Profesi Florist: Tanggung Jawab, Skill, dan Tantangan

Profesi Florist
Florist adalah profesi yang berkaitan dengan pembuatan dan penjualan bunga. Simak penjelasan lengkap mengenai profesi florist berikut ini.

Thecronutproject.comFlorist atau flower specialist (spesialis bunga) adalah suatu profesi yang terlihat mudah di mata orang awam. Kesan yang ditimbulkan adalah suatu pekerjaan yang santai dan menyenangkan karena bisa melihat keindahan bunga setiap hari.

Namun, di balik profesi ini ada kerja keras yang tidak disadari oleh banyak pelanggan. Untuk menjadi seorang florist, kecintaan terhadap bunga saja tidak cukup. Perlu segudang skill sebelum Anda siap terjun ke lapangan. Berikut ini telah kami rangkum poin-poin penting dalam profesi florist.

Tanggung Jawab Florist

Seorang profesi florist mempunyai tugas yang cukup kompleks selain menjual bunga.

  1. Merangkai bunga dalam berbagai bentuk sesuai permintaan pelanggan. Contoh: buket bunga, boutonniere, bunga papan, korsase, dsb.
  2. Merawat bunga secara rutin supaya tetap segar.
  3. Memesan dan menerima bunga dari vendor, grosir, dll. kemudian menatanya di toko atau gudang.
  4. Menerima pesanan pelanggan dan memberikan saran kombinasi bunga.
  5. Membungkus pesanan pelanggan dengan baik dan memastikan bunga sampai dalam keadaan utuh.

Skill Wajib Florist

Bunga memang indah, tetapi Anda harus memiliki beragam skill untuk bisa sukses di bidang ini.

1. Pengetahuan dasar biologi

Ketika merangkai bunga, karakteristik tanaman perlu diperhatikan. Misalnya, ada bunga yang cepat layu atau bunga yang mudah menarik lebah dan serangga lain.

2. Kreativitas dan sifat artistik

Selain mempertimbangkan karakteristik fisik bunga, lokasi, dan acara, permintaan pelanggan juga perlu diperhatikan. Yang sulit adalah bagaimana merangkai bunga (warna, bentuk, susunan) yang sesuai dengan tujuan.

Contoh, bunga berwarna putih umumnya lebih cocok dipakai dalam upacara pemakaman dibandingkan bunga berwarna cerah/mencolok.

3. Komunikasi dan negosiasi

Banyak pelanggan tidak ingin direpotkan dengan memilih jenis karangan bunga yang dipakai. Masalahnya, beberapa orang ngotot memilih jenis bunga tertentu sebagai hadiah padahal bunga tersebut bisa jadi tidak cocok. Nah, di sinilah kemampuan seorang florist diuji.

Seorang florist harus mampu berkomunikasi dengan baik supaya pelanggan tidak kecewa atau malah tidak jadi memberli bunga karena merasa “dihakimi”. Di samping komunikasi dengan pelanggan, seorang florist juga harus berurusan dengan para pemasok bunga.

4. Keterampilan mengatur dan mengorganisir

Jika sedang ada banyak pesanan, florist dituntut untuk mengatur banyak hal pada tempatnya. Bila perlu manfaatkan teknologi semaksimal mungkin.

Sebelum kewalahan, cari pegawai baru/minta bantuan dari profesional untuk meringankan beban kerja.

5. Keuletan dan kesabaran

Bagi florist yang membuka toko bunga sendiri, pekerjaan fisik tidak mungkin terlewatkan. Segala macam legiatan mulai dari hal-hal remeh seperti menyiram bunga, menyapu lantai, dll. harus dilakukan sendiri di masa-masa awal.

Faktanya, kecintaan terhadap keindahan tidak cukup karena keuletan dan kesabaran lah yang akan membuat florist bertahan.

Baca juga: Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Tantangan Menjadi Florist

Jika Anda ingin menekuni bidang ini dengan serius, Anda perlu menyadari realita dari profesi florist ini.

1. Pendapatan

Florist bukanlah pekerjaan dengan gaji selangit. Secara umum, pendapatan seorang florist tergantung musim.

Mereka juga harus berkutat dengan permintaan yang tinggi, stok yang mungkin terbatas, dan fleksibiltas tertuama dalam menangani proyek/event besar.

2. Jenjang karir

Florist pemula perlu mengembangkan skill dan menambah pengalaman jika nantinya berniat membuka toko bunga sendiri.

Anda bisa melamar kerja ke penyedia jasa dekorasi, toko bunga, atau perusahaan retail besar. Untuk memperkecil kegagalan, persiapkan segalanya dengan baik.

3. Kompetisi yang ketat

Memupuk pengalaman, bekerja sama dengan berbagai pihak, memilih agen pengiriman yang terpercaya, dan rajin menganalisis tren terkini sangat krusial pada masa ini. Tanpa kerja dan kreativitas, bisnis Anda bisa tertinggal dari para kompetitor yang ada. Anda harus siap secara fisik dan mental karena ini tidak seperti PNS yang menerima gaji tetap dan jenjang karir yang pasti.

Dengan demikian, Toko bunga yang sukses ternyata harus melewati jalan berliku sebelum hadir untuk memberikan layanan terbaik. Lalu, apakah Anda masih ingin menjadi florist?

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi website Athaya selaku florist tebet dan melihat produk-produk bunga yang ditawarkan. Siapa tahu disana Anda juga bisa bertanya tentang profesi florist dan mendapat pengetahuan dari ahlinya langsung.

Baca berita menarik dari TheCronutProject di GOOGLE NEWS
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like