Ketahui Perbedaan Investasi dan Trading

15. Perbedaan investasi dan trading
Mau jadi investor atau trader? Ketahui perbedaan investasi dan trading berikut ini. Dengan tau perbedaannya maka kegiatan di pasar modal bisa berjalan sesuai rencana

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menambah kekayaan. Salah satunya adalah menambahkan asset atau portofolio dalam jangka waktu tertentu.

Kegiatan inilah yang biasa disebut dengan investasi dan trading. kegiatan yang dirasa sama namun ternyata ada perbedaan investasi dan trading yang perlu diketahui.

Dan perbedaan itu sejatinya merupakan pemahaman yang harus dimengerti oleh penggiat pasar modal. karena dengan mengetahui perbedaannya maka kegiatan di pasar modal juga bisa berjalan sesuai rencana.

Ini Perbedaan Investasi dan Trading

Lalu apa saja perbedaan investasi dan trading? Berikut adalah ulasannya dilihat dari berbagai aspek:

Aspek Karakteristik

Perbedaan investasi dan trading yang dapat dilihat adalah karakteristik yang dimiliki oleh investasi dan trading. Dimana pada karakteristik investasi bersifat pasif.

Hal ini dikarenakan investor tidak perlu melakukan secara langsung dalam memperoleh keuntungan karena kegiatan ini sudah dilakukan oleh pihak lain yang bertugas mengelola investasi tersebut. Dalam artian investor hanya perlu menikmati hasil dari investasi yang telah dilakukan.

Sedangkan dalam trading seorang trader akan melakukan pembelian saham dengan harga rendah dan dijual dengan harga tinggi. Proses perdagangan dalam pasar modal ini biasa dilakukan dalam jangka waktu yang bisa dibilang pendek.

Jangka waktu yang diperlukan biasanya antara 15 menit sampai paling lama adalah satu minggu.

Aspek Strategi

Dalam investasi, seorang investor diharuskan untuk melakukan analisis pada reputasi perusahaan. Perusahaan dengan reputasi baik bisa dilihat dari laporan keuangan yang dimiliki setiap perusahaan. Dengan keadaan reputasi yang baik, memungkinkan harga saham juga akan cenderung lebih cepat naik.

Hal inilah yang kemudian menjadi perbedaan investasi dan trading. Dimana trader akan cenderung melakukan kegiatan trading berdasarkan kemungkinan harga saham yang berpotensi lebih cepat naik.

Dalam artian bila dalam investasi diharuskan melihat reputasi baik perusahaan maka trading bisa melakukan buy and sell berdasarkan potensi harga saham.

Aspek Perbedaan Waktu

Pada poin ketiga yang membedakan kedua kegiatan ini adalah adanya perbedaan signifikan yang dimiliki masing-masing kegiatan pasar modal ini.

Jika pada kegiatan investasi seorang investor bisa menyimpan saham atau aset dalam tiga jangka waktu. Jangka waktu tersebut adalah jangka waktu pendek, menengah serta jangka panjang.

Sedangkan dalam trading, seorang trader dapat melakukan trading dalam jangka waktu yang lebih pendek bahkan terkesan cepat yaitu antara 15 menit sampai 30 menit. Dimana jangka waktu terpanjang yang bisa dilakukan adalah satu minggu.

Aspek Prinsip

Selain ketiga perbedaan mendasar tersebut, prinsip juga menjadi patokan perbedaan yang perlu diketahui. Dalam investasi seorang investor akan cenderung melakukan penyimpanan investasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.

Pelepasan saham biasanya dilakukan seorang investor apabila tujuan investor telah tercatat atau terjadinya penurunan kualitas saham maupun reputasi perusahaan.

Sedangkan dalam trading, trader cenderung melakukan penjualan dengan cepat yang tentu saja dengan harga jual yang tinggi. Proses ini biasanya dilakukan seorang trader dengan analisis teknikal dengan tujuan untuk mengetahui pergerakan harga saham.

Aspek Resiko

Resiko adalah perbedaan investasi dan trading yang terakhir. Dimana dalam investasi akan menghadapi resiko counterparty dimana investor membutuhkan pembeli saat menjual akan asset, hal ini berlaku juga sebaliknya. Sedangkan dalam resiko partial fills adalah keadaan dimana investor hanya mampu menjual sebagian aset yang dimiliki.

Bila dalam investasi memiliki resiko, maka begitu pula dalam trading. Resiko dalam trading yang sering terjadi adalah capital loss, dimana harga jual lebih rendah dari harga beli, bila hal ini terjadi secara terus menerus, ada kemungkinan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Selain itu dalam trading juga bisa saja mengalami counterparty.

Baca juga: Manfaat investasi asing

Itulah tadi lima perbedaan investasi dan trading yang secara mendasar harus dipahami apabila ingin mulai di dunia saham. Selain itu seorang investor dan trader juga akan lebih baik bila dapat memahami perbedaan tersebut supaya dapat mendapatkan tujuan yang diinginkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like