informasi soal properti di internet. Itulah sebabnya membuka website untuk jual beli properti sangat menguntungkan. Situs ini hanya sebagai penyedia informasi dan tidak melayani transaksi, mirip dengan OLX.

Pendapatan bisa diperoleh dari monetisasi website. Website yang bisa dimonetisasi tentu saja yang trafficnya banyak dan ratingnya bagus di mesin pencari. Untuk itu, perdalam ilmu mengenai mengelola website jika ingin menjalankan strategi ini.

Kesimpulannya, strategi bisnis properti untuk yang bermodal kecil tidak sulit untuk dijalankan. Pilihlah jenis bisnis properti yang paling sesuai dengan minat.

Beberapa strategi di atas bisa dijalankan asal sesuai dengan kondisi keuangan, waktu, dan juga minat itu sendiri. Bisnis properti yang telah disebutkan di atas aman untuk dijalankan oleh siapa pun dengan resiko yang minim.

Tinggalkan komentar