Perbedaan Antara Kegiatan Manajerial dan Kegiatan Operasional

Perbedaan Antara Kegiatan Manajerial dan Kegiatan Operasional

Thecronutproject.com – Jika disuguhkan pertanyaan, jelaskan perbedaan antara kegiatan manajerial dan kegiatan operasional, berikut ini jawabannya.

Dalam serangkaian sistem perusahaan, ada beberapa jenis kegiatan yang dilakukan untuk menunjang jalannya perusahaan dari awal hingga akhir. Tentu, kegiatan tersebut berhubungan satu sama lain sehingga perusahaan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan misi perusahaan akan terlaksana.

Nah, diantara jenis kegiatan yang dilakukan dalam suatu perusahaan adalah kegiatan manajerial dan kegiatan operasional. Pernah mendengar sebelumnya?

Perbedaan antara kegiatan manajerial dan kegiatan operasional dalam suatu perusahaan pun cukup jelas dan bisa menggambarkan bagaimana sistem dari perusahaan tersebut. 

Mengenal Kegiatan Manajerial dan Kegiatan Operasional

Kegiatan Manajerial dan Kegiatan Operasional

Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam upaya menopang gerak perusahaan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan manajerial dan juga kegiatan operasional.

Fokus pada sebuah kegiatan manajerial adalah manajemen. Oleh karenanya, kegiatan manajerial cenderung membahas tentang apa saja yang berkaitan dengan manajemen dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah dicanangkan sebelumnya. 

Dengan kata lain, kegiatan manajerial merupakan suatu proses yang digunakan untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati dalam suatu perusahaan melalui beberapa langkah penting, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan juga kepemimpinan.

Tidak hanya itu, kegiatan manajerial juga akan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. 

Berbekal pengertian di atas, bisa digambarkan jika kegiatan manajerial merupakan aktivitas membuat sebuah jalan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, kegiatan manajerial akan berisi langkah perusahaan dan kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang akan muncul.

Baca juga: Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi dan Perbedaannya

Lalu, Bagaimana dengan Kegiatan Operasional?

Pemahaman tentang kegiatan operasional bisa didapatkan dari mengetahui makna operasional itu sendiri. Dalam pengertian singkat, operasional adalah bentuk pengejawantahan dari berbagai perencanaan dan pengendalian yang dilakukan dalam kegiatan manajerial.

Artinya, rencana-rencana yang sudah disusun dalam bentuk manajemen perusahaan tersebut nantinya akan diimplementasikan dalam sebuah operasional atau kegiatan yang nyata.

Kegiatan operasional yang dilakukan akan menghasilkan suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Tentu saja, hasil operasional yang dilakukan akan menentukan keuntungan dan perkembangan perusahaan.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang dimaksud dengan kegiatan manajerial dan juga kegiatan operasional. Di mana kedua jenis kegiatan ini berhubungan satu sama lain dengan sangat lekat dan saling berpengaruh.

Tanpa kegiatan manajerial yang baik, maka hasil kegiatan operasional tidak akan maksimal. Sebaliknya, tanpa adanya kegiatan operasional, maka kegiatan manajerial hanya akan menjadi sebuah ide semata.

Sementara untuk mencapai target dan tujuan perusahaan secara maksimal, maka dibutuhkan kegiatan manajerial dan operasional yang baik dan saling beriringan.

Dengan beragam pembahasan tersebut, tentu kini kamu sudah memiliki pengetahuan dasar ketika diminta untuk menjelaskan perbedaan antara kegiatan manajerial dan kegiatan operasional dalam sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like