Proposal Usaha

Thecronutproject.com – Mempelajari tentang pengertian proposal usaha, contoh, tujuan atau manfaat dan cara membuat proposal usaha secara lengkap.

Saat ingin menjalankan sebuah bisnis, seorang pengusaha memerlukan sebuah proposal usaha untuk mendukung rencananya. Proposal dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan mulai dari perencanaan usaha hingga pencariannya dana dari investor. Maka, pembuatan sebuah proposal tidak boleh asal, melainkan harus detail dan informatif.

Proposal usaha adalah sebuah dokumen tertulis yang biasanya dibuat oleh seorang pengusaha untuk menggambarkan rencana usahanya.

Biasanya proposal juga menjelaskan mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi rencana usaha tersebut. Dan dalam proses pembuatannya, pastikan isi proposal asli dan realistis sesuai kondisi pasar.

Tujuan & Manfaat Proposal Usaha

Banyak pengusaha yang tidak menyadari pentingnya proposal usaha dalam sebuah bisnis. Padahal, jika dibuat dan dimanfaatkan secara tepat, proposal memiliki banyak manfaat dan tujuan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tujuan dan manfaat dari adanya sebuah proposal bisnis atau usaha:

1. Memberikan Gambaran Mengenai Usaha

Salah satu tujuan dan manfaat dari adanya sebuah proposal usaha adalah dapat memberikan gambaran mengenai sebuah usaha. Informasi ini akan berguna bagi sang pemilik usaha, calon investor hingga konsumen.

Dengan begitu, para pihak yang akan terlibat dalam usaha tersebut, bisa mendapatkan gambaran mengenai usaha tersebut, mulai dari lokasinya dimana dan apa usaha yang akan dijalankan.

2. Petunjuk dan Arahan Dalam Menjalankan Usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha, seringkali ada banyak hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, agar kembali ke jalan yang benar, maka pengusaha bisa kembali dan melihat proposal usaha yang telah dibuat.

Hal ini bertujuan agar pengusaha dapat menjalankan bisnisnya sesuai dengan planning awal. Namun, jika realisasinya tidak sejalan dengan proposal, maka ubahlah proposal agar hasilnya sesuai.

3. Mencari Dana dari Investor

Salah satu tujuan utama dari pembuatan proposal usaha adalah untuk mencari dana untuk menjalankan atau mengembangkan sebuah usaha.

Mencari dana dari investor bukanlah hal yang mudah, karena para pengusaha harus bisa meyakinkan para investor mengenai bisnis tersebut. Beberapa poin yang biasanya dicek oleh investor adalah jenis usahanya serta rencana keuangan dalam bisnis tersebut.

4. Evaluasi

Selain bisa menjadi alat untuk mencari uang, proposal juga bisa digunakan untuk mengevaluasi berjalannya suatu bisnis.

Jadi, setelah menjalankan sebuah usaha dalam periode tertentu, lakukan perbandingan antara laporan bisnis dengan rencana yang telah dibuat di awal. Selanjutnya, lakukan evaluasi mengenai hasil capaian usaha dengan rencana.

Tips Dalam Membuat Proposal Usaha

Surat pernyataan kegiatan usaha

Merancang sebuah proposal tidaklah mudah karena semua informasi mengenai sebuah usaha harus tertuang di dalam proposal. Meskipun harus lengkap, jangan sampai proposal menjadi terlalu tebal dan tidak menarik untuk dibaca. Untuk membuat proposal lebih menarik dan mudah dibaca cobalah beberapa tips ini.

Proposal yang terlalu tebal dan terdiri dari banyak halaman biasanya sudah membuat orang tidak tertarik untuk membacanya. Membuat proposal yang detail memang penting, namun pastikan untuk menulis informasi yang penting dan dibutuhkan saja.

Jadi, tulislah proposal dengan singkat, padat dan jelas, agar pembaca bisa mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan.

Pada umumnya, sebuah proposal akan terdiri dari uraian yang panjang. Untuk membuatnya lebih menarik dan mudah dibaca, buatlah beberapa bagian menjadi poin atau dengan gambar. Selain membuatnya lebih menarik, cara ini juga bisa memberikan gambaran kepada pembaca.

Apabila salah satu tujuan proposal adalah untuk mencari investor, maka pastikan untuk memberikan data yang detail. Namun, pastikan bahwa data yang dicantumkan adalah data yang realistis dan actual. Jadi, jangan membesar-besarkan sebuah angka untuk terlihat bagus, karena hal ini justru akan membuat proposal menjadi tidak nyata.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan periode dan timeline yang jelas di dalam proposal. Hal ini untuk menginformasikan atau memberikan gambaran kepada investor kapan bisnis tersebut akan mendapatkan keuntungan. Jadi, pastikan untuk membuat angka dan perencanaan yang realistis.

Hal lain yang bisa meningkatkan proposal usaha adalah profil usaha. Pastikan untuk memberikan kesan yang kuat pada profil usaha pada awal proposal. Ini dapat memberikan kesan yang bagus serta kuat kepada pembaca, baik konsumen maupun investor.

Format Proposal Usaha

Setiap proposal bisa dibuat dengan format yang berbeda, hal ini dapat disesuaikan dengan apa saja yang mau disampaikan. Namun, pada umumnya format sebuah proposal tidaklah jauh berbeda.

Berikut adalah referensi format proposal usaha yang sering digunakan oleh para pengusaha:

  • Cover Proposal: Berisi Gambar dan Judul Proposal
  • Bab 1 Pendahuluan: Latar Belakang, Tujuan, Visi & Misi
  • Bab 2 Gambaran Usaha: Produk, Jenis Produk, Kelebihan dan Kekurangan
  • Bab 3 Strategi Pemasaran: Kegiatan Pemasaran, Analisa SWOT
  • Bab 4 Rencana Keuangan : Detail pengeluaran, Harga Produk, Total Pengeluaran
  • Bab 5: Penutup
Pada umumnya, sebuah proposal memiliki kelima bab tersebut untuk menjelaskan mengenai usaha dari latar belakang hingga keuangannya.

Sertakan juga gambar-gambar di depan cover atau sebagai pendukung proposal. Beberapa jenis foto yang dapat digunakan adalah foto produk, lokasi usaha hingga kegiatan promosi yang bisa diikuti.

Contoh Proposal Usaha

Setelah memahami tujuan, manfaat, tips hingga format membuat proposal, saatnya melihat contoh proposal usaha. Hal ini untuk mempermudah proses pembuatan proposal untuk bisnis atau usaha yang ingin dikembangkan.

Berikut adalah beberapa contoh proposal untuk sebuah bisnis:

1. Contoh Proposal Usaha Makanan

Salah satu jenis usaha yang saat ini menjadi tren adalah usaha makanan. Dari berbagai macam usaha makanan, ayam geprek merupakan salah satu yang berkembang.

Bagi yang ingin membantu atau mengembangkan sebuah usaha makanan, berikut adalah contoh proposalnya:

=======================

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Ayam merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, ayam goreng juga memiliki banyak vitamin dan gizi untuk tubuh manusia. Hal ini membuat ayam menjadi makanan favorit anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu jenis vitamin yang terdapat pada ayam adalah Vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta membantu mata untuk melihat cahaya dalam kondisi yang redup. Selain itu, vitamin A juga berfungsi menjaga kesehatan kulit agar selalu bersih dan cerah. Jadi, dengan mengkonsumsi ayam, orang bisa mendapatkan vitamin A dan mendapatkan mata yang sehat.

Selain ayam, Indonesia terkenal dengan kecintaannya terhadap sambal. Banyak orang bilang bahwa makan tanpa sambal rasanya seperti sayur tanpa garam. Jadi, jangan heran bila orang Indonesia selalu makan dengan sambal untuk membuat makanannya menjadi lezat.

Dengan kecintaan orang Indonesia terhadap ayam dan sambal, maka munculah sebuah ide untuk mengembangkan sebuah usaha Ayam Goreng Bombastis. Ini adalah sebuah usaha yang menyediakan ayam yang dibalut dengan berbagai macam rasa sambal dengan tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan. Dengan pilihan tersebut, maka ayam dari Ayam Goreng Bombastis dapat dikonsumsi oleh semua orang.

1.2 Visi & Misi

Berikut adalah visi dan misi dari Ayam Geprek Bombastis:

  1. Visi:
  • Menjadi produsen ayam yang menawarkan ayam yang tidak hanya lezat, namun juga bergizi untuk kesehatan
  • Menjadi rumah makan yang memproduksi sambal yang bervariasi, lezat dan unik.
  1. Misi
  • Menjaga kualitas, gizi, serta konsistensi cita rasa dari ayam dan sambal yang diproduksi
  • Meningkatkan produksi serta inovasi produk dengan menggunakan bahan yang berbeda

1.3 Tujuan

Tujuan dari usaha pembentukan produk Ayam Goreng Bombastis adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan ayam yang lezat dan bergizi untuk dikonsumsi
  2. Mendapatkan keuntungan
  3. Memberikan variasi rasa sambal kepada pembeli

BAB 2 GAMBARAN USAHA

2.1 Identitas Usaha & Produk

Ayam Geprek Bombastis adalah sebuah usaha yang diciptakan untuk memanjakan lidah para pecinta ayam dan sambal. Usaha ini akan menawarkan berbagai macam jenis ayam, mulai dari ayam tepung, ayam goreng hingga ayam fillet dengan pilihan sambal yang bervariasi. Bagi yang tidak menyukai rasa pedas pun dapat menyantap ayam gorengnya saja.

2.1 Lokasi Usaha

Berikut adalah rencana lokasi usaha Ayam Geprek Bombastis:

  1. Rumah Makan : Jalan Dr. Soetomo B1 (Sebelah Universitas malang)
  2. Secara Online ( Instagram)
  3. Membuka kerjasama dengan Grab dan Gojek

2.2 Contoh Produk

Berikut adalah beberapa produk yang akan ditawarkan dalam usaha Ayam Geprek Bombastis:

  1. Ayam Sawang ( Sambal Bawang)
  2. Ayam Sajo (Sambal Ijo)
  3. Ayam Satom (Sambal Tomat)

BAB 3 METODE PEMASARAN

3.1 Strategi Pemasaran

Strategi yang akan digunakan oleh pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya adalah dengan membuka gerai di dekat universitas. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pembeli tetap yaitu mahasiswa, dosen maupun pengunjung universitas tersebut.

Selain itu, pemilik usaha juga akan membuka pembelian melalui jalur online seperti melalui Instagram. Disini sistemnya bukan open PO, melainkan dapat langsung order melalui Instagram atau melalui WhatsApp. Jadi, dengan mengirimkan format tertentu dan pembayaran sesuai nominal, kurir akan mengirimkan makanan kepada pembeli.

Bagi yang ingin cara lebih mudah juga dapat menggunakan media online Gojek maupun Grab. Pemilik usaha juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak tersebut untuk memperluas pasar dan pembeli.

Untuk memperkenalkan produk ini kepada masyarakat luas, pemilik juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan di luar area seperti car free day atau bazar-bazar di mall. Untuk menarik lebih banyak pembeli, akan diberlakukan diskon untuk beberapa pembeli pertama.

3.2 Faktor Kompetitif

Untuk mengetahui posisi usaha yang akan dikembangkan, maka dibutuhkan sebuah analisa SWOT. Berikut adalah analisis SWOT untuk usaha Ayam Geprek Bombastis:

1. Strength

Salah satu kekuatan dari usaha ini adalah variasi ayam dan sambal yang ditawarkan. Selain ayam tomat dan ayam bawang, usaha ini juga menyediakan sambal terasi, sambal hijau, sambal mata dan masih banyak lagi. Selain itu, ayam yang diproduksi adalah ayam yang bergizi.

2. Weakness

Pembuatan ayam yang masih digoreng sehingga bisa mengurangi gizi dalam ayam.

3. Opportunity

Meskipun saat ini banyak pesaing yang memiliki usaha serupa, namun tidak banyak yang menawarkan variasi sambal. Selain itu, usaha ini akan mengembangkan produk selain ayam, yaitu cumi, udang dan seafood yang lain.

4. Threats

Salah satu ancaman dalam usaha ini adalah pesaing bisnis yang terus bermunculan dengan menawarkan harga yang lebih murah. Selain itu, harga cabai yang fluktuatif, membuat harga jual sering tidak seimbang.

BAB 4 RENCANA KEUANGAN

4.1 Detail Perlengkapan

Berikut adalah detail perlengkapan yang akan dibutuhkan untuk usaha Ayam Geprek Bombastis

4.2 Detail Kebutuhan Bahan Baku

Berikut adalah kebutuhan bahan baku untuk dibeli setiap harinya:

PerlengkapankuantitasHarga/unitTotal
Kompor gas1Rp1.500.000Rp1.500.000
Tabung gas1Rp185.000Rp185.000
Sendok dan garpu5Rp45.000Rp225.000
Piring50Rp5.000Rp250.000
Magic com2Rp200.000Rp400.000
Cobek2Rp150.000Rp300.000
Panci2Rp150.000Rp300.000
Saringan2Rp50.000Rp100.000
Sodet1Rp50.000Rp50.000
Blender1Rp350.000Rp350.000
Mangkuk plastik2Rp20.000Rp40.000
Wajan besar1Rp176.000Rp176.000
Nampan2Rp240.000Rp480.000
Total  Rp4.356.000

====================

2. Contoh Proposal Usaha Penjualan Baju Bayi

Contoh usaha lain yang juga cukup menjanjikan saat ini adalah menjual baju bayi atau baju anak-anak. Berikut adalah contoh proposal bagi yang ingin mengembangkan usaha baju anak-anak.

====================

BAB 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Di jaman yang semakin modern ini, tren baju tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja melainkan juga untuk bayi dan anak-anak. Hal ini terbukti dari banyaknya desainer dan merk dunia yang memproduksi baju anak-anak dengan berbagai macam desain.

Banyaknya pilihan pakaian untuk anak-anak membuat orang tua tergoda untuk membelikan anak mereka baju yang fashionable. Dengan baju-baju tersebut, anak-anak akan tampil menjadi lebih cantik, ganteng serta menarik untuk diabadikan.

Melihat antusias para orang tua yang begitu besar terhadap baju anak-anak maka tumbuhlah sebuah ide untuk mengembangkan usaha baju anak-anak. Selain bisa menyenangkan anak, orang tua pun akan senang bila anak mereka terlihat menarik.

1.2 Profil Usaha

Berikut adalah profil usaha penjual:

Nama Perusahaan        : Baby n Kids Shopping Area

Nama Pemilik           : Nara Marziya

Bidang Usaha                : Pakaian Anak-Anak

Waktu Operasional      : Senin – Minggu Pukul 08:00 – 17:00

Situs Web                       : www.thecronutproject.com

1.3 Visi & Misi

Berikut adalah visi dan misi perusahaan :

  1. Visi : Menjadi perusahaan yang menjual baju anak-anak yang fashionable, berkualitas dan ramah di kantong.
  2. Misi:
  • Bekerja sama dengan supplier baju untuk bisa mendapatkan baju yang terupdate
  • Menyediakan berbagai macam pilihan baju untuk para pembeli

BAB 2 PENDAHULUAN

2.1 Produk

Produk yang diperjualkan di toko ini adalah baju anak-anak mulai dari usia 0 tahun hingga 5 tahun. Jenisnya pun bervariasi mulai dari atasan kaos, kemeja, tanktop hingga kaos polo. Sedangkan untuk bawahannya terdapat rok, celana, hingga dress.

2.2 Harga

Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp20.000 untuk produk lokal hingga Rp200.000 untuk produk import. Ketentuan harga juga tergantung dari ukuran baju, semakin kecil ukurannya biasanya semakin mahal harganya.

2.3 Tempat Penjualan

Toko ini berada di Jalan Taman Pinang Indah no G4 no 7. Selain offline, pembeli dapat melakukan pemesanan melalui online dengan website atau melalui Instagram dengan mengirimkan format ke nomor WA toko.

2.4 Konsep Promosi

Untuk meningkatkan penjualan toko, maka berikut adalah beberapa kegiatan yang akan dilakukan:

  1. Memberikan diskon untuk pembelian lebih dari Rp500.000
  2. Menawarkan harga bundling untuk baju tertentu
  3. Melakukan promosi melalui sosial media & brosur

==========================

Itulah beberapa contoh proposal usaha dengan dua format yang berbeda. Meskipun berbeda, namun kedua format memiliki kesamaan menjelaskan usaha serta strategi yang digunakan untuk mengembangkan usahanya. Dalam sebuah proposal, pastikan untuk menjelaskan dan mencantumkan hal-hal yang diperlukan saja.

Tidak hanya proposal, kalian juga harus pelajari mengenai surat pernyataan kegiatan usaha.

Membuat sebuah proposal usaha memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Proposal harus berisi informasi yang informatif bagi pembaca terutama bagi yang mencari investor. Jadi, pastikan tidak terburu-buru ketika membuat sebuah proposal.

Selain itu, untuk mempermudah pembuatan proposal, ambillah contoh proposal usaha yang sejenis namun jangan copy-paste untuk menghindari kesalahan.

Tinggalkan komentar