Startup Indonesia, Program KOMINFO Untuk Mendukung Perusahaan Rintisan

Startup Indonesia

Thecronutproject.com – Belakangan ini, istilah startup menjadi salah satu istilah yang sering muncul di berbagai media. Tak jarang, istilah ini juga menduduki pencarian paling atas di trending Twitter atau bahkan di search engine Google.

Tapi, sebenarnya apa itu startup? Apakah Startup Indonesia adalah salah satu hal yang menjanjikan di masa yang akan datang?

Yuk simak ulasan di bawah ini untuk tahu lebih lengkap tentang istilah startup dan Startup Indonesia.

Apa itu Startup?

Startup

Startup dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan atau perusahaan yang baru dijalankan dalam kurun beberapa tahun belakangan. Namun, kini berkat perkembangan teknologi yang begitu masif, arti dari startup telah mengalami pergeseran.

Kini banyak orang menafsirkan startup merupakan sebuah bentuk usaha baru yang menerapkan inovasi teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Ya, kini banyak sekali perusahaan baru berbasis teknologi yang sering bermunculan.

Tren kemunculan startup ini jelas sangat didukung oleh internet dan teknologi lainnya. Startup juga bisa menjadi fasilitas bagi anak muda yang memiliki jiwa pengusaha untuk terus menerus berinovasi.

Peluang Bisnis Startup di Indonesia

Apakah Indonesia cocok untuk bisnis yang satu ini? Jawabannya adalah cocok. Dilansir dari dailysocial.net mencatat ada sekitar 1,500 bisnis rintisan baru yang ada di Indonesia. Data ini adalah data tahun 2015. Setelah 7 tahun pastinya data ini terus berkembang, belum lagi jika ditambah dengan startup yang belum tercatat. Waw banyak sekali, bukan?

Bisnis startup di Indonesia sendiri memiliki tiga kelompok. Kelompok bisnis tersebut terbagi dari aplikasi perbelanjaan e-commerce, aplikasi game, hingga aplikasi edukasi. Ada banyak sekali contoh nyata dari bisnis bisnis ini. Sebut saja Gojek, Kaskus, Ruang Guru, dan yang lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari atau bahkan terjun langsung di dunia ini, Anda dituntut untuk memiliki ide yang orisinil dan mampu memecahkan segala permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, jika Anda berminat untuk terjun langsung di dunia startup, Anda juga bisa mengikuti salah satu program dadi KOMINFO yakni Startup Studio Indonesia. Melalui program ini, Anda akan dijembatani dan difasilitasi untuk bertemu dengan pendiri startup yang jauh lebih berpengalaman. Anda juga bisa melakukan konsultasi atau bertukar ide dengan founder startup yang lainnya.

Sudah banyak perusahaan rintisan yang berkembang dan mendapatkan pendanaan pertamanya berkat adanya program ini. Dan saat ini, program SSI sudah masuk batch 6. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan perusahaan rintisan Anda, bisa langsung cek Startup Indonesia.

Contoh Startup Indonesia yang Sukses

Kembali lagi membahas startup yang ada di Indonesia, beberapa startup berikut juga bisa dijadikan teladan untuk meraih kesuksesan.

1. Tokopedia

Jika Anda sering berbelanja online, pastinya sudah familiar dengan perusahaan yang satu ini. Situs dan aplikasi e-commerce yang identik dengan warna hijau ini sudah tidak diragukan lagi reputasinya.

Perusahaan ini berdiri sekitar tahun 2009 dan berhasil mendapatkan keuntungan yang besar hingga kini perusahaan ini mencapai level unicorn.

Baca juga: 3 Contoh Profil Perusahaan & Panduan Lengkap Membuatnya

2. Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan startup yang menyediakan layanan lengkap terkait pemesanan segala jenis tiket, booking hotel dan hal lainnya yang terkait perjalanan serta akomodasi. Lahir pada tahun 2012, sampai kini Traveloka masih berjaya.

3. Halodoc

Selanjutnya ada Halodoc, nama yang sudah tidak asing lagi, bukan? Platform ini menyediakan informasi seputar kesehatan. Perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 2016 atas nama PT Media Dokter Investama ini memiliki reputasi yang sangat baik berkat layanannya yang sangat membantu masyarakat perihal permasalahan kesehatan.

Untuk bisa menyusul beberapa startup di atas, Anda dapat mengawali langkah dengan bergabung ke Startup Studio Indonesia dari KOMINFO.

 

Baca berita menarik dari TheCronutProject di GOOGLE NEWS
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like