Perbedaan Penjualan dan Pemasaran yang Harus diketahui Pengusaha Muda

Thecronutproject.com – Bagi pengusaha muda, mengetahui perbedaan penjualan dan pemasaran adalah sesuatu yang wajib diketahui. Konsep pemasaran dan penjualan adalah suatu yang sangat mendasar dan fundamental untuk menjalankan sebuah bisnis.

Kedua hal tersebut pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama, yakni memperoleh profit semaksimal mungkin.

Ada banyak perbedaan diantara keduanya dengan ciri khas masing-masing. Baik dari segi manajemen, makna, kegiatan, pandangan, proses awal sampai akhir dan beberapa aspek lain.

Meskipun konsep pemasaran dan penjualan adalah sesuatu yang sangat familiar, akan tetapi masih banyak yang salah mengartikan keduanya dan menganggap sama.

Sebagai pondasi untuk menyusun strategi, Anda harus memahami terlebih dahulu perbedaan penjualan dan pemasaran. Tanpa panjang lebar, mari disimak pembahasan selengkapnya berikut.   

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran

Penjualan adalah kegiatan transaksi produk atau jasa sesuai target market yang sudah ditetapkan. Secara umum, penjualan terjadi setelah pemilik bisnis melakukan upaya pemasaran.

Semakin bagus strategi pemasaran yang digunakan, maka tingkat penjualan juga semakin besar.

Sementara itu, pemasaran adalah kegiatan menyebarluaskan informasi mengenai produk dan jasa kepada masyarakat umum. Tujuannya adalah memperkenalkan produk dan jasa kepada market yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Pada konsep pemasaran, perusahaan akan berusaha mendapatkan lebih banyak lagi konsumen baru yang sebelumnya tidak pernah menggunakan produk yang dijualnya. Biasanya, pemasaran disebut dengan integrated marketing.

Setelah mengerti sedikit pengertian tentang penjualan dan pemasaran, minimal Anda bisa sedikit menyimpulkan perbedaannya.

Perbedaan Ditinjau Dari Aspek Fokus

Sales atau penjualan hanya fokus kepada transaksi suatu produk dan jasa. Hal ini dilakukan dengan asumsi bahwa konsumen tentu akan membeli barang yang dibutuhkan saja. Konsep penjualan juga berupaya meningkatkan jumlah penjualannya.

Pada penjualan, perusahaan hanya akan menekankan tentang bagaimana mengorganisir sebaik-baiknya barang penjualan sehingga dapat sampai ke tangan konsumen.

Tentunya hal ini dilakukan agar konsumen tersebut dapat bertahan lama dan loyal kepada produk perusahaan.

Di sisi lain, fokus pemasaran adalah seluruh sistem di dalam bisnis. Ini mencakup proses yang lebih kompleks dan demi kepentingan jangka panjang.

Karyawan yang bertugas di bagian sales tidak fokus memperhatikan bagaimana image brand produk. Melainkan lebih menekankan pada bagaimana caranya konsumen bisa tertarik dan membeli produk tersebut.

Sedangkan karyawan yang bekerja di bagian marketing dituntut agar selalu mengawasi dan menjaga image brand produk. Tujuannya adalah supaya konsumen tidak ragu membeli produk karena sudah percaya terhadap kualitasnya.

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran Ditinjau Dari Aspek Langkah Awal

Konsep pemasaran menggunakan target market sebagai titik awal. Sehingga, langkah pertama yang dilakukan adalah riset untuk mencari tahu apa saja kebutuhan konsumen.

Disisi lain, titik awal konsep penjualan adalah membuat pabrik. Sehingga, langkah awal yang dilakukan menciptakan produk terlebih dahulu baru dilanjut dengan promosi. 

Poin-poin Tentang Perbedaan Keduanya

Untuk memudahkan Anda memahami kedua hal ini, maka akan dibuatkan poin-poinnya. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Penjualan berorientasi kepada produk yang ditawarkan kepada konsumen. Sedangkan pemasaran fokus kepada aspek yang lebih luas. Mulai dari membesarkan target pembeli sampai kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
  • Penjualan lebih menekankan supaya konsumen berpikir tentang produk. Sementara itu, pemasaran berupaya mengarahkan produk supaya bisa dipercaya dan diterima oleh pikiran konsumen secara perlahan.
  • Meski sama-sama ingin laba, tetapi cara pencapaian orientasi penjualan lebih ke volume penjualan sedangkan pada pemasaran lebih ke laba usahanya saja tanpa memperhatikan volume penjualan.
  • Penjualan tidak terlalu fokus tentang brand suatu produk, sedangkan pemasaran memperhatikan sekali brand image suatu produk yang dipasarkannya.
  • Hubungan penjualan dengan pelanggan hanya akan berhenti sampai transaksi terjadi, sedangkan pemasaran ada interaksi berkelanjutan antara keduanya.
  • Penjualan memiliki rancangan bisnis jangka pendek sedangkan pemasaran untuk jangka panjang.
  • Konsep penjualan diaplikasikan dengan mengambil posisi terbaik di pasar untuk periode singkat. Sebaliknya, konsep pemasaran memakai perencanaan matang dan berkonsentrasi pada loyalitas untuk mempertahankan stabilitas merek dalam jangka panjang.
  • Usaha-usaha di dalam konsep penjualan meliputi persuasi dan promosi. Sedangkan upaya pemasaran lebih terstuktur dan lengkap. Ini terdiri dari berbagai strategi yang berhubungan dengan tempat, produk, distribusi, promosi dan harga.
  • Konsep pemasaran menentukan harga produk berdasarkan penawaran komoditas dan permintaan. Sementara itu, pembentukan harga produk dipengaruhi oleh biaya produksi

Menurut pembahasan dan poin-poin penting diatas, konsep pemasaran memiliki lingkup relatif lebih luas.

Yaitu menggabungkan berbagai kegiatan seperti menetapkan harga, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, merancang konsep dan mengembangkan produk yang dibutuhkan konsumen, sampai promosi.

Sebenarnya konsep penjualan adalah salah satu bagian konsep pemasaran. Lingkupnya lebih kecil, hanya terdiri dari produksi, promosi dan pemindahan kepemilikan produk.

Bagi Anda pengusaha muda, kedua hal tersebut biasanya dijalankan bersamaan. Dalam artian, suatu perusahaan akan menjalankan penjualan dan pemasaran sekaligus dan berdampingan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan perusahaan.

Tetapi, dengan memahami perbedaan penjualan dan pemasaran Anda tidak akan keliru dalam pengaplikasiannya.

Tinggalkan komentar