Proposal Usaha Kerajinan

Proposal usaha kerajinan
Mau buat proposal usaha kerajinan tapi masih bingung? Simak contoh proposal usaha kerajinan berikut ini. Adapun unsur-unsur dan cara membuat proposal kerajinan.

Thecronutproject.com – Sebelum memulai suatu usaha, pebisnis perlu membuat perencanaan yang dituangkan dalam proposal usaha. Hal ini bersifat mutlak dalam berbagai bidang usaha, tak terkecuali usaha kerajinan.

Proposal usaha kerajinan sangat diperlukan untuk merencanakan segala aspek yang berkaitan dengan usaha.

Penyusunan proposal sendiri bertujuan untuk memudahkan pebisnis dalam menjalankan usaha karena memberikan pedoman yang detail. Selain itu, proposal juga dapat menentukan keberhasilan usaha kedepannya.

Proposal juga memiliki peran vital jika pebisnis ingin bekerja sama atau mendapatkan modal dari pihak lain.

7 Unsur Proposal Usaha Kerajinan

Ketika membuat proposal kerajinan, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, proposal tidak dapat dibuat secara asal-asalan.

Untuk mendapat suntikan dana dari para investor, proposal yang dibuat harus mengandung 7 unsur di bawah ini. Adapun, ketujuh unsur tersebut adalah:

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, pebisnis harus memperkenalkan dirinya dan bisnis yang dijalankan. Jelaskan dengan rinci, mulai dari latar belakang pembuatan usaha, visi, misi, hingga keadaan pasar sekarang ini agar investor tahu peluang bisnis di pasar.

Bagian pendahuluan harus dikemas sebagus mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca ke halaman selanjutnya.

Kalau bingung cara membuat pendahuluannya, bisa cek contoh pendahuluan proposal usaha.

Jangan bertele-tele dalam membuat pendahuluan karena akan membuat pembaca merasa jenuh. Selain itu, gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan pembaca.

2. Profil Bisnis

Dalam proposal usaha, penting bagi pebisnis untuk menulis profil bisnisnya. Mulai dari jenis usaha, nama usaha, hingga lokasi usaha harus ada dalam proposal. Usahakan untuk mencantumkannya secara rinci agar investor lebih yakin untuk mendanai bisnis kerajinan.

Paparkan jenis bisnis yang dijalani secara singkat, yakni bisnis kerajinan. Kemudian tulis nama brand yang dipilih agar investor tertarik untuk menanam modal.

Sementara itu, lokasi perlu dicantumkan agar para investor dapat memperkirakan peluang keberhasilan bisnis.

3. Struktur Perusahaan

Layaknya organisasi, setiap perusahaan juga pasti memiliki strukturnya masing-masing. Pasalnya, tidak mungkin seorang pebisnis berdiri sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Pasti ada kepengurusan atau sistem yang dijalankan agar usaha kerajinan berjalan dengan lancar.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, investor akan lebih percaya bila ada kerja sama yang baik antara pemilik dengan karyawannya.

Oleh karena itu, tuliskan struktur kepengurusan di perusahaan pada proposal kerajinan. Mulai dari direktur, manager, marketing, akuntan, hingga divisi-divisi lain yang mendukung bisnis kerajinan.

4. Produk Perusahaan

Selanjutnya, pebisnis juga perlu menyebutkan produk yang ditawarkan. Unsur ini menjadi yang terpenting dalam proposal usaha kerajinan. Karena dalam hal ini produknya sudah pasti barang kerajinan, maka sebutkan jenis kerajinan yang akan dijual. Sebutkan pula peluang usaha dari kerajinan tersebut agar para investor tertarik.

Selain itu, pebisnis juga perlu mencantumkan cara membuat kerajinan yang akan dijual. Jelaskan cara membuat kerajinan tersebut dengan singkat, tapi mendetail. Pebisnis juga perlu menyebutkan alat dan bahan yang digunakan sebagai bahan pertimbangan investor.

Selain itu, penting bagi pebisnis untuk menyebutkan keunggulan dari produk kerajinan yang akan dijual. Tonjolkan nilai plusnya dan pastikan produk berbeda dari yang sudah ada di pasaran. Dengan memaparkan produk secara rinci, investor dapat memperkirakan dana yang akan dikeluarkan dan peluang usahanya.

5. Target Pasar dan Strategi Pemasaran

Dalam membuat proposal kerajinan, pebisnis juga harus menambahkan target pasar dan strategi pemasarannya. Target pasar perlu disebutkan secara rinci, mulai dari umur, kalangan, hingga warga daerah mana. Dalam marketing, hal ini disebut dengan segmentation, targeting, positioning atau disingkat STP.

Selain target pasar, tentukan pula strategi pemasarannya dengan jelas dan rinci. Strategi pemasaran adalah cara yang disusun untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan. Pastikan strategi sesuai dengan bentuk produk manfaat produk, dan target pasarnya.

6. Laporan Keuangan

Laporan keuangan juga wajib ditampilkan pada proposal kerajinan. Beberapa hal yang wajib disebutkan dalam bagian ini adalah alokasi dana, penghitungan laba, serta perhitungan bagi hasil. Alokasi dana sendiri merupakan suatu rancangan yang memuat kebutuhan dan pengeluaran dana untuk bisnis yang dijalankan. 

Sementara itu, perhitungan laba harus dibuat secara realistis dan logis untuk meyakinkan investor. Tuliskan pula ancaman resiko, target laba rugi, dan hal penting lainnya yang menyangkut kondisi keuangan usaha.

Hal ini akan dijadikan sebagai acuan investor terkait seberapa besar resiko usaha yang akan diberikan modal.

Pada bagian keuangan yang terakhir, pebisnis perlu menetapkan dan menampilkan rasio bagi hasil. Rasio bagi hasil dapat ditentukan dengan melihat resiko usaha yang dijalankan. Semakin besar resiko usaha, maka akan semakin besar pula pendapatannya. Begitu pula sebaliknya.

7. Penutup

Terakhir, proposal ditutup dengan kata-kata terakhir pebisnis untuk lebih meyakinkan investor. Cantumkan pula doa dan harapan atas proposal kerajinan yang diberikan untuk mengetuk hati para investor.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada investor atas waktu yang disediakannya untuk membaca proposal.

Contoh Proposal Usaha Kerajinan

Setelah mengetahui unsur-unsurnya, ada baiknya pebisnis mengetahui contoh proposal kerajinan. Pasalnya, proposal harus disusun dengan baik dan terstruktur agar meyakinkan investor.

Supaya lebih jelas, pembaca dapat melihat beberapa contoh proposal kerajinan sebagai referensi dibawah ini:

1. Proposal Kerajinan dari Kardus

Bahan dasar yang paling sering digunakan untuk membuat berbagai kerajinan adalah kardus. Pasalnya, kardus sangat mudah didapatkan dan harganya murah. Selain itu, kardus juga mudah dibentuk dan dikreasikan menjadi berbagai produk kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Hanya dengan modal yang sedikit, pebisnis dapat meraup keuntungan yang cukup banyak. Sebelum menjalankan usaha ini, sebaiknya pebisnis menyusun proposal terlebih dahulu.

Sebagai referensi, simak contoh proposalnya dibawah ini:

contoh proposal kerajinan dari kardus

Jika kurang jelas, bisa unduh filenya disini

2. Contoh Proposal Kerajinan dari Kayu

Selain kardus, kayu juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuat kerajinan. Pasalnya, kayu juga sangat mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga yang murah. Kayu umumnya digunakan untuk membuat kerajinan yang keras, seperti patung, hiasan dinding, hingga miniatur.

Meskipun sifatnya keras, kayu dapat dipahat dan diukir dengan mudah. Untuk menjalankan usaha ini, pebisnis juga perlu menyiapkan proposal usaha.

Jika belum mendapat gambarannya, pebisnis dapat melihat contoh proposal kerajinan dari kayu dibawah ini:

Contoh Proposal Kerajinan dari Kayu

3. Proposal Kerajinan dari Kain Flanel

Selanjutnya, pebisnis dapat berinovasi dengan membuat kerajinan berbahan dasar flanel. Kain flanel dapat diolah menjadi berbagai kerajinan, mulai dari boneka, kotak pensil, hingga gantungan kunci. Layaknya kain pada umumnya, flanel sangat mudah dibentuk, dipotong, dan dijahit.

Bila dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis ini mampu mendatangkan keuntungan yang banyak. Sebagai referensi, pebisnis dapat menyimak contoh proposalnya dibawah ini:

Proposal Kerajinan dari Kain Flanel

Unduh file lengkapnya disini

4. Proposal Kerajinan dari Sedotan

Siapa sangka jika sedotan juga dapat disulap menjadi kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual. Pebisnis dapat mengembangkan ide dan kreatifitasnya dengan memanfaatkan limbah sedotan.

Namun, sebelum memulai usaha pebisnis harus menyusun proposal sebaik mungkin. Sebagai gambaran, simak contoh proposal kerajinan dari sedotan dibawah ini:

Proposal Kerajinan dari Sedotan
Contoh Proposal Kerajinan dari kayu

Unduh file lengkapnya disini

Itulah penjelasan mengenai unsur dan contoh proposal usaha kerajinan. Dalam penyusunannya, usahakan untuk menuliskan secara jujur dan apa adanya.

Perhatikan setiap detail proposal dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Pasalnya, kesalahan sekecil apapun dapat membuat pebisnis terlihat tidak teliti di mata para investor.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like