Beberapa Risiko yang Mungkin Terjadi di Dalam Kegiatan Usaha

Risiko yang Mungkin Terjadi di Dalam Kegiatan Usaha

Thecronutproject.com – Dalam mengembangkan dan menjalankan sebuah usaha, terdapat beberapa risiko yang mungkin terjadi di dalam kegiatan usaha yang kita bangun.

Tidak dapat dipungkiri, beberapa faktor risiko tentu saja akan membuat usaha yang kita bangun menjadi terancam, baik dari segi finansial maupun lainnya.

Namun, dengan mengetahui beberapa risiko yang mungkin akan kita alami sebagai wirausahawan, kita dapat menyiapkan rencana untuk mengatasi risiko tersebut, hingga meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari risiko tersebut.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai risiko-risiko yang mungkin akan muncul di dalam kegiatan usaha, mari kita sedikit membahas mengenai apa itu risiko yang sebenarnya.

Pengertian Risiko

Risiko sendiri diambil dari dalam bahasa Inggris, yaitu “risk” yang memiliki arti sebagai kegagalan, hambatan, kendala, bahaya atau kerugian.

Jadi, risiko usaha dapat kita artikan sebagai suatu hambatan yang dapat merugikan usaha atau bisnis yang sedang kita kembangkan.

Beberapa Risiko yang Mungkin Terjadi di Dalam Kegiatan Usaha

Berikut merupakan beberapa risiko yang mungkin akan muncul di tengah-tengah aktivitas menjalankan atau mengembangkan bisnis atau usaha kita.

1. Risiko Finansial

Dalam membangun atau mengembangkan sebuah bisnis, keadaan finansial merupakan salah satu hal yang tidak pasti.

Dengan begitu, sebagai salah satu cara mengatasi hingga meminimalisir dampak dari risiko finansial ini, kita harus pandai-pandai dalam memanajemen kondisi keuangan kita,

Langkah yang bisa kita terapkan adalah dengan memisahkan antara keuangan personal dan keuangan dari bisnis kita, sehingga keuangan personal dan bisnis tidak tercampur.

Baca juga: 7 Contoh dan Cara Mengantisipasi Risiko Usaha

2. Risiko Operasional

Selanjutnya, risiko yang akan mengantui seorang wirausahawan adalah risiko operasional.

Risiko operasional biasanya akan lebih mengancam jika usaha yang kita bangun membutuhkan lebih banyak pekerja, misalnya dalam usaha minimarket, coffe shop, dan restaurant dengan skala besar.

Dimana dalam usaha tersebut kita membutuhkan bantuan orang lain sebagai pekerja untuk membantu segala operasional bisnis kita.

Apabila di tengah-tengah aktivitas usaha kita, terdapat seseorang yang mengundurkan diri, maka hal tersebut akan sangat berdampak pada proses operasional dari bisnis yang sedang kita jalankan.

Dalam mencegah hal ini, perlu adanya perjanjian yang harus disepakati oleh kedua belah pihak, baik pekerja dan pemilik usaha.

Sehingga, pekerja tidak dapat mengundurkan diri secara semena-mena. Dalam penerapannya, HR juga akan sangat membantu proses manajemen dari bisnis kita.

3. Risiko Pasar

Terakhir, risiko pasar merupakan risiko yang sangat sering ditemui oleh wirausahawan. Tidak sekali atau dua kali, kita akan sering menemui risiko ini karena memang keadaan dari pasar yang akan selalu berubah.

Dalam meminimalisir dampak yang mungkin saja ditimbulkan, kita dapat selalu mengikuti trend yang sedang banyak dibicarakan oleh pelanggan kita.

Baca juga: 3 Resiko Usaha Cuci Motor dan Cara Mengatasinya

Nah itu tadi beberapa risiko yang mungkin terjadi di dalam kegiatan usaha Anda saat ini. Sangat penting untuk mengetahui risiko-risiko yang mungkin saja muncul, sehingga Anda dapat membuat rencana untuk mengatasi risiko tersebut dan meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like